Rabu, 19 Agustus 2020

APA MAKNA BERKAH DALAM BERSAHUR

 

APA MAKNA BERKAH DALAM BERSAHUR

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Bersahur atau makan sahur  adalah salah satu rangkaian dalam melakukan ibadah puasa meskipun tak wajib. Namun demikian, ketika ditinggalkan maka datanglah kerugian karena dalam sahur itu ADA BERKAH. Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam bersabda : 

تسحروا فإن في السحور بركة

Makan sahurlah kalian, karena sesungguhnya di dalam sahur itu terdapat barakah atau keberkahan. (H.R Imam Bukhari dan Imam  Muslim  dari hadits Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu)

Dan juga sebagaimana  ditunjukkan pada hadits sebagai berikut ini : Salah seorang dari sahabat Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam pernah bercerita : Aku pernah masuk (menjumpai) Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, saat itu beliau sedang sahur, lalu beliau bersabda :

إنها بركة أعطاكم الله إياها فلا تدعوه

Sesungguhnya dia (sahur itu) barakah, yang Allah telah memberikannya untuk kalian, karena itu janganlah kalian meninggalkannya. (H.R an Nasa’i dishahihkan oleh Syaikh Muqbil bin Hadi al Wadi’i).

Lalu apa makna kata berkah atau barakah ?. Imam an Nawawi berkata : Asal makna keberkahan adalah kebaikan yang banyak dan terus menerus, abadi. (Syarah Shahih Muslim). 

Adapun makna ADA BERKAH DALAM SAHUR, dijelaskan oleh Syaikh Muhammad Shalih al Utsaimin yaitu berkah secara syar’i  dan berkah secara badaniyah.

(1) Adapun berkah secara syar’i diantaranya adalah menunaikan perintah Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam dan meneladani beliau.

(2) Adapun berkah secara badaniyah diantaranya adalah memberikan suplai nutirisi untuk badan sehingga membuatnya kuat melakukan puasa. (Fatawa li Ibni Utsaimin, Kitab ad Da’wah).  

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah memberi nasehat, beliau berkata : Dan yang jelas, bahwa  bila (seseorang) mampu untuk makan (sahur), maka hal itu (lebih sesuai) dengan sunnah. (Kitabus Shiyaam).

Oleh karena itu orang orang beriman tetap berpuasa wajib pada bulan Ramadhan dan menambahnya pula dengan puasa puasa sunnah di luar Ramadhan. Semakin banyak berpuasa maka semakin banyak  kesempatan bersahur dan SEMAKIN BANYAK PULA KESEMPATAN MENDAPAT BERKAH DARI SAHURNYA.

Insya Allah ada manfaatna bagi kita semua. Wallahu A’lam. (2.057)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar