Senin, 31 Agustus 2020

KEWAJIBAN PENTING MENGIKUTI DAN MENELADANI RASULULLAH

 

KEWAJIBAN PENTING MENGIKUTI DAN MENELADANI RASULULLAH

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Sungguh merupakan  kewajiban utama orang orang beriman untuk MENGIKUTI DAN MENELADANI Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam dalam menjalani syariat Islam ini. Keteladanan beliau dijelaskan Allah Ta’ala dalam firman-Nya :

لَّقَدْ كَانَ لَكُمْ فِى رَسُولِ ٱللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ

Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu. (Q.S al Ahzab 21).


Imam Ibnu Katsir berkata : Ayat yang mulia ini merupakan dalil yang kuat (yang menunjukkan kewajiban) menjadikan Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam sebagai SURI TAULADAN ATAU PANUTAN dalam perkataannya, perbuatannya dan dalam segala hal kondisi beliau. (Tafsir Ibnu Katsir).

 

Tentang ayat pula Syaikh as Sa’di berkata : Orang yang meneladani beliau berarti menelusuri jalan yang dapat mengantarkannya kepada kemuliaan Allah Ta’ala yaitu jalan yang lurus. Jika bersuri tauladan kepada selain beliau, apabila menyalahi beliau, maka itulah teladan yang buruk.

Suri tauladan yang baik ini hanya akan ditelusuri dan diikuti oleh orang yang menginginkan Allah Ta’ala dan Hari Akhir. Hal itu terjadi karena iman yang dimilikinya, rasa takutnya kepada Allah dan mengharapkan pahala kepada-Nya yang semuanya mendorongnya untuk meneladani Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam. (Tafsir Taisir Karimir Rahman).

Ketahuilah bahwa mengikuti Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam adalah SALAH SATU BUKTI YANG POKOK BAHWA SEORANG HAMBA MENCINTAI ALLAH TA’ALA. Allah Ta’ala berfirman :

قُلْ إِنْ كُنْتُمْ تُحِبُّونَ اللَّهَ فَاتَّبِعُونِي يُحْبِبْكُمُ اللَّهُ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ ۗ وَاللَّهُ غَفُورٌ رَحِيمٌ

Katakanlah (wahai Muhammad), Jika kamu (benar benar) mencintai Allah, IKUTILAH AKU, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa dosamu. Allah Maha Pengampun dan Maha Penyayang. (Q.S Ali Imran 31).

Mengikuti atau menjadikan beliau sebagai tauladan adalah jalan yang PALING LURUS yang memberikan petunjuk kepada keselamatan di dunia dan di akhirat. Oleh karena itu maka seorang hamba janganlah mencari jalan petunjuk yang menyelisihi petunjuk beliau. Diantaranya, dalam beribadah haruslah ittiba’ kepada beliau. Jika menyelisihi maka amal ibadahnya tertolak. Tentang hal ini, Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam telah mengingatkan kita semua dalam sabda beliau :

مَنْ عَمِلَ عَمَلاً لَيْسَ عَلَيْه ِأَمْرُنَا فَهُوَ رَدٌّ

Barangsiapa  beramal yang tidak ada perintahnya dari kami maka amalannya tertolak. (H.R Imam Muslim).

Allah Ta’ala berfirman :

فَلْيَحْذَرِ ٱلَّذِينَ يُخَالِفُونَ عَنْ أَمْرِهِۦٓ أَن تُصِيبَهُمْ فِتْنَةٌ أَوْ يُصِيبَهُمْ عَذَابٌ أَلِيمٌ

Maka hendaklah orang orang yang menyelisihi perintah Rasul-Nya, takut akan ditimpa fitnah atau azab yang pedih. (Q.S an Nuur 63).

 

Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam. (2.071)

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar