Senin, 10 Agustus 2020

TERUSLAH BERDOA MEMOHON ILMU YANG BERMANFAAT

 

TERUSLAH BERDOA MEMOHON ILMU YANG BERMANFAAT

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Sungguh hamba hamba Allah butuh ilmu setiap saat terutama sekali ilmu syar’i agar bisa bertauhid dengan lurus, beribadah dengan benar, berakhlak yang mulia dan bermuamalah dengan baik. Selain itu hamba hamba Allah butuh pula ilmu yang berkaitan dengan dunia yaitu yang berguna untuk dirinya dan berguna pula untuk kaum muslimin pada umumnya.

Oleh karena itu Islam mewajiban umatnya untuk belajar ilmu. Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam bersabda :   طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ

Belajar ilmu   wajib bagi setiap muslim. (H.R  Imam Ahmad dan Ibnu Majah).

Hamba hamba Allah diwajibkan belajar ilmu karena ilmu itu diperoleh hanya dengan belajar. Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam bersabda :

إِنَّمَاالعِلْمُ بِالتَّعَلُّمِ

Sesungguhnya ilmu itu didapat dengan belajar. (H.R ath Thabrani).

Satu PERKARA YANG PENTING bagi hamba hamba Allah adalah senantiasa berdoa memohon diberi ilmu. Sungguh Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam memiliki ilmu tentang syariat  paling banyak diantara umatnya tetapi beliau sering berdoa memohon diberikan tambahan ilmu.

Sungguh Allah Ta’ala telah menyuruh Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasalam  untuk senantiasa berdoa memohon tambahan ilmu sebagaimana firman-Nya :

وَقُل رَّبِّ زِدْنِي عِلْمًا

Dan katakanlah : YA RABB-KU TAMBAHKANLAH ILMU KEPADAKU. (Q.S Thaha 114).

Diantara doa yang selalu beliau panjatkan disetiap pagi dalam rangkaian dzikir pagi setelah shalat shubuh yaitu :

اَللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْماً نَافِعاً، وَرِزْقاً طَيِّباً، وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً

 Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang baik dan amal yang diterima. (H.R Imam Ahmad, Ibnu Majah dan Ibnu as-Sunni).

Selain itu Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam juga berdoa, yaitu memohon tambahan ilmu dengan lafazh berikut ini :

اللَّهُمَّ انْفَعْنِي بِمَا عَلَّمْتَنِي, وَعَلِّمْنِيْ مَايَنْفَعُنِيْ, وَ زِدْنِيْ عِلْمًا

Ya Allah, berilah manfaat kepadaku dengan apa-apa yang Engkau ajarkan kepadaku, dan ajarkanlah aku apa-apa yang bermanfaat bagiku, Dan tambahkanlah ilmu kepadaku. (H.R at-Tirmidzi  dan Ibnu Majah).

Nah, setelah seorang hamba berdoa  maka selanjutnya SELARASKAN PERBUATAN DENGAN DOA ITU. Ketika berdoa meminta diberi ilmu maka bersemangatlah untuk belajar ilmu. Jika tidak mau belajar ilmu itu namanya MENYELISIHI DOA.

Kita mengetahui ADA SEBAGIAN saudara saudara kita yang berdoa minta tambahan ilmu lalu tak mampu mengatur waktu untuk hadir di majlis ilmu. Bahkan ketika ada tulisan tentang kajian di medsos masuk ke handphone-nya melalui WhatApp atau media lainnya SANGAT SERING TAK DIBACA. Apalagi kalau tulisan atau kajian itu panjang misalnya lebih dari 100 kata bisa jadi LANGSUNG DIHAPUS.

Oleh karena mari kita bangkitkan lagi semangat untuk SUNGGUH SUNGGUH BELAJAR ILMU TERUTAMA ILMU SYAR’I yang kalau diamalkan akan mendatangkan keselamatan bagi dunia dan akhirat kita. Bahkan akan memudahkan jalan untuk menuju surga sebagaimana sabda Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam :

وَمَنْ سَلَكَ طَرِيقًا يَلْتَمِسُ فِيهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللَّهُ لَهُ بِهِ طَرِيقًا إِلَى الْجَنَّةِ

Dan siapa yang menempuh jalan untuk mencari ilmu, maka Allah akan mudahkan baginya jalan menuju surga. (HR Imam Muslim)

Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam. (2.052).    

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar