Rabu, 02 September 2020

KETIKA KELUAR RUMAH DIANJURKAN MEMBACA AYAT KURSI ??

 

KETIKA KELUAR RUMAH DIANJURKAN MEMBACA 

AYAT KURSI ??

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Firman Allah Ta’ala dalam surat al Baqarah ayat 255 sangat dikenal oleh hamba hamba Allah SEBAGAI AYAT YANG PALING AGUNG DALAM AL QUR AN. Dalilnya  adalah sebagaimana disebutkan dalam pertanyaan yang diajukan oleh Rasulullah Salallahu ‘alahi Wasallam  kepada Ubay bin Ka’ab : Ayat mana yang paling agung dalam Kitabullah ?. Ubay menjawab : AYAT KURSI.

 

Maka beliau Shallallahu ‘alaihi wasallam menepuk dada Ubay kemudian berkata : Wahai Abu Mundzir, semoga engkau berbahagia dengan ilmu yang engkau miliki. (H.R Imam Muslim).

 

Tentang keagungan ayat kursi juga dijelaskan oleh Imam an Nawawi : Para ulama berkata bahwa hal itu dikarenakan di dalamnya terdapat nama dan sifat Allah yang penting yaitu sifat ilahiyah, wahdaniyah (keesaan), sifat hidup, sifat ilmu, sifat kerajaan, sifat kekuasaan, sifat kehendak. Itulah tujuh nama dan sifat dasar yang disebutkan dalam ayat kursi. (Syarh Shahih Muslim)

 

Mungkin karena mengetahui bahwa ayat ini adalah ayat yang paling agung maka ada orang orang yang  mengatakan bahkan ada yang  menulis di media sosial  antara lain : BACALAH AYAT KURSI SAAT MENINGGALKAN RUMAH ANDA MAKA 70 RIBU MALAIKAT AKAN MELINDUNGI ANDA DAN SEISI RUMAH.

Cuma saja yang sharing tentang membaca ayat kursi ketika hendak keluar rumah tak ada menyebutkan sandaran atau dalilnya. Kemudian sebagian pendengar atau pembaca melakukan re sharing lagi kepada group yang lain. Akhirnya beredar kemana mana secara berantai.  

Saudaraku, sungguh ketika akan keluar rumah TENTU SANGATLAH PENTING BAGI KITA SEMUA UNTUK BERLINDUNG DAN BERSERAH DIRI KEPADA ALLAH TA’ALA. Sungguh kita tidak tahu apa yang akan terjadi ketika kita berada di luar rumah.

Bukankah ada sebagian orang mendapatkan  perlakuan tak baik  ataupun tertimpa kejadian buruk ketika berada di luar rumah. Diantaranya ada yang ditipu, dicopet, dirampok, dilecehkan. Adapula YANG DISIHIR LALU HARTANYA DIAMBIL bahkan yang  di ATM-nya diambil pula. Tentang sihir ini    juga disebut hipnotis yaitu hasil HASIL KERJASAMA MANUSIA JAHAT DENGAN SYAITHAN. 

Ketahuilah ketika hendak keluar rumah,  Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam telah mengajarkan dzikir atau doa yang harus dibaca orang orang beriman. Beliau Salallahu ‘alaihi wasallam bersabda : Barangsiapa yang ketika keluar rumah membaca dzikir :

 

بِسْمِ اللهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ لاَحَوْلَ وَلاَقُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ

 

Bismillahi tawakkaltu ‘alallahi, walaa haula wala quwwwata illa billah (Dengan nama Allah aku berserah diri kepada-Nya, dan tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan-Nya) maka Malaikat akan berkata  kepadanya, (Sungguh) engkau telah diberi petunjuk (oleh Allah), dicukupkan (dalam segala keperluanmu) dan dijaga (dari semua keburukan) sehingga syaithan pun tidak bisa mendekatinya.

 

Dan syaithan yang lain berkata kepada temannya : Bagaimana (mungkin) kamu bisa (mencelakakan) seorang yang telah diberi petunjuk, dicukupkan dan dijaga (oleh Allah). (H.R at Tirmidzi no. 3426 dan Abu Daud no. 5095. Dishahihkan oleh Syaikh al Albani).

 

Selain itu ada pula satu doa yang dianjurkan untuk dibaca ketika seseorang hendak keluar rumah yang juga sangat baik untuk kita amalkan yaitu  diriwayatkan dari Ummu Salamah,  dia berkata : Tidaklah Nabi Salallahu ‘alaihi Wasallam keluar dari rumahku kecuali mengangkat pandangan beliau ke langit dan mengucapkan :

 

أَنْ أَضِلَّ أَوْ أُضَلَّ   اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ

أَو أَزِلَّ أَو أُزَلَّ

أَوْ أَجْهَلَ أَوْ يُجْهَلَ عَلَيَّ  أَوْ أَظْلِمَ أَوْ أُظْلَمَ

 

Ya Allah, aku berlindung kepadamu dari tersesat dan disesatkan, tergelincir atau digelincirkan, berbuat zhalim atau dizhalimi dan berbuat bodoh atau dibodohi. (H.R Abu Dawud no. 5094

 

Itulah doa dan dzikir yang diajarkan oleh Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam ketika seorang hamba hendak keluar rumah. Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam. (2.072)

 

 

 

 

 

 

 

 

  

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar