Senin, 19 Juni 2023

PERINTAH AGAMA ADALAH SESUAI KEMAMPUAN

 

PERINTAH AGAMA ADALAH SESUAI KEMAMPUAN

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Sebagian orang merasa bahwa syari’at Islam khususnya dalam ibadah terasa berat bahkan bisa jadi terasa sangat berat.  Kewajiban shalat  shubuh terasa berat karena harus dilakukan  pada saat sebagian besar manusia tidur pulas. Berpuasa, tidak makan minum selama kurang lebih 14 jam mungkin terasa berat, dan ibadah ibadah yang lainnya.

Ketahuilah bahwa hakikatnya agama Islam itu mudah dan ringan. Jika ada terasa berat maka ada rukhsah atau keringanan. Sungguh Allah Ta'ala MAHA MENGETAHUI kemampuan hamba hamba ciptaan-Nya dalam beribadah. Oleh karena  dalam beribadah Allah Ta'ala  menyuruh hamba-hamba-Nya melakukan perintah sesuai kemampuan. Allah Ta'ala berfirman :

فَاتَّقُوا اللَّهَ مَا اسْتَطَعْتُمْ 

Maka bertakwalah kepada Allah menurut kesanggupanmu (Q.S at Taghabun 16).

Syaikh as Sa’di berkata : Allah memerintahkan hamba hamba-Nya agar bertakwa kepada-Nya yaitu dengan menunaikan perintah sesuai kemampuan dan menjauhi larangannya. Ayat ini menunjukkan bahwa kewajiban yang tidak mampu dilakukan seorang hamba menjadi gugur.

Jika seorang hamba mampu menunaikan sebagian kewajiban dan tidak mampu menunaikan kewajiban lainnya, maka ia cukup menunaikan kewajiban yang mampu dia lakukan. (Tafsir Karimur Rahman).

Rasulullah Salallahu 'alaihi Wasallam  juga memerintahkan umatnya melakukan ibadah semampunya yaitu sebagaimana  sabda beliau :

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ صَخْر رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ : سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُوْلُ : مَا نَهَيْتُكُمْ عَنْهُ فَاجْتَنِبُوْهُ، وَمَا أَمَرْتُكُمْ بِهِ فَأْتُوا مِنْهُ مَا اسْتَطَعْتُمْ، فَإِنَّمَا أَهْلَكَ الَّذِيْنَ مَنْ قَبْلَكُمْ كَثْرَةُ مَسَائِلِهِمْ وَاخْتِلاَفُهُمْ عَلَى أَنْبِيَائِهِمْ

Dari Abu Hurairah radhiallahu’anhu ia berkata, aku mendengar Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda : Apa yang aku larang hendaklah kalian menjauhinya, dan apa yang aku perintahkan maka lakukanlah SEMAMPU KALIAN. Sesungguhnya binasanya orang-orang sebelum kalian adalah karena mereka banyak bertanya dan karena penentangan mereka terhadap para nabi mereka. (H.R Imam  Bukhari dan Imam Muslim)


Oleh karena itu maka ketika seseorang merasa berat melakukan ibadah pada hal dia mampu maka hendaklah dia berusaha memaksa diri untuk melakukannya terutama sekali ibadah ibadah fardhu. Sungguh jika seseorang  merasa berat melakukan ibadah fardhu pasti akan membahayakan dirinya di dunia dan di akhirat kelak.

Jadi, syariat Islam itu mudah dilakukan dan sesuai kemampuan. Nah, ketika seseorang merasa berat melakukannya maka  sangat dianjurkan untuk :

(1) Berusaha menjaga keikhlasan dan ittiba' yaitu mengikuti petunjuk Rasulullah Salallahu 'alaihi Wasallam dalam beribadah. Ketika seseorang ikhlas beribadah dan ittiba' maka ibadah yang tadinya terasa berat akan terasa ringan.

(2) Berusaha belajar ilmu syar'i. Ketika seseorang paham tentang manfaat dan keutamaan yang besar dalam beribadah maka datang semangat untuk melakukannya.  

(3) Bergaul dengan  orang orang yang bersemangat dalam beribadah dan mengutamakan urusan akhirat.

Wallahu A'lam. (3.023)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar