Jumat, 25 Oktober 2019

ALLAH MENEMPATKAN ORANG SOMBONG DI NERAKA JAHANNAM


ALLAH MENEMPATKAN  ORANG SOMBONG
DI NERAKA JAHANNAM

Oleh : Azwir B. Chaniago

Sombong adalah sikap yang sangat tercela dalam syariat Islam. Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam  telah menjelaskan tentang buruknya sikap sombong yaitu sikap menolak kebenaran dan  merendahkan orang lain. Beliau bersabda : 

الْكِبْرُ بَطَرُ الْحَقِّ وَغَمْطُ النَّاسِ

Sombong adalah menolak kebenaran dan merendahkan manusia. (H.R  Imam Muslim).

Ketahuilah bahwa maksiat pertama yang dilakukan iblis adalah berlaku sombong sehingga Allah Ta'ala murka kepadanya. Dia menolak perintah Allah Ta’ala untuk sujud kepada Adam yaitu sebagaimana firman-Nya :

وَإِذْ قُلْنَا لِلْمَلَائِكَةِ اسْجُدُوا لِآدَمَ فَسَجَدُوا إِلَّا إِبْلِيسَ أَبَىٰ وَاسْتَكْبَرَ وَكَانَ مِنَ الْكَافِرِينَ

Dan (ingatlah) ketika Kami berfirman kepada para malaikat : Sujudlah kamu kepada Adam !. Maka mereka pun sujud kecuali Iblis, dia enggan dan MENYOMBONGKAN DIRI dan dia termasuk golongan yang kafir.  (Q.S al Baqarah 34).

Syaikh as Sa’di berkata : Allah Ta’ala memerintahkan kepada mereka untuk sujud kepada Adam sebagai SUATU PENGHORMATAN DAN PEMULIAAN atasnya sedangkan penghambaan hanya kepada Allah Ta’ala. Lalu mereka mentaati perintah Allah dan semuanya bersujud. “Kecuali iblis, dia enggan” Iblis tidak mau bersujud dan dia takabur, menyombongkan diri, dari perintah Allah dan terhadap Adam, seraya berkata :

أَأَسْجُدُ لِمَنْ خَلَقْتَ طِينًا

Apakah aku harus bersujud kepada orang yang Engkau ciptakan dari tanah ?. (Q.S al Isra’ 61). Lihat Tafsir Taisir Karimir Rahman).

Ketahuilah bahwa  Allah Ta’ala tak suka kepada orang orang yang sombong. Allah Ta’ala berfirman :

إِنَّ اللَّهَ لَا يُحِبُّ مَنْ كَانَ مُخْتَالًا فَخُورًا

Sungguh, Allah tidak menyukai orang yang sombong dan membanggakan diri. (Q.S an Nisa’ 36)

Oleh karena itu maka Allah Ta’ala akan menempatkan orang orang sombong di neraka Jahannam. Allah Ta’ala berfirman :

ادْخُلُوا أَبْوَابَ جَهَنَّمَ خَالِدِينَ فِيهَا ۖ فَبِئْسَ مَثْوَى الْمُتَكَبِّرِينَ

(Dikatakan kepada mereka) : Masuklah kamu ke pintu pintu neraka Jahannam, dan kamu kekal didalamnya. Maka itulah seburuk buruk tempat bagi orang orang yang sombong. (Q.S al Mu’min 76)

Allah Ta’ala berfirman : 

قِيلَ ادْخُلُوا أَبْوَابَ جَهَنَّمَ خَالِدِينَ فِيهَا ۖ فَبِئْسَ مَثْوَى الْمُتَكَبِّرِينَ

Masukilah pintu-pintu neraka Jahannam itu, sedang kamu kekal di dalamnya. Maka neraka Jahannam itulah seburuk-buruk tempat bagi orang-orang yang menyombongkan diri. (Q.S az Zumar 72).

Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam juga mengingatkan dalam sabda beliau :

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مَسْعُودٍ عَنِ النَّبِىِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ  لاَ يَدْخُلُ الْجَنَّةَ مَنْ كَانَ فِى قَلْبِهِ

Dari Abdullah bin Mas’ud, dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam,  beliau bersabda : Tidak akan masuk surga orang yang ada kesombongan seberat biji sawi di dalam hatinya. (H.R Imam Muslim).

Oleh karena itu orang orang beriman akan selalu menjauhi sifat sombong karena akan mencelakakan diri di dunia dan di akhirat. Ingatlah bahwa sebenar benarnya tak ada yang bisa kita sombongkan karena kita tak memiliki apa apa. Semua adalah milik Allah Ta’ala, sebagaimana firman-Nya :

لِلَّهِ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ ۗ

Milik Allah-lah apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. (Q.S al Baqarah 284)

Bahkan manusia diciptakan dalam keadaan lemah sehingga tak ada celah sedikitpun untuk berlaku sombong. Allah Ta’ala berfirman :

وَخُلِقَ الإِنسَانُ ضَعِيفاً

Karena manusia diciptakan (bersifat) lemah. (Q.S an Nisa’ 28).

Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam. (1.788)

 


  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar