Minggu, 27 September 2020

MANUSIA ZHALIM AKAN DIJAUHKAN DARI HIDAYAH

 

MANUSIA ZHALIM AKAN DIJAUHKAN DARI HIDAYAH

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Hamba hamba Allah hendaklah berhati hati dalam menjalani kehidupan bermasyarakat dan bergaul dengan orang banyak. Sungguh di zaman ini ada banyak orang yang bermudah mudah menzhalimi orang lain apalagi jika dia memiliki KEMAMPUAN UNTUK BERBUAT ZHALIM karena punya kedudukan, pangkat, jabatan, kekuasaan bahkan pendidikan dan kecerdasan.

Diantara contoh perbuatan zhalim terhadap manusia adalah sebagaimana disebutkan oleh Imam adz Dzahabi, yaitu : (1) Memakan harta dengan cara yang bathil. (2) Menzhalimi manusia dengan cara membunuh, melukai, memukul dan yang lainnya. (3) Menzhalimi manusia dengan celaan, laknat dan tuduhan dusta.

 

Sungguh Allah Ta’ala TIDAK SUKA kepada  orang zhalim. Allah Ta’ala berfirman :

وَأَمَّا الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ فَيُوَفِّيهِمْ أُجُورَهُمْ ۗ وَاللَّهُ لَا يُحِبُّ الظَّالِمِينَ

Dan adapun orang yang beriman dan beramal shalih maka Dia akan memberikan pahala kepada mereka dengan sempurna. Dan Allah tidak menyukai orang zhalim. (Q.S Ali Imran 57)

Dan orang zhalim mendapatkan laknat Allah. Allah Ta’ala berfirman :

أَنْ لَعْنَةُ اللَّهِ عَلَى الظَّالِمِينَ

Laknat Allah bagi orang orang zhalim. (Q.S al A’raf 44).

Ketahuilah bahwa kezhaliman yang diperbuat seseorang di dunia  akan mengurangi pahalanya atau menambah dosanya di akhirat sehingga dia menjadi bangkrut. Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam bersabda  :

 

مَنْ كَانَتْ عِنْدَهُ مَظْلَمَةٌ ِلأَخِيْهِ ؛ فَلْيَتَحَلَّلْ مِنْهَا ؛ فَإِنَّهُ لَيْسَ ثَمَّ دِيْنَارٌ وَلاَ دِرْهَمٌ مِنْ قَبْلِ أَنْ يُأْخَذَ ِلأَخِيْهِ مِنْ حَسَنَاتِهِ ، فَإِنْ لَـمْ يَكُنْ لَهُ  حَسَنَاتٌ أُخِذَ مِنْ سَيِّئَاتِ أَخِيْهِ ، فَطُرِحَتْ عَلَيْهِ

 

Barang siapa yang memiliki kezhaliman terhadap saudaranya maka hendaklah dia meminta kehalalan (maaf) kepadanya, karena kelak di akhirat tidak ada lagi dinar dan dirham, sebelum kebaikannya diambil untuk saudaranya (yang dia zhalimi), bila tidak memiliki kebaikan maka keburukan saudaranya (yang dia zhalimi) akan diberikan kepadanya (H.R Imam Bukhari, Imam Ahmad dan Ibnu Hibban).

 

Selain itu ketahuilah bahwa orang orang zhalim akan DIJAUHKAN DARI HIDAYAH Allah yaitu sebagaimana firman-Nya :

 

إِنَّ اللَّهَ لَا يَهْدِي الْقَوْمَ الظَّالِمِينَ

 

Sesungguhnya Allah tidak akan memberi petunjuk kepada orang orang yang zhalim.

 

Tentang ayat ini, Syaikh as Sa’di berkata : (Yaitu orang yang) tidak memiliki kemauan selain menzhalimi, BERLAKU SEWENANG WENANG dan berdusta atas nama Allah. (Tafsir Taisir Karimir Rahman)

 

Nah, ketika orang orang zhalim dijauhkan dari HIDAYAH ATAU PETUNJUK ALLAH TA’ALA maka sangat besarlah kerugian dan kesengsaraan mereka karena sungguh sebaik baik petunjuk yang dibutuhkan manusia adalah petunjuk dari Allah Ta’ala.

 

Sungguh hamba hamba Allah setiap saat memohon petunjuk-Nya ke jalan yang lurus sehingga bisa selamat dalam menjalani hidup ini di dunia dan di akhirat kelak. Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam. (2.088)     

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar