Kamis, 24 September 2020

RASULULLAH MENJELASKAN TENTANG ORANG YANG IMANNYA MENAKJUBKAN

 

RASULULLAH MENJELASKAN TENTANG ORANG YANG IMANNYA MENAKJUBKAN

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Sangatlah beruntung orang orang yang DIANUGERAHI NIKMAT IMAN yaitu iman yang melahirkan amal shalih. Sungguh iman dan amal shalih akan mendatangkan kebaikan di dunia dan di akhirat. Allah Ta’ala telah menegaskan hal ini dalam firman-Nya :

مَنْ عَمِلَ صَالِحًا مِنْ ذَكَرٍ أَوْ أُنْثَىٰ وَهُوَ مُؤْمِنٌ فَلَنُحْيِيَنَّهُ حَيَاةً طَيِّبَةً ۖ وَلَنَجْزِيَنَّهُمْ أَجْرَهُمْ بِأَحْسَنِ مَا كَانُوا يَعْمَلُونَ

 

Barangsiapa yang mengerjakan amal shalih, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya akan Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan. (Q.S an Nahal 97).

Dan juga Allah Ta’ala akan memberikan surga bagi orang orang yang beriman dan beramal shalih, sebagaimana firman-Nya :

 

وَبَشِّرِ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ أَنَّ لَهُمْ جَنَّاتٍ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ ۖ

 

Dan sampaikanlah berita gembira kepada mereka yang beriman dan beramal shalih, bahwa bagi mereka disediakan surga-surga yang mengalir dibawahnya sungai-sungai. (Q.S al Baqarah 25)

 

Ketahuilah bahwa berbicara tentang iman, Rasulullah Salallahu 'alaihi Wasallam  menjelaskan, ternyata ada ORANG ORANG YANG IMANNYA MENAKJUBKAN. Beliau bersabda :

أيُّ الخَلْقِ أَعْجَبُ إيمانًا؟

Siapakah orang yang paling menakjubkan imannya ?. Sahabat menjawab : Para Malaikat. Beliau bersabda :

الملائكةُ كَيْفَ لا يُؤْمِنُونَ ؟!

Malaikat bagaimana mereka tidak akan beriman ?  Shahabat menjawab : Para Nabi. Beliau bersabda :

النبيُّونَ يُوحَى إليهِمْ فكيفَ لا يُؤْمِنُونَ ؟

Para Nabi mendapatkan wahyu, jadi bagaimana mungkin mereka tidak akan beriman ?  Shahabat menjawab : Para Shahabat Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam. Beliau bersabda :

الصَّحابَةُ مع الأنبياءِ فكيفَ لا يُؤْمِنُونَ ؟!

ولكن أعجب الناس إيمانا: قوم يجيئون من بعدكم فيجدون كتابا من الوحي; فيؤمنون به ويتبعونه, فهم أعجب الناس إيمانا - أو الخلق إيمانا.

Para shahabat bersama para nabi, jadi bagaimana mungkin mereka tidak akan beriman ?. Namun orang yang paling menakjubkan imannya adalah KAUM YANG DATANG SETELAH KALIAN, lalu mereka menjumpai sebuah kitab yang berasal dari wahyu, kemudian mereka mengimaninya dan mengikutinya. Jadi mereka adalah orang yang paling menakjubkan imannya. (Kitab Silsilah ash-Shahihah).

Bahwa dalam satu hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari disebutkan bahwa Nabi Shallallahu alaihi wasallam bersabda : “Berbahagialah orang yang pernah melihatku dan beriman kepadaku” (Nabi Shallallahu alaihi wasallam mengucapkan itu satu kali).

“Berbahagialah orang yang beriman kepadaku padahal tidak pernah melihatku.” (Nabi Shallallahu alaihi wasallam mengucapkan kalimat ini hingga tujuh kali).

Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam. (2.086)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar