Selasa, 05 September 2017

SIFAT MANUSIA TERBAIK ITU APA SAJA



SIFAT MANUSIA TERBAIK ITU APA SAJA

Oleh : Azwir B. Chaniago

Kalau kita perhatikan, para pencinta dunia terus menerus  berusaha menjadi manusia terbaik dengan mengejar dan mengumpulkan harta dunia beserta perhiasannya. Mereka juga mengejar dan berebut untuk mendapat pangkat dan jabatan. Bahkan mereka berusaha keras untuk mengejar dan mengumpulkan berbagai gelar keduniaan yang dianggap mentereng. 

Sementara itu, orang orang beriman, pencinta akhirat, juga berlomba untuk menjadi manusia terbaik, terutama  terbaik di sisi Allah Ta’ala dalam rangka mendekatkan diri kepada-Nya. Mereka ingin mendapat nilai yang baik  dalam aqidah,ibadah,  akhlak dan muamalah.  Allah berfirman : “Fastabiqul khairaat”. Maka berlomba lombalah (dalam melakukan) kebaikan. (Q.S al Baqarah 148). 

Lalu apakah sifat sifat yang harus dimiliki oleh orang orang beriman yang ingin menjadi manusia terbaik. Beberapa diantaranya adalah :

Pertama : Belajar dan mengajarkan al Qur an.
Sungguh, belajar dan mengajarkan al Qur an akan mengangkat manusia menjadi manusia terbaik yaitu dengan mempelajari dan mengajarkannya. 

Dari Usman bin Affan Rasulullah bersabda : “Khairukum man ta’allamal qur-ana wa ‘allamahu”. Sebaik baik kalian adalah yang belajar al Qur an dan mengajarkannya (H.R Imam Bukhari).

Tentang hadits ini, Imam Ibnu Hajar Ashqalani  berkata : Tidak diragukan lagi bahwa orang yang bisa menggabungkan antara belajar dan mempelajari al Qur an adalah orang yang sempurna bagi dirinya dan bagi orang lain, yaitu orang yang mampu mengumpulkan yang manfaat  yang sedikit dan yang banyak.

Kedua : Yang paling takwa dan paling banyak ilmunya tentang al Qur an.
Diantara sifat manusia terbaik adalah juga yang paling bertakwa dan juga paling banyak ilmu al Qur annya. Rasulullah bersabda : “Manusia terbaik adalah yang paling banyak bacaan dan ilmu Qur’annya, paling bertaqwa dan paling suka beramar ma’ruf nahi munkar serta paling rajin menyambung silaturahim.” (H.R Imam  Ahmad).

Bahkan Allah Ta’ala menyebutkan bahwa orang yang paling takwa adalah orang paling mulia di sisi Allah Ta’ala, yaitu sebagaimana disebutkan dalam firman-Nya : “Inna akramakum ‘indallahi atqaakum” Sesungguhnya yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling bertakwa. (Q.S al Hujurat 13).

Ketiga : Panjang umurnya dan baik amalnya.
Diantara sifat manusia yang paling baik  adalah jika umurnya panjang dan amalnya semakin baik. Karena umur panjang yang dianugerahkan Allah adalah merupakan nikmat yang  besar baginya lalu dimanfaatkan agar bisa menjadi manusia terbaik yaitu panjang umurnya dan baik amalnya. Sungguh, keinginan seorang mukmin yang terbesar di dunia ini adalah bisa mengisi hidupnya dengan  beramal shalih sehingga mendapatkan kedudukan yang tinggi disisi Allah Ta’ala.

Rasulullah bersabda : “Khairunnaasi man thaala ‘umuruhu wa hasuna ‘amaluhu, wa syarrunnaasi man thaala ‘umuruhu wa saa-a ‘amaluhu”  Sebaik baik manusia adalah siapa yang panjang umurnya dan baik amalnya, dan seburuk buruk manusia adalah siapa yang panjang umurnya dan buruk amalnya. (H.R Imam Ahmad, at Tirmidzi dan al Hakim. Dishahihkan oleh Syaikh al Albani)

Keempat : Pemilik akhlak mulia.
Ketahuilah bahwa  seorang hamba yang berakhlak mulia adalah termasuk orang yang paling baik. Rasulullah bersabda : “Inna min khiyaarikum ahaasinakum akhlaqan”. Orang yang paling baik di antara kalian adalah yang paling baik akhlaknya. (H.R Imam Bukhari dan Imam Muslim).

Oleh karena itu perkara akhlak tidak boleh diabaikan sedikitpun, sebab akhlak bukan hanya berkaitan dengan etika pergaulan tapi ada satu hal penting yaitu adanya keterkaitan akhlak dengan kesempurnaan iman. Rasulullah bersabda : “Akmalul mu’mini iimaanan ahsanuhum akhlaqaa”. Orang mukmin yang paling sempurna imannya adalah yang paling baik akhlaknya. (H.R  Imam Ahmad, Abu Dawud dan at Tirmidzi). 
                                                                                                           
Kelima : Bermanfaat dan kebaikannya diharapkan manusia.                                     
Ketahuilah bahwa salah satu sifat manusia terbaik adalah  seseorang yang bermanfaat bagi orang lain bahkan kebaikannya diharapkan orang banyak.             Rasulullah Salallahu ‘alaihi wasallam  bersabda : “Khairunnas anfa’uhum linnas”. Sebaik-baik manusia diantaramu adalah yang paling banyak manfaat bagi orang lain. (H.R Imam Bukhari dan Imam Muslim).                                                                     
.
Rasulullah bersabda : “Sebaik-baik  kalian adalah yang kebaikannya selalu diharapkan dan orang merasa aman dari keburukannya, sedang seburuk-buruk orang diantara kalian adalah yang kebaikannya tidak pernah diharapkan, dan orang-orang tidak merasa aman dari keburukannya.” (H.R at Tirmidzi dan Imam                                Ahmad, dishahihkan oleh Syaikh al Albani).

 Itulah sebagian sifat sifat manusia terbaik. Semoga Allah Ta’ala membimbing kita untuk mendapatkan dan memelihara sifat sifat ini dalam diri kita. Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam. (1.114)
                                                                    
 






Tidak ada komentar:

Posting Komentar