Kamis, 01 September 2022

BISA DAPAT NILAI PAHALA SEPERTI SHALAT SEMALAM PENUH

 

BISA DAPAT NILAI PAHALA SEPERTI SHALAT SEMALAM PENUH

Disusun oleh : Azwir B.Chaniago

Nampaknya hampir tidak ada diantara kita, pada zaman ini yang mampu untuk melaksanakan shalat semalam penuh apalagi terus menerus. Kalaupun ada yang mau dan mungkin pula mampu maka itu termasuk berlebih lebihan atau ghuluw, memberat beratkan diri  dan dilarang dalam syariat Islam. Rasulullah Salallahu 'alaihi Wasalam bersabda :

هَلَكَ الْمُتَنَطِّعُونَ -قَالَهَا ثَلاَثًا

Binasalah orang-orang yang memberat beratkan diri.  Beliau mengulanginya tiga kali. (H.R Imam Muslim).

Ketahuilah, ada satu riwayat tentang tiga orang laki laki yang ingin mengetahui kegiatan ibadah Nabi di rumah. Mereka tidak bertemu dengan Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, lantas mereka bertanya kepada Aisyah  tentang ibadah beliau.

Setelah diberitahukan, mereka merasa ibadah beliau  itu hanya sedikit. Mereka berkata : Dimanakah kedudukan kami dibanding dengan Nabi ?. Padahal telah diampuni dosa-dosa beliau yang lalu maupun yang akan datang.  

Maka salah seorang dari mereka berkata : AKU AKAN SHALAT MALAM TERUS MENERUS DAN TIDAK AKAN TIDUR.

Yang lain berkata : Aku akan puasa terus menerus tanpa berbuka.

Dan yang lain berkata : Aku tidak akan menikah selama-lamanya.

Lalu Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam mendatangi mereka seraya mengatakan :
  

أَنْتُمُ الَّذِيْنَ قُلْتُمْ كَذَا وَكَذَا ؟ أَمَا وَاللهِ إِنِّيْ لَأَخْشَاكُمْ لِلهِ وَأَتْقَاكُمْ لَهُ، لَكِنِّيْ أَصُوْمُ وَأُفْطِرُ، وَأُصَلِّي وَأَرْقُدُ، وَأَتَزَوَّجُ النِّسَاءَ، فَمَنْ رَغِبَ عَنْ سُنَّتِيْ فَلَيْسَ مِنِّيْ

Kaliankah yang mengatakan begini dan begini ?. Adapun diriku, demi Allah Azza wa Jalla , aku adalah orang yang paling takut dan paling takwa.  kepada-Nya, tetapi aku berpuasa aku juga berbuka, aku shalat dan aku juga tidur serta aku menikahi wanita! Barangsiapa membenci sunnahku maka ia bukan termasuk golonganku.  (Matafaqun ‘alaihi).

Namun demikian ketahuilah bahwa dengan kasih sayang-Nya, kepada ummat Muhammad, Allah Ta'ala   memberikan nilai pahala bagi seorang hamba seperti  dia shalat semalam penuh. Rasulullah Salallahu 'alaihi Wasallam bersabda :

 مَنْ صَلَّى العِشَاءَ فِي جَمَاعَةٍ ، فَكَأنَّمَا قَامَ نِصْفَ اللَّيْلِ ، وَمَنْ صَلَّى الصُّبْحَ في جَمَاعَةٍ ، فَكَأنَّمَا صَلَّى اللَّيْلَ كُلَّهُ

Barang siapa yang shalat Isya BERJAMAAH maka seakan akan ia shalat separuh malam. Dan barangsiapa yang shalat shubuh BERJAMAAH, maka seakan akan DIA SHALAT SEPANJANG MALAM. (H.R Imam Muslim, dari Usman bin Affan).

Semoga hadits ini membuka hati kita dan memotivasi kita untuk senantiasa berusaha keras melaksanakan shalat berjamaah di masjid bersama Imam.

Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua.   Wallahu A’lam. (2.728).

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar