Jumat, 09 Juni 2023

PERTOLONGAN ALLAH MENDATANGI HAMBA YANG MENOLONG SAUDARANYA

 

PERTOLONGAN ALLAH MENDATANGI HAMBA YANG MENOLONG SAUDARANYA

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Sungguh, manusia adalah makhluk yang lemah, tak mampu melakukan sesuatu perkara yang paling kecil sekalipun tanpa pertolongan Allah Ta'ala Yang Mahakuasa atas segala sesuatu.  Oleh karena itu maka hamba hamba selalu bermohon dan berusaha mencari jalan untuk mendapatkan pertolongan Allah Ta'ala bagi keselamatan hidupnya di dunia dan di akhirat kelak.

Diantara jalan untuk mendapat pertolongan Allah Ta'ala adalah dengan menolong atau meringankan kesulitan atau kesusahan saudaranya sesama orang beriman. Rasulullah Salallahu 'alaihi Wasallam bersabda :

مَنْ نَفَّسَ عَنْ مُؤْمِنٍ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ الدُّنْيَا، نَفَّسَ اللهُ عَنهُ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ يَوْمِ القِيَامَةِ. وَمَنْ يَسَّرَ عَلَى مُعْسِرٍ، يَسَّرَ اللهُ عَلَيْهِ فِي الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ. وَمَنْ سَتَرَ مُسْلِماً سَتَرَهُ اللهُ فِي الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ. وَاللهُ في عَوْنِ العَبْدِ مَا كَانَ العَبْدُ فِي عَوْنِ أَخِيْهِ.

Barangsiapa yang melepaskan satu kesusahan seorang mukmin, pasti Allah akan melepaskan darinya satu kesusahan pada hari kiamat. Barangsiapa yang menjadikan mudah urusan orang lain, pasti Allah akan memudahkannya di dunia dan di akhirat.

Barangsiapa yang menutupi aib seorang muslim, pasti Allah akan menutupi aibnya di dunia dan di akhirat. Allah senantiasa menolong hamba Nya selama hamba Nya itu suka menolong saudaranya. (H.R Imam Muslim)


Rasulullah Salallahu 'alaihi Wasallam juga mengingatkan dalam  sabda beliau yaitu sebagaimana hadits yang diriwayatkan dari Ibnu Umar :

ومَن فَرَّجَ عن مُسْلِمٍ كُرْبَةً، فَرَّجَ اللَّهُ عنْه بها كُرْبَةً مِن كُرَبِ يَومِ القِيامَةِ

Dan barangsiapa yang mengangkat kesulitan seorang muslim, maka Allah akan mengangkat kesulitannya pada hari kiamat kelak. (H.R Imam Bukhari dan Imam Muslim).

Selain itu, ketahuilah bahwa bahwa perbuatan menolong seorang muslim mendatangkan CINTA ALLAH TA'ALA. Perkara ini dijelaskan Rasulullah Salallahu 'alaihi Wasallam dalam sabda beliau :

أَحَبُّ الأَعْمَالِ إِلَى اللَّهِ تَعَالَى سُرُورٌ تُدْخِلُهُ عَلَى مُسْلِمٍ, أَوْ تَكَشِفُ عَنْهُ كُرْبَةً, أَوْ تَطْرُدُ عَنْهُ جُوعًا, أَوْ تَقْضِي

عَنْهُ دَيْنًا

Amalan yang paling dicintai Allah Ta’ala adalah engkau membuat senang seorang muslim, atau engkau mengatasi kesulitannya, atau engkau menghilangkan laparnya, atau engkau membayarkan hutangnya. (H.R ath Thabrani).

Wallahu A'lam. (3.018)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar