Senin, 26 Juni 2023

SYARIAT ISLAM ITU MUDAH KALAU DISELISIHI JADI SULIT

 

SYARIAT ISLAM ITU MUDAH KALAU DISELISIHI JADI SULIT

Disusun oleh : Azwir B.Chaniago

Orang orang beriman wajib meyakini bahwa sungguh syariat Islam itu mudah. Sungguh Allah Ta'ala tidak mensyariatkan kepada manusia sesuatu yang dipandang sulit. Allah Ta'ala berfirman :

يُرِيدُ ٱللَّهُ بِكُمُ ٱلْيُسْرَ وَلَا يُرِيدُ بِكُمُ ٱلْعُسْرَ

… Allah menghendaki kemudahan bagimu dan tidak menghindari kesukaran bagimu …  (Q.S al Baqarah 185)

Allah Ta'ala berfirman :

وَمَا جَعَلَ عَلَيْكُمْ فِى ٱلدِّينِ مِنْ حَرَجٍ ۚ

… dan Dia sekali kali tidak menjadikan untuk kamu dalam agama suatu kesempitan. (Q.S al Hajj 78).

Allah Ta'ala berfirman : 

مَا يُرِيدُ ٱللَّهُ لِيَجْعَلَ عَلَيْكُم مِّنْ حَرَجٍ وَلَٰكِن يُرِيدُ لِيُطَهِّرَكُمْ وَلِيُتِمَّ نِعْمَتَهُۥ عَلَيْكُمْ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

Allah tidak hendak menyulitkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagi kamu, supaya kamu bersyukur (Q.S. al Maa-idah 6).

Maksud ayat ini adalah Allah memberikan kemudahan, tidak memberikan kesulitan. Dan agar kalian bersyukur terhadap nikmat-nikmat yang diberikan Allah atas apa apa yang telah disyariatkan berupa kelonggaran, kelembutan, rakhmat, keindahan dan kelapangan (Tafsir Ibnu Katsir).

Sungguh Rasulullah Salallahu ‘alaihi wassalam  menjelaskan tentang kemudahan Islam, dalam sabda beliau  dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu :

  إِنَّ الدِّينَ يُسْرٌ ، وَلَنْ يُشَادَّ الدِّينَ أَحَدٌ إِلاَّ غَلَبَهُ ، فَسَدِّدُوا وَقَارِبُوا وَأَبْشِرُوا ، وَاسْتَعِينُوا بِالْغَدْوَةِ وَالرَّوْحَةِ وَشَىْءٍ مِنَ الدُّلْجَةِ  

Sesungguhnya agama itu mudah. Dan selamanya agama tidak akan memberatkan seseorang melainkan memudahkannya. Karena itu, luruskanlah, dekatilah, dan berilah kabar gembira !. Minta tolonglah kalian di waktu pagi-pagi sekali, siang hari di kala waktu istirahat dan di awal malam. (H.R Imam Bukhari dan Imam Muslim)

Selain itu ketahuilah bahwa Rasulullah Salallahu 'alaihi Wasallam juga menjelaskan dalam sabda beliau :

ما خُيِّر رسول الله صلى الله عليه وسلم بين أمرين إلَّا أخذ أيسرهما، ما لم يكن إثمًا فإن كان إثمًا كان أبعد النَّاس منه، 

Tidaklah Rasulullah Salallahu 'alaihi Wasallam diberi dua pilihan kecuali beliau memilih yang mudah diantara keduanya, selama itu bukan dosa. Adapun jika itu dosa maka beliau adalah orang yang paling jauh darinya … (H.R Imam Bukhari dan Imam Muslim, dari Aisyah).

Syaikh Abdul Aziz bin Fathi as Sayyid Nada berkata : Maknanya, bahwasanya seluruh perkara di dalam syariat adalah mudah, SEDANGKAN PERKARA YANG MENYELISIHINYA PASTI SULIT. Tidak mungkin syariat dan lawannya mudah pada saat yang sama. MAKA APABILA SUNNAH ITU MUDAH BERARTI YANG MENYELISIHINYA PASTI SULIT. Sebab, sekiranya itu mudah tentulah Nabi Salallahu 'alaihi Wasallam telah memilihnya.

BARANGSIAPA YANG MENYELISIHI SUNNAH SESUNGGUHNYA IA TELAH MEMPERSEMPIT DAN MEMPERSULIT DIRINYA SENDIRI meskipun ia beranggpan sebaliknya atau berkeyakinan telah memilih yang mudah. Pada hakikatnya, itu merupakan persangkaan yang keliru.

Dengan demikian, agama ini berhak disifati dengan kemudahan seluruhnya sebagaimana Rasulullah Salallahu 'alaihi Wasallam bersabda :

إِنَّ هذا الدِيْنَ يُسْرٌ

Sesungguhnya agama ini mudah. (H.R Imam Bukhari,  dari Abu Hurairah).   

Syaikh juga berkata : Adapun keyakinan (sebagian manusia) bahwa sesuatu dari agama ini sulit atau keyakinan bahwa Allah Ta'ala telah memperslit hamba hamba-Nya maka HAL INI TERMASUK ADAB YANG (SANGAT) KEPADA ALLAH dan prasangka kepada Allah Ta'ala dengan prasangka Jahiliyah. (Ensiklopedi Adab Islam). 

Jadi agama ini mudah tetapi ketika seseorang menyelisihi ajarannya maka akan mendatangkan kesulitan meskipun dianggap seolah olah mudah. Diantara contohnya adalah bahwa Rasulullah Salallahu 'alaihi Wasallam menjelaskan perayaan atau hari raya atau hari yang dirayakan dalam syariat hanya  ada dua sebagaimana disebutkan dalam hadits :

الْمَدِينَةَ وَلأَهْلِ الْمَدِينَةِ يَوْمَانِ يَلْعَبُونَ فِيهِمَا فَقَالَ قَدِمْتُ عَلَيْكُمْ وَلَكُمْ يَوْمَانِ تَلْعَبُونَ فِيهِمَا فَإِنَّ اللَّهَ قَدْ أَبْدَلَكُمْ يَوْمَيْنِ خَيْراً مِنْهُمَا يَوْمَ الْفِطْرِ وَيَوْمَ النَّحْرِ

Ketika Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam datang ke Madinah, penduduk Madinah memiliki dua hari raya untuk bersenang-senang dan bermain-main di masa jahiliyah. Maka beliau berkata : Aku datang kepada kalian dan kalian mempunyai dua hari raya di masa Jahiliyah yang kalian isi dengan bermain-main. Allah telah mengganti keduanya dengan yang lebih baik bagi kalian, yaitu hari raya Idul Fithri dan Idul Adha (hari Nahr). (H.R an Nasa’i dan Imam  Ahmad).

Jadi hari raya atau hari yang dirayakan dalam syariat Islam hanya dua yaitu Idul Fitri dan Idul Adha. Lalu, ketika sebagian orang menyelisihi Rasulullah Salallahu 'alaihi Wasallam dengan mengadakan banyak sekali hari yang dirayakan maka tentu akan mendatangkan kesulitan dan tambahan kesibukan.

Wallahu A'lam. (3.032)

   


 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar