Rabu, 19 Agustus 2020

MENDAPAT TAMBAHAN RIZKI DENGAN MEMPERBANYAK SEDEKAH

 

MENDAPAT TAMBAHAN RIZKI DENGAN MEMPERBANYAK SEDEKAH

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Sungguh Allah Ta’ala telah memberikan berbagai nikmat kepada hamba hamba-Nya termasuk nikmat rizki berupa harta. Untuk mendapat rizki tentulah seorang hamba haruslah berusaha. Allah Ta’ala berfirman :

فَإِذَا قُضِيَتِ الصَّلَاةُ فَانْتَشِرُوا فِي الْأَرْضِ وَابْتَغُوا مِنْ فَضْلِ اللَّهِ وَاذْكُرُوا اللَّهَ كَثِيرًا لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

Apabila shalat telah dilaksanakan maka bertebaranlah kamu di bumi. Carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak banyak agar kamu beruntung. (Q.S al Jumu’ah 10).

Selain itu ketahuilah bahwa ada jalan agar mendapatkan tambahan rizki yang dijelaskan Allah Ta’ala melalui Rasul-Nya yaitu dengan MEMPERBANYAK SEDEKAH.     

Pinjaman yang diberikan kepada Allah Ta’ala melalui sedekah  pasti akan dikembalikan dalam jumlah yang banyak karena sungguh Allah Ta’ala adalah Mahakaya dan Maha Pemurah. Perhatikanlah firman Allah berikut ini :

مَنْ ذَا الَّذِي يُقْرِضُ اللَّهَ قَرْضًا حَسَنًا فَيُضَاعِفَهُ لَهُ أَضْعَافًا كَثِيرَةً ۚ وَاللَّهُ يَقْبِضُ وَيَبْسُطُ وَإِلَيْهِ تُرْجَعُونَ

Barangsiapa meminjami Allah dengan pinjaman yang baik maka Allah melipatgandakan ganti kepadanya dengan (jumlah) banyak. Allah menahan dan melapangkan (rizki) dan kepada-Nya lah kamu dikembalikan. (Q.S al Baqarah 245).

Allah Ta’ala berfirman :

مَثَلُ الَّذِينَ يُنْفِقُونَ أَمْوَالَهُمْ فِي سَبِيلِ اللَّهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ أَنْبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِي كُلِّ سُنْبُلَةٍ مِئَةُ حَبَّةٍ وَاللَّهُ يُضَاعِفُ لِمَنْ يَشَاءُ وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ

Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui. (Q.S al Baqarah 261).

Sungguh ayat ini dengan sangat terang menjelaskan bahwa Allah melipat gandakan harta orang orang yang berinfak di jalan-Nya sampai tujuh ratus kali lipat bahkan bisa jadi lebih dari itu.

Syaikh as Sa’di berkata : Nafkah nafkah seperti ini (infak di jalan Allah) akan dilipat gandakan. Kelipatan ini dengan tujuh ratus kali lipat hingga berlipat ganda lagi banyaknya  dari itu. Karena itu Allah berfirman : “Allah melipat gandakan (balasan) bagi siapa yang Dia kehendaki. Itu tentunya sesuai dengan apa yang ada dalam hati orang yang berinfak tersebut dari keimanan dan keikhlasan yang tulus. Juga sesuai dengan kebaikan dan manfaat yang dihasilkan dari infaknya tersebut. (Tafsir Taisir Karimir Rahman).

Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam menjelaskan bahwa orang yang bersedekah atau berinfak DIDOAKAN TAMBAHAN RIZKI OLEH MALAIKAT, sebagaimana sabda beliau yang diriwayatkan dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, dia berkata, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

مَا مِنْ يَوْمٍ يُصْبِحُ الْعِبَادُ فِيْهِ إِلاَّ مَلَكَانِ يَنْزِلاَنِ فَيَقُوْلُ أَحَدُهُمَا: اَللَّهُمَّ أَعْطِ مُنْفِقًا خَلَفًا. وَيَقُوْلُ اْلآخَرُ: اَللَّهُمَّ أَعْطِ مُمْسِكًا تَلَفًا.

Tidak satu hari pun di mana pada pagi harinya seorang hamba ada padanya melainkan dua Malaikat turun kepadanya, salah satu di antara keduanya berkata : Ya Allah, berikanlah ganti  bagi orang yang berinfak. Dan yang lainnya berkata : Ya Allah, hancurkanlah  (harta) orang yang kikir. (H.R Imam Bukhari dan Imam Muslim).

Oleh karena hamba hamba Allah hendaklah senantiasa memperbanyak sedekah untuk mendapat tambahan rizki yang dijanjikan Allah Ta’ala dan juga sebagai pemberat timbangan amal di akhirat kelak. Insya Allah ada manfaatnya bagi kta semua. Wallahu A’lam. (2.059)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar