Jumat, 23 Juni 2023

BISA SELAMAT MASUK SURGA DENGAN MENYEBARKAN SALAM

 

BISA SELAMAT MASUK SURGA DENGAN MENYEBARKAN SALAM

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Sungguh sangat indah ukhuwah Islamiyah, diantaranya adalah anjuran  menyebar salam yaitu mengucapkan dan menjawab salam. Intinya adalah saling mendoakan agar mendapat keselamatan, rahmat dan berkah bagi  saudara sesama muslim.

Syaikh Muhammad bin Shalih al Utsaimin berkata : Apabila engkau mengucapkan kepada seseorang ASSALAMU 'ALAIKUM  maka ucapanmu tersebut bermakna bahwasanya engkau mendoakannya agar Allah Ta'ala : (1)  Menyelamatkannya dari segala gangguan. (2) Menyelamatkannya dari penyakit. (3) Menyelamatkannya dari kegilaan. (4) Menyelamatkannya dari keburukan manusia. (5) Menyelamatkannya dari kemaksiatan dan penyakit hati. (6) Menyelamatkannya dari api Neraka. (Syarhu Riyadhish Shalihin).

Begitu besarnya keutamaan menyebarkan salam maka Rasulullah Salallahu 'alaihi Wasallam mengingatkan agar orang muslim memberi salam kepada orang muslim yang dikenal ataupun belum dikenal yaitu sebagaimana sabda beliau  : 

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرٍو رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا : أَنَّ رَجُلاً سَأَلَ النَّبِيَ صَلَّى الله عَلَيهِ وَسَلَّمَ   أَيُّ الإِسْلاَمِ خَيْرٌ ؟ قَالَ  : تُطْعِمُ الطَّعَامَ، وَتَقْرَأُ السَّلاَمَ عَلَى مَنْ عَرَفْتَ وَمَنْ لَمْ تَعْرِفْ

Dari Abdullah bin Amr al ‘Ash Radhiyallahu anhuma bahwa ada seorang yang bertanya kepada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam : Apakah (amal dalam) Islam yang paling baik ?. Maka Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : (Yaitu) kamu memberi makan (orang yang membutuhkan) dan mengucapkan salam kepada orang (Muslim) yang KAMU KENAL MAUPUN TIDAK KAMU KENAL. (H.R Imam Bukhari dan Imam Muslim).

Oleh karena itu ketika hamba hamba Allah  bertemu dengan saudaranya sesama muslim maka bersegeralah memberi salam. Sangat dianjurkan menjadi yang pertama mengucapkan salam.

Sungguh menyebarkan salam termasuk amalan ringan dan mudah diamalkan namun memiliki keutamaan yang banyak dan sangat baik akibatnya. Diantaranya adalah bisa selamat masuk surga. Rasulullah Salallahu 'alaihi Wasallam bersabda :

اعبُدوا الرحمنَ ، و أطعِمُوا الطعامَ ، وأَفشوا السَّلامَ ، تَدخُلوا الجنَّةَ بسَلامٍ

Sembahlah ar Rahman semata, berikanlah makan (kepada yang membutuhkan), tebarkanlah salam, maka engkau akan masuk surga dengan selamat. (H.R Imam Bukhari dalam Adabul Mufrad, Ibnu Majah, dishahihkan oleh Syaikh Albani).

 Dan juga Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

أَطْعِمُوْا الطَّعَام، وأَفْشُوْا السَّلاَم، تُوَرِّثُوُا الجِنَان

Berilah makan dan sebarkanlah salam, niscaya kalian akan mewarisi Surga. (H.R  adh Dhiya al-Maqdisi dari Ab­dullah bin al-Harits,  dise­butkan dalam kitab Silsilatul Ahaadiits ash Shahihah, Syaikh al Albani).

Ketahuilah bahwa sungguh orang yang pertama atau yang memulai memberi salam maka ia lebih utama. Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam bersabda :

وَقَالَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: {مَنْ بَدَأَ بِالسَّلَامِ فَهُوَ أَوْلَى بِاللهِ وَرَسُوْلِهِ

Nabi Salallahu ‘alaihi Wasallam   bersabda : Siapa yang memulai (memberi) salam (ketika bertemu dengan seseorang), maka ia lebih utama menurut Allah dan Rasul-Nya. (H.R Imam Ahmad dari Abu Umamah)

Selain itu, dari Abu Umamah,  dalam riwayat Abu Dawud disebutkan :

وَقَالَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: {إنَّ أَوْلَى النَّاسِ بِاللهِ مَنْ بَدَأَهُمْ بِالسَّلَامِ

Nabi Salallahu ‘alaihi Wasallam bersabda : Sungguh orang yang paling utama menurut Allah adalah orang yang memulai mengucapkan salam.

Oleh karena itu ketika hamba hamba Allah  bertemu dengan saudaranya sesama muslim maka bersegeralah memberi salam karena sangat dianjurkan menjadi yang pertama mengucapkan salam. Sungguh memberi salam adalah ibadah yaitu salah satu perbuatan baik. Dalam berbuat baik Allah Ta'ala  menyuruh orang beriman bukan hanya sekedar bersegera tetapi DISURUH BERLOMBA. Allah Ta'ala berfirman : 

فَاسْتَبِقُوا الْخَيْرَاتِ ۚ

Maka berlomba lombalah kamu dalam kebaikan. (Q.S al Baqarah 148)

Wallahu A'lam. (3.029)

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar