Sabtu, 01 Agustus 2020

SEGERA BACA KALIMAT ISTIRJA' KETIKA DATANG MUSIBAH

SEGERA BACA KALIMAT ISTIRJA’ KETIKA DATANG MUSIBAH

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Setiap orang, baik perorangan ataupun sekelompok orang senantiasa akan diuji dengan musibah yang berbagai bentuknya. Musibah itu bisa mendatangi diri, keluarga harta dan yang lainnya yaitu kapan saja Allah berkehendak. Allah Ta’ala berfirman :

وَلَنَبْلُوَنَّكُمْ بِشَيْءٍ مِنَ الْخَوْفِ وَالْجُوعِ وَنَقْصٍ مِنَ الْأَمْوَالِ وَالْأَنْفُسِ وَالثَّمَرَاتِ ۗ وَبَشِّرِ الصَّابِرِينَ

Dan Kami akan menguji kamu DENGAN SEDIKIT  ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah buahan. Dan sampaikanlah berita gembira kepada orang yang sabar. (Q.S al Baqarah 155).

Syaikh as Sa’di berkata : Allah Ta’ala mengabarkan bahwa sudah menjadi keharusan bagi hamba hamba-Nya untuk DIUJI DENGAN SEGALA COBAAN agar jelas orang yang benar dan orang dusta. Orang yang sabar dan orang yang tidak sabar. Dan ini adalah sunnah Allah pada hamba hamba-Nya. (Tafsir Taisir Karimir Rahman).

Ketika didatangi musibah SANGAT DIANJURKAN untuk membaca kalimat istirja’ yakni INNA LILLAAHI WA INNAA ILAHI RAJI’UUN. Diantara keutamaannya adalah :

Pertama : Allah akan mengganti dengan yang lebih baik.

Dalam hadis dari Ummu Salamah Radhiyallahu ‘anha, dia mendengar Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

مَا مِنْ مُسْلِمٍ تُصِيبُهُ مُصِيبَةٌ فَيَقُولُ مَا أَمَرَهُ اللَّهُ: {إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ} ، اللَّهُمَّ أَجِرْنِي فِي مُصِيبَتِي وَأَخْلُفْ لِي خَيْرًا مِنْهَا، إِلَّا أَخْلَفَ اللَّهُ لَهُ خَيْرًا مِنْهَا

Apabila ada seorang muslim yang mengalami musibah, lalu dia mengucapkan kalimat seperti yang Allah perintahkan : إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ

Yaa Allah berikanlah pahala untuk musibahku, dan gantikan untukku dengan sesuatu yang lebih baik darinya. Maka Allah akan memberikan ganti untuknya dengan yang lebih baik. (H.R Imam Muslim)

 

Kedua : Mendapat rahmat dan ampunan.

Ketika seseorang mendapat musibah, Allah Ta’ala  memberikan janji bahwa orang yang sabar dan mengucapkan istirja’ mereka akan mendapatkan ampunan, rahmat, dan petunjuk. Allah Ta’ala berfirman :

الَّذِينَ إِذَا أَصَابَتْهُمْ مُصِيبَةٌ قَالُوا إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ

أُولَئِكَ عَلَيْهِمْ صَلَوَاتٌ مِنْ رَبِّهِمْ وَرَحْمَةٌ وَأُولَئِكَ هُمُ الْمُهْتَدُونَ

(Yaitu) orang orang yang apabila ditimpa musibah, mereka berkata :

 إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ 

 SESUNGGUHNYA KAMI MILIK ALLAH DAN KEPADA-NYA LAH KAMI KEMBALI. Mereka itulah yang memperoleh ampunan dan rahmat dari Rabb-nya. Dan mereka itulah orang orang yang mendapat petunjuk. (Q.S al Baqarah 156-157).

Oleh karena itu ketika datang musibah segeralah membaca kalimat istirja’ dan memohon kepada Allah Ta’ala agar diberi ganti yang lebih baik. Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam. (2.047)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar