Jumat, 25 Oktober 2019

KETIKA BERSALAMAN LENGKAPI DENGAN SENYUMAN


KETIKA BERSALAMAN LENGKAPI DENGAN SENYUMAN

Oleh : Azwir B. Chaniago

Dalam syariat Islam, sangatlah dianjurkan untuk bersalaman atau berjabat tangan ketika seorang muslim bertemu dengan muslim lainnya. Ketahuilah bahwa sesuatu yang diperintahkan dalam syariat Islam pastilah ada kebaikan dan keutamaan padanya. Diantara keutamaan bersalaman adalah menghapus dosa kedua orang yang mengamalkannya.

Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam telah menjelaskan hal ini dalam sabda beliau berikut ini :  

Pertama : Dari Al Bara’ bin ‘Azib radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

مَا مِنْ مُسْلِمَيْنِ يَلْتَقِيَانِ فَيَتَصَافَحَانِ إِلاَّ غُفِرَ لَهُمَا قَبْلَ أَنْ يَفْتَرِقَا

Tidaklah dua muslim itu bertemu lalu berjabat tangan melainkan akan diampuni dosa di antara keduanya sebelum berpisah. (H.R Abu Daud, Ibnu Majah, at Tirmidzi, dishahihkan oleh Syaikh al Albani).

Kedua : Dari Hudzaifah radhiyallahu ‘anhu, ia bekata : Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

إِنَّ الْمُؤْمِنَ إِذَا لَقِيَ الْمُؤْمِنَ فَسَلَّمَ عَلَيْهِ وَ أَخَذَ بِيَدِهِ فَصَافَحَهُ تَنَاثَرَتْ خَطَايَاهُمَا كَمَا يَتَنَاثَرُ وَرَقُ الشَّجَرِ

Sesungguhnya mukmin yang bertemu dengan mukmin lalu mengucapkan salam dan memegang tangan lalu berjabat tangan, maka dosanya terhapus seperti gugurnya daun pohon. (H.R ath Thabrani, dishahihkan oleh Syaikh al Albani).

Syaikh Mubarakfuri berkata : Didalam hadits ini terdapat dalil akan sunnahnya berjabat tangan ketika bertemu. (Tuhfatul Ahwadzi).

Saudaraku, sungguh sangatlah baik jika ketika bersalaman dilengkapi pula dengan SENYUMAN  sebagai tanda kesungguhan hati untuk menjalin persaudaraan sesama muslim. Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam menjelaskan keutamaan memberi senyum yaitu sebagaimana hadits berikut ini :

Dari Abu Dzar radhiyallahu ‘anhu, dia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

تَبَسُّمُكَ فِى وَجْهِ أَخِيكَ لَكَ صَدَقَةٌ

Senyummu di hadapan saudaramu (sesama muslim) adalah (bernilai) sedekah bagimu. (H.R at Timidzi dan Ibnu Hibban)

Hadits yang agung ini menunjukkan keutamaan tersenyum dan menampakkan muka manis di hadapan saudara sesama muslim.  Dan juga hadits ini semakna pula  dengan sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam hadits riwayat Imam Muslim : “Janganlah sekali-kali engkau menganggap remeh suatu perbuatan baik, meskipun (perbuatan baik itu) dengan engkau menjumpai saudaramu (sesama muslim) dengan wajah yang ceria”. (H.R Imam Muslim).

Terkadang kita melihat sebagian orang ketika bersalaman dengan saudaranya SEKENANYA SAJA seperti tak ada perhatian. Pada hal ada kebaikan disitu apalagi kalau dilengkapi pula dengan memberi senyum.

Ketika seseorang bersalaman dengan saudaranya dan melengkapinya dengan senyum maka akan berasa lebih berkesan. Dan juga dalam hal ini dia telah mengamalkan dua hadits Nabi Salallahu ‘alaihi Wasallam sekali gus yaitu : (1) BERSALAMAN, DAN  (2) MEMBERI SENYUM.

Ketahuilah bahwa bersalaman dan memberi senyum adalah perbuatan yang mudah untuk dilakukan bahkan TANPA PERLU MENGELUARKAN TENAGA DAN BIAYA. Oleh karenanya setiap hamba janganlah mengabaikan perbuatan baik ini disetiap waktu dan kesempatan.

Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam. (1.789).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar