Selasa, 08 Oktober 2019

KAFIR TAK MUNGKIN MENJADI PENOLONG ORANG BERIMAN


KAFIR TAK MUNGKIN MENJADI PENOLONG 
ORANG BERIMAN

Oleh : Azwir B. Chaniago

Adalah realita yang nyata bahwa orang orang kafir sampai kapan pun akan tetap membenci Islam meskipun sebagian mereka tidak menampakkannya secara zhahir. Kenapa kafir membenci Islam ?, karena mereka memang musuh Islam. Sungguh Allah Ta’ala telah mengingatkan dalam firman-Nya :

ۚ إِنَّ الْكَافِرِينَ كَانُوا لَكُمْ عَدُوًّا مُبِينًا

Sesungguhnya orang kafir itu adalah musuh yang nyata bagimu. (Q.S an Nisa’ 101).
Terkadang kita mendapat kabar bahwa di negeri kita ini ada diantara orang orang kafir memberi bantuan secuil materi kepada  orang Islam ataupun lembaga Islam. Tetapi ketahuilah bantuan mereka akan berujung kepada keburukan bagi Islam.

Mari kita bertanya : Berapakah bantuan yang diberikan mereka kepada kaum muslimin ?. Apakah sebanding dengan kerusakan dan kerugian urusan dunia dan urusan akhirat yang diderita oleh umat Islam akibat perbuatan mereka ?. Ketahuilah bantuan yang mereka berikan adalah dengan tujuan melapangkan rencana  mereka untuk menjalankan misi busuknya terhadap Islam. No free lunch dari kafir untuk Islam. 

Tentang hal ini sungguh telah Allah jelaskan dalam firman-Nya :

إِنَّ الَّذِينَ كَفَرُوا يُنْفِقُونَ أَمْوَالَهُمْ لِيَصُدُّوا عَنْ سَبِيلِ اللَّهِ ۚ فَسَيُنْفِقُونَهَا ثُمَّ تَكُونُ عَلَيْهِمْ حَسْرَةً ثُمَّ يُغْلَبُونَ ۗ وَالَّذِينَ كَفَرُوا إِلَىٰ جَهَنَّمَ يُحْشَرُونَ

Sesungguhnya orang orang yang kafir itu menafkahkan harta mereka untuk menghalangi (orang) dari jalan Allah yang benar. Mereka akan menafkahkan harta itu kemudian kemudian menjadi sesalan bagi mereka dan mereka akan dikalahkan. Dan ke dalam neraka jahannamlah orang orang yang kafir itu dikumpulkan. (Q.S al Anfaal 36).

Syaikh as Sa’di berkata : (Menafkahkan harta mereka untuk menghalangi (orang) dari jalan Allah yang benar, yakni untuk membatalkan kebenaran dan menyokong kebatilan, membatalkan tauhid dan menegakkan penyembahan kepada berhala. Mereka (orang orang kafir) mengeluarkan nafkah ini dengan ringan karena keteguhan mereka memegang kebathilan dan kebencian mereka yang mendalam terhadap kebenaran. (Tafsir Taisir Karimir Rahman).

Sungguh Allah Ta’ala telah mengingatkan bahwa yang akan menolong orang beriman adalah Allah, Rasul-Nya dan saudaranya sesama orang beriman. Tidak orang kafir, sekali kali tidak. Allah berfirman :

إِنَّمَا وَلِيُّكُمُ اللَّهُ وَرَسُولُهُ وَالَّذِينَ آمَنُوا الَّذِينَ يُقِيمُونَ الصَّلَاةَ وَيُؤْتُونَ الزَّكَاةَ وَهُمْ رَاكِعُونَ

Sesungguhnya penolongmu hanyalah Allah, Rasul-Nya dan orang orang yang beriman. Yang melaksanakan shalat dan menunaikan zakat serta tunduk (kepada Allah).  Q.S al Ma-idah 55.

Dan juga, Allah Ta’ala sangat menekankan agar orang orang beriman saling tolong menolong dalam kebaikan dan takwa. Allah Ta’ala berfirman :

وَتَعَاوَنُوا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوَىٰ ۖ وَلَا تَعَاوَنُوا عَلَى الْإِثْمِ وَالْعُدْوَانِ ۚ وَاتَّقُوا اللَّهَ ۖ إِنَّ اللَّهَ شَدِيدُ الْعِقَابِ

Dan tolong menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebaikan dan takwa. Dan jangan tolong menolong dalam berbuat dosa dan permusuhan. Bertakwalah kepada Allah, Sungguh, Allah sangat berat siksaannya. (Q.S al Ma-idah 2).

Ingatlah bahwa tujuan dan keinginan orang orang kafir adalah memadamkan cahaya Islam ini di setiap negeri. Allah Ta’ala berfirman :

يُرِيدُونَ لِيُطْفِئُوا نُورَ اللَّهِ بِأَفْوَاهِهِمْ وَاللَّهُ مُتِمُّ نُورِهِ وَلَوْ كَرِهَ الْكَافِرُونَ

Mereka hendak memadamkan cahaya (agama) Allah dengan mulut (ucapan ucapan) mereka tetapi Allah tetap menyempurnakan cahaya-Nya meskipun orang orang kafir membencinya. (Q.S as Shaff 8)

Oleh karena itu, orang orang beriman jangan sampai tertipu dengan mulut  mereka yang kelihatan manis, terkadang ada tampilan mereka yang meniru niru ustadz dan kiyai serta kunjungan kunjungan mereka ke masjid atau ke pesantren, berlagak sebagai penolong  dengan memberikan sumbangan secuil materi. Wallahu A’lam. (1.780).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar