Senin, 17 Agustus 2020

JANGAN MENGHAMPARKAN LENGAN KETIKA SUJUD DALAM SHALAT

 

JANGAN MENGHAMPARKAN LENGAN KETIKA SUJUD

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Terkadang kita melihat ada diantara saudara saudara kita yang ketika sujud dalam shalat dengan cara menghamparkan lengan di lantai. Telapak tangan sampai ke siku berada atau menempel  ke lantai. Itu  cara yang tidak diajarkan Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam ketika sujud.

Berkenaan dengan shalat, ketahuilah bahwa Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam telah mengingatkan dalam sabda beliau :

صَلُّوا كَمَا رَأَيْتُمُونِي أُصَلِّي

Shalatlah sebagaimana kalian melihat aku shalat. (H.R Imam Bukhari).

Lalu bagaimana posisi tangan Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam ketika sujud dalam shalat. ?. Perhatikanlah sabda  beliau berikut ini : 

Pertama : Dari Ibnu Buhainah, ia berkata :

أَنَّ النَّبِىَّ – صلى الله عليه وسلم – كَانَ إِذَا صَلَّى فَرَّجَ بَيْنَ يَدَيْهِ حَتَّى يَبْدُوَ بَيَاضُ إِبْطَيْهِ

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika shalat, beliau merenggangkan lengan tangannya (ketika sujud) hingga nampak putih ketiak beliau.” (HR. Bukhari no. 390 dan Muslim no. 495).

Kedua : Dari Al Bara’ bin ‘Azib, ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

إِذَا سَجَدْتَ فَضَعْ كَفَّيْكَ وَارْفَعْ مِرْفَقَيْكَ

Jika engkau sujud, letakkanlah kedua telapak tanganmu dan angkatlah kedua sikumu. (H.R Imam Muslim no. 494).

Ketiga : Dai Anas bin Malik, disebutkan :

عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ اعْتَدِلُوا فِي السُّجُودِ وَلَا يَبْسُطْ أَحَدُكُمْ ذِرَاعَيْهِ انْبِسَاطَ الْكَلْبِ

Dari Anas bin Malik, dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda : Seimbanglah di dalam sujud, dan janganlah seseorang dari kamu menghamparkan kedua lengannya sebagaimana terhamparnya (kaki) anjing. (H.R Imam Bukhari no. 822 dan Imam Muslim no. 493).

Imam an Nawawi berkata : Maksud hadits, wajib bagi orang yang sujud untuk meletakkan telapak tangannya di lantai dan mengangkat sikunya serta merenggangkan dari lambungnya serenggang mungkin. Sampai kira kira kelihatan ketiaknya jika tak tertutup baju.

Orang yang shalat lalu menghamparkan lengannya ketika sujud,   bisa jadi adalah dalam keadaan kurang semangat dalam shalat. Bisa jadi juga karena belum mengetahui bagaimana menempatkan lengan dengan benar ketika sujud. Wallahu A’lam. (2.055)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar