Sabtu, 26 Oktober 2019

KEWAJIBAN BERLAKU ADIL TERHADAP ANAK


KEWAJIBAN BERLAKU ADIL TERHADAP ANAK

Oleh : Azwir B. Chaniago

Anak adalah anugerah Allah yang diberikan kepada orang yang dikehendaki-Nya. Dan anak adalah bunga kehidupan dan sekali gus menjadi bagian dari kebahagian pasangan suami istri. Apalagi kalau memiliki anak anak yang shalih dan shalihah.

Ketahuilah bahwa di samping kewajiban mendidik, salah satu adab orang tua terhadap anak anaknya adalah SENANTIASA BERLAKU ADIL TERHADAP ANAK ANAKNYA.

Berlaku adil secara proporsional baik terhadap anak laki laki maupun anak perempuan. Bertakwalah kepada Allah Ta’ala dalam berlaku adil terhadap anak anak.

Jangan pernah menzhalimi atau  berlaku tidak adil kepada salah satu dari mereka. Jangan melebihkan kasih sayang  kepada salah satu anak. Ketika seorang anak lebih cerdas, selalu juara kelas di sekolah ataupun memiliki kelebihan lainnya maka TETAP PERLAKUKAN SECARA ADIL diantara mereka.   

Ingatlah bahwa ada bahaya jika tak berlaku adil kepada anak anak, diantaranya : 

(1) Bisa jadi anak merasa rendah diri dari saudara saudaranya yang pada gilirannya merasa rendah diri dalam bergaul dengan teman temannya.
(2) Bisa jadi tumbuh perasaan iri hati dan saling mendengki diantara sesama saudaranya.
(3) Bisa jadi ikatan persaudaraan anak menjadi luntur bahkan rusak.
(4) Bisa jadi pula muncul perasaan tidak senang kepada orang tua.

Pernah disebutkan dalam satu keterangan bahwa para salafush shalih dahulu ketika mencium anak laki lakinya dia juga mencium anak perempuannya. Mereka takut kalau sampai tak berlaku adil yaitu melebihkan anak yang satu dari yang lain.

Sungguh Rasulullah telah mengingatkan bahwa orang orang yang berlaku adil termasuk adil terhadap keluarganya akan mendapat kebahagian yaitu ditempatkan di atas mimbar mimbar dari cahaya. 

قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنَّ الْمُقْسِطِينَ عِنْدَ اللَّهِ عَلَى مَنَابِرَ مِنْ نُورٍ عَنْ يَمِينِ الرَّحْمَنِ عَزَّ وَجَلَّ وَكِلْتَا يَدَيْهِ يَمِينٌ الَّذِينَ يَعْدِلُونَ فِي حُكْمِهِمْ وَأَهْلِيهِمْ وَمَا وَلُوا

Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam  bersabda : Sesungguhnya orang-orang yang berlaku adil, kelak disisi Allah ditempatkan diatas mimbar dari cahaya, ialah mereka yang adil dalam keputusan mereka  TERHADAP KELUARGA dan apa saja yang diserahkan (dikuasakan) kepada mereka. (H.R Imam Muslim)

Ketahuilah bahwa Allah Ta’ala memerintahkan  untuk berlaku adil kepada manusia, sebagai firman-Nya :

إِنَّ اللَّهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ وَالْإِحْسَانِ وَإِيتَاءِ ذِي الْقُرْبَىٰ وَيَنْهَىٰ عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ وَالْبَغْيِ ۚ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُونَ

Sesungguhnya Allah menyuruh (kamu) berlaku adil dan berbuat kebaikan, memberi bantuan kepada kerabat dan Dia melarang (melakukan) perbuatan keji, kemungkaran dan permusuhan. Dia memberi pengajaran kepadamu agar kamu dapat mengambil pelajaran. (Q.S an Nahal 90)

Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam. (1.790)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar