Rabu, 09 Oktober 2019

MALAIKAT DAN NABI MENDOAKAN ORANG BERIMAN


MALAIKAT DAN NABI MENDOAKAN ORANG BERIMAN

Oleh : Azwir B. Chaniago

Setiap waktu dan kesempatan, orang orang beriman di manapun senantiasa berdoa.  Memohon kebaikan dan keselamatan bagi dirinya di dunia dan di akhirat. Diantara doa yang sering dipanjatkan adalah doa yang diajarkan Allah Ta’ala dalam al Qur an, surat al Baqarah ayat 201 :

 رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Ya Rabb kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan lindungilah kami dari adzab neraka.

Ketahuilah bahwa selain kesempatan untuk berdoa sendiri, Sungguh orang orang beriman SANGATLAH BERUNTUNG karena di doakan pula oleh para Malaikat dan para Nabi. Diantaranya adalah :

Pertama : Doa dari malaikat pemikul ‘Arasy dan yang berada disekelilingnya.

Ketahuilah bahwa diantara malaikat yang mendoakan orang orang beriman adalah malaikat pemikul ‘Arsy dan malaikat yang berada di sekelilingnya. Mereka  berdoa untuk orang beriman, yang selalu bertaubat dan yang selalu kembali ke jalan kebenaran. Ini dijelaskan Allah Ta’ala dalam firman-Nya :

الَّذِينَ يَحْمِلُونَ الْعَرْشَ وَمَنْ حَوْلَهُ يُسَبِّحُونَ بِحَمْدِ رَبِّهِمْ وَيُؤْمِنُونَ بِهِ وَيَسْتَغْفِرُونَ لِلَّذِينَ آمَنُوا رَبَّنَا وَسِعْتَ كُلَّ شَيْءٍ رَحْمَةً وَعِلْمًا فَاغْفِرْ لِلَّذِينَ تَابُوا وَاتَّبَعُوا سَبِيلَكَ وَقِهِمْ عَذَابَ الْجَحِيمِ
رَبَّنَا وَأَدْخِلْهُمْ جَنَّاتِ عَدْنٍ الَّتِي وَعَدْتَهُمْ وَمَنْ صَلَحَ مِنْ آبَائِهِمْ وَأَزْوَاجِهِمْ وَذُرِّيَّاتِهِمْ ۚ إِنَّكَ أَنْتَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ
وَقِهِمُ السَّيِّئَاتِ ۚ وَمَنْ تَقِ السَّيِّئَاتِ يَوْمَئِذٍ فَقَدْ رَحِمْتَهُ ۚ وَذَٰلِكَ هُوَ الْفَوْزُ الْعَظِيمُ

(Malaikat malaikat) yang memikul ‘Arsy dan (malaikat) yang berada di sekelilingnya  bertasbih dengan memuji Rabb-nya dan mereka beriman kepada-Nya serta memohonkan ampunan untuk orang orang yang beriman (seraya berkata) : Ya Rabb kami, rahmat dan ilmu yang ada pada-Mu meliputi segala sesuatu. Maka berilah ampunan kepada orang orang yang bertaubat dan mengikuti jalan (agama)-Mu dan peliharalah mereka dari adzab neraka.

Ya Rabb kami, masukkanlah mereka ke dalam surga ‘And yang telah Engkau janjikan kepada mereka dan orang orang shalih  di antara nenek moyang mereka, istri istri  dan keturunan mereka. Sungguh Engkaulah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.
Dan peliharalah mereka dari (bencana) kejahatan. Dan orang orang yang Engkau pelihara dari (bencana) kejahatan pada hari itu. Maka Sungguh Engkau telah menganugerahkan rahmat kepadanya dan dan demikian itulah kemenangan yang agung. (Q.S al Mukmin 7-9).

Syaikh as Sa’di berkata : (Malaikat pemikul ‘Arsy dan malaikat yang ada disekelilingnya mendoakan orang orang beriman). Ini adalah salah satu diantara faedah dan keutamaan (orang) beriman yang sangat banyak itu. Dimana para malaikat yang sama sekali tidak mempunyai dosa memohonkan ampun untuk orang orang yang beriman. Jadi seorang beriman, karena imannya memperoleh karunia yang agung ini. (Tafsir Taisir Karimi Rahman).

Kedua : Doa dari para Nabi.

Sungguh, para Nabi   mendoakan kebaikan bagi orang orang beriman. Diantaranya adalah :

(1) Allah Ta’ala berfirman tentang nabi Ibrahim, bahwa beliau berdoa :

رَبَّنَا ٱغْفِرْ لِى وَلِوَٰلِدَىَّ وَلِلْمُؤْمِنِينَ يَوْمَ يَقُومُ ٱلْحِسَابُ

Wahai Rabb kami, beri ampunilah aku dan kedua ibu bapaku dan semua orang-orang mukmin pada hari diadakan perhitungan. (QS. Ibrahim: 41)

(2) Allah Ta’ala juga berfirman tentang nabi Nuh, bahwa beliau berdoa :

رَّبِّ ٱغْفِرْ لِى وَلِوَٰلِدَىَّ وَلِمَن دَخَلَ بَيْتِىَ مُؤْمِنًا وَلِلْمُؤْمِنِينَ وَٱلْمُؤْمِنَٰتِ

Wahai Rabbku.  Ampunilah aku, ibu bapakku, orang yang masuk ke dalam rumahku dalam keadaan beriman, dan semua orang yang beriman laki-laki dan perempuan.(Q.S. Nuh 28)

Doa dari malaikat dan juga dari para nabi hendaknya menjadi pendorong yang kuat pula bagi orang orang beriman untuk SALING MENDOAKAN. Ketahuilah bahwa doa orang orang beriman untuk saudaranya tentu akan bermanfaat bagi dirinya karena akan di-aamiinkan oleh Malaikat. Dan juga akan mendapat doa pula dari malaikat  sebagaimana yang dipanjatkan dalam doanya.  

Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam bersabda :

مَا مِنْ عَبْدٍ مُسْلِمٍ يَدْعُو لِأَخِيهِ بِظَهْرِ الْغَيْبِ، إِلَّا قَالَ الْمَلَكُ: وَلَكَ بِمِثْلٍ

Tidak ada seorang hamba Muslim yang berkenan mendoakan saudaranya tanpa sepengetahuan orang yang didoakan kecuali malaikat mendoakan orang yang berdoa tersebut dengan kalimat : Kamu juga mendapat sama  sebagaimana doa yang kamu ucapkan. (H.R Imam Muslim)

Oleh karena itu, saling mendoakan haruslah menjadi kelazhiman diantara orang orang beriman karena menginginkan kebaikan bagi dirinya dan bagi saudaranya. Saling mendoakan memberikan manfaat bagi yang didoakan dan  yang mendoakan.

Selain itu, ketahuilah bahwa  Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam diingatkan Allah Ta’ala untuk mendoakan orang orang yang  beriman. Dengan demikian maka semakin bertambahlah karunia dan keutamaan untuk orang orang beriman.  Allah Ta’ala berfirman :

وَٱسْتَغْفِرْ لِذَنۢبِكَ وَلِلْمُؤْمِنِينَ وَٱلْمُؤْمِنَٰتِ ۗ

Dan mohonlah ampunan bagi dosamu dan bagi (dosa) orang-orang mukmin, laki-laki dan perempuan. (Q.S Muhammad 19).

Syaikh as Sa’di berkata : “Dan, (mintakan ampunan juga) bagi (dosa) orang orang beriman laki laki dan perempuan”  karena iman mereka, baik laki laki maupun perempuan memiliki hak. Dan diantara hak mereka adalah didoakan agar dosanya diampuni. Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam diperintahkan untuk mendooakan ampunan bagi orang orang beriman yang mencakup penghapusan dosa serta hukuman kepada mereka. (Tafsir Taisir Karimir Rahman).

Oleh karena itu, setiap hamba hendaklah senantiasa menjaga dan memelihara imannya agar mendapat doa dari Malaikat, para Nabi dan dari orang orang yang beriman sehingga semakin bertambah kebaikan dan keutamaan baginya.  Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam. (1.781)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar