Selasa, 06 September 2022

ALLAH DAN RASUL-NYA MENGAJARKAN DOA MEMOHON AMPUN

 

ALLAH DAN RASUL-NYA MENGAJARKAN DOA MEMOHON AMPUN

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Sungguh, berdoa memohon ampun adalah satu kewajiban yang tak boleh dilalaikan sedikitpun oleh setiap hamba Allah. Memohon ampun haruslah dilakukan setiap waktu dan keadaan. Tetapi memang ada waktu waktu yang doa memohon ampun lebih mudah diijabah diantaranya pada sepertiga malam terakhir.

Rasulullah Salallahu Salallahu 'alaihi Wasallam menjelaskan hal ini dalam sabda beliau :

 يَنْزِلُ رَبُّنَا تَبَارَكَ وَتَعَالَى كُلَّ لَيْلَةٍ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا حِينَ يَبْقَى ثُلُثُ اللَّيْلِ الآخِرُ يَقُولُ: مَنْ يَدْعُونِي، فَأَسْتَجِيبَ لَهُ مَنْ يَسْأَلُنِي فَأُعْطِيَهُ، مَنْ يَسْتَغْفِرُنِي فَأَغْفِرَ لَهُ

Rabb kita yang Mahaagung dan Mahatinggi turun setiap malam ke langit dunia ketika telah tersisa sepertiga malam terakhir, Dia berfirman : Siapakah yang berdoa kepada-Ku, maka Aku akan mengabulkannya, Siapa yang meminta kepada-Ku, maka Aku akan memberikannya. SIAPA YANG MEMOHON AMPUN KEPADA-KU maka akan Aku ampuni. (H.R Imam Bukhari dan Imam Muslim, dari Abu Hurairah). 

Terkadang datang pertanyaan doa seperti apa yang dianjurkan untuk  dibaca ketika memohon ampun kepada Allah Ta'ala. Doa doa memohon ampun boleh dilakukan dalam bahasa apa saja dengan kalimat apa saja asal mengandung makna yang  jelas tentang PERMOHONAN AMPUN seorang hamba kepada Rabb-nya.

Namun demikian SANGATLAH BAIK dengan membaca doa doa yang diajarkan oleh Allah Ta'ala dan Rasulullah Salallahu 'alaihi Wasallam. Doa doa ini sangatlah banyak  jumlahnya sebagaimana tercantum dalam al Qur an kitab kitab hadits. Beberapa diantaranya adalah :

Pertama : Doa doa memohon ampun dari al Qur an.

(1) Dalam surat al A'raf  ayat 23

رَبَّنَا ظَلَمْنَآ أَنفُسَنَا وَإِن لَّمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُونَنَّ مِنَ ٱلْخَٰسِرِينَ

Ya Rabb kami, kami telah menzhalimi diri kami sendiri. Jika engkau TIDAK MENGAMPUNI KAMI dan memberi rahmat kepada kami niscaya kami menjadi orang yang merugi.

(2) Dalam surat Huud ayat 47.

رَبِّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ أَنْ أَسْأَلَكَ مَا لَيْسَ لِي بِهِ عِلْمٌ ۖ وَإِلَّا تَغْفِرْ لِي وَتَرْحَمْنِي أَكُنْ مِنَ الْخَاسِرِينَ

Ya Rabb-ku, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu untuk memohon kepada-Mu sesuatu yang aku tidak mengetahui  (hakikatnya). JIKA ENGKAU TIDAK MENGAMPUNI AKU dan (tidak)  menaruh kasihan kepadaku niscaya aku termasuk orang yang rugi.

(3) Dalam surat al Hasyr ayat 10.

رَبَّنَا ٱغْفِرْ لَنَا وَلِإِخْوَٰنِنَا ٱلَّذِينَ سَبَقُونَا بِٱلْإِيمَٰنِ وَلَا تَجْعَلْ فِى قُلُوبِنَا غِلًّا لِّلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ رَبَّنَآ إِنَّكَ رَءُوفٌ رَّحِيمٌ

Ya Rabb kami, AMPUNILAH KAMI dan saudara saudara kami yang telah beriman lebih dahulu dari kami dan janganlah Engkau tanamkan kedengkian dalam hati kami terhadap orang orang yang beriman. Ya Rabb kami, sungguh Engkau Maha Penyantun, Maha Penyayang.   

Kedua : Doa doa mohon ampun dari as Sunnah.

(1) Doa yang diajarkan Nabi kepada Abubakar ash Shiddiq.

اللَّهُمَّ إِنِّى ظَلَمْتُ نَفْسِى ظُلْمًا كَثِيرًا وَلاَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلاَّ أَنْتَ فَاغْفِرْ لِى مَغْفِرَةً مِنْ عِنْدِكَ وَارْحَمْنِى إِنَّكَ أَنْتَ الْغَفُورُ الرَّحِيمُ.  

Ya Allah, sungguh aku telah mendzalimi diriku dengan banyak kedzaliman dan tidak ada yang dapat mengampuni dosa-dosa kecuali Engkau. Maka ampunilah aku dengan  pengampunan dari sisi-Mu dan rahmatilah aku. Sesungguhnya Engkau Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (H.R Imam Bukhari dan Imam Muslim).

(2) Riwayat Imam Bukhari  dalam Adabul Mufrad, dan yang lainnya.

رَبِّ اغْفِرْ لِيْ وَتُبْ عَلَىَّ، إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيْمُ

Ya Rabb-ku, ampunilah dosa-dosaku dan terimalah taubat dariku. Sesungguhnya Engkau Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang

(3) Riwayatkan oleh Abu Dawud, at Tirmidzi dan al Hakim.

أَسْتَغْفِرُ اللَّهَ الْعَظِيْمَ الَّذِيْ لاَ إِلَـٰهَ إِلاَّ هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّوْمُ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ

Aku memohon ampun kepada Allah Yang Maha Agung, tidak ada sesembahan yang berhak disembah kecuali Dia, Yang Hidup dan terus-menerus mengurus makhluk-Nya, dan aku bertaubat kepada-Nya.

(4) Riwayat Imam Bukhari dan Imam Muslim.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa membaca doa :

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِى خَطِيئَتِى وَجَهْلِى وَإِسْرَافِى فِى أَمْرِى وَمَا أَنْتَ أَعْلَمُ بِهِ مِنِّى اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِى جِدِّى وَهَزْلِى وَخَطَئِى وَعَمْدِى وَكُلُّ ذَلِكَ عِنْدِى

 Ya Allah, ampunilah kesalahanku, kejahilanku, sikapku yang melampaui batas dalam urusanku dan segala hal yang Engkau lebih mengetahui hal itu dari diriku. Ya Allah, ampunilah aku, kesalahan yang kuperbuat tatkala serius maupun saat bercanda dan ampunilah pula kesalahanku saat aku tidak sengaja maupn sengaja, ampunilah segala kesalahan yang aku lakukan. (H.R Imam Bukhari dan Imam Muslim).

(5) Riwayat Imam Bukhari dan juga yang selainnya.

Ketahuilah bahwa satu doa memohon ampun yang betul betul sangat baik untuk diamalkan adalah yang disebut dengan SAIYIDUL ISTIGHFAR dan memiliki keutamaan yang besar. Dari Syaddad bin Aus, bahwa Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam bersabda (mengajarkan dzikir saiyidul istighfar) :

اَللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ، لاَ إِلَـٰهَ إِلاَّ أَنْتَ، خَلَقْتَنِيْ، وَأَنَا عَبْدُكَ، وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ، أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ، وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ، فَاغْفِرْ لِيْ، فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلاَّ أَنْتَ

Allaahumma anta rabbii, laa ilaaha illaa anta, khalaqtanii, wa anaa 'abduka, wa anaa 'alaa 'ahdika wa wa'dika mas-tatha'tu, a'uudzu bika min syarri maa shana'tu, abuu-u laka bini'matika 'alayya, wa abuu-u bidzanbii, faghfir lii, fa-innahu laa yagh-firudz-dzunuuba illaa anta.

Ya Allah, Engkau adalah Rabb-ku, tidak ada sesembahan yang berhak disembah kecuali Engkau, Engkaulah yang menciptakan aku. Aku adalah hamba-Mu. Aku akan setia pada perjanjianku dengan-Mu semampuku. Aku berlindung kepada-Mu dari kejelekan yang kuperbuat. Aku mengakui nikmat-Mu kepadaku dan aku mengakui dosaku, oleh karena itu, ampunilah aku. Sesungguhnya tiada yang mengampuni dosa kecuali Engkau

Kita bermohon kepada Allah Ta'ala untuk senantiasa mengamalkan doa doa ini. Dan juga kita bermohon kepada Allah Ta'ala  agar  mengabulkan semua doa doa kita. Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A'lam. (2.733).  

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar