Selasa, 06 Juni 2023

ORANG BERIMAN DAPAT IZIN MENYELAMATKAN SAHABATNYA DI AKHIRAT

 

ORANG BERIMAN DAPAT IZIN MENYELAMATKAN SAHABATNYA DI AKHIRAT

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Sungguh bersahabat dengan orang-orang yang beriman adalah salah satu  nikmat yang sangat besar. Umar bin Khaththab berkata : Tidaklah seseorang diberikan kenikmatan setelah Islam, yang lebih baik daripada kenikmatan memiliki saudara (sesama muslim) yang shalih. Apabila engkau dapati salah seorang sahabat yang shalih maka peganglah erat erat. (Quutul Qulub).

Ketahuilah bahwa Imam Hasan Al- Bashri memberi nasehat tentang salah satu  keutamaan berteman dengan orang orang beriman, beliau berkata : Perbanyaklah berteman dengan orang-orang yang beriman. Karena mereka memiliki syafaat pada hari Kiamat. (Ma’alimut Tanzil)

Sungguh sahabat yang beriman  bisa memberi syafaat atau pertolongan di akhirat kelak dengan izin dari Allah Ta'ala untuk menyelamatkan saudaranya seiman.

Perkara ini disebutkan dalam satu hadits  dari Abu Said Al Khudri Radhiyallahu ‘anhu, dalam hadits yang panjang bahwa  Rasulullah Sholallahu ‘alaihi wassalam bersabda tentang syafaat di hari kiamat : “Setelah orang  orang mukmin itu dibebaskan dari neraka, demi Allah, Dzat yang jiwaku berada di tangan-Nya, sungguh kalian begitu gigih dalam memohon kepada Allah  untuk  memperjuangkan hak saudara – saudaranya yang berada di dalam neraka pada hari kiamat. 

Mereka memohon : “Wahai Rabb kami, mereka itu (yang tinggal di neraka) pernah berpuasa bersama kami, shalat, dan juga haji. Dijawab : “Keluarkan (dari neraka) orang – orang yang kalian kenal”. Hingga wajah mereka diharamkan untuk dibakar oleh api neraka.

Para mukminin ini pun mengeluarkan banyak saudaranya yang telah dibakar di neraka, ada yang dibakar sampai betisnya dan ada yang sampai lututnya. Kemudian orang mukmin itu menghadap kembali kepada Allah : “Ya Rabb kami, orang yang Engkau perintahkan untuk diazab dari neraka, sudah tidak tersisa”

Allah Ta'ala berfirman : “Kembali lagi, keluarkanlah yang masih memiliki iman seberat dinar”. Maka dikeluarkanlah orang mukmin banyak sekali yang disiksa di neraka. Kemudian mereka menghadap kembali : “Wahai Rabb kami, kami tidak meninggalkan seorang pun orang yang Engkau perintahkan untuk diazab…” (H.R Imam Muslim).

Oleh karena itu hamba hamba Allah berusahalah  untuk bersahabat karib dengan orang orang beriman. Sungguh sahabat karib  yang selalu memelihara iman dan keshalihannya dengan izin Allah Ta'ala bisa menyelamatkan sahabatnya di akhirat kelak.

Wallahu A'lam. (3.014)


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar