Selasa, 08 September 2020

MAKAN DAN MINUM BISA MENDATANGKAN PAHALA

 

MAKAN DAN MINUM BISA MENDATANGKAN PAHALA

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Makan dan minum hakikatnya adalah kebutuhan pokok manusia untuk bisa hidup. Manusia tak bisa bertahan hidup jika tak makan dan tak minum dalam waktu tertentu. Seorang ahli gizi pernah menjelaskan bahwa : Manusia bisa bertahan tanpa makan hingga tiga pekan. Namun tanpa minum hanya bisa bertahan empat sampai tujuh hari tergantung situasi misalnya keadaan suhu udara.

Nah, bagi orang orang beriman urusan makan dan minum BUKAN SEKEDAR kebutuhan dan untuk bertahan hidup. Ketahuilah bahwa makan dan minum bagi orang orang beriman adalah termasuk salah satu cara untuk mendapatkan kebaikan dan pahala dari Allah Ta’ala.

Ketahuilah bahwa makan dan minum dengan yang halal adalah untuk memenuhi perintah Allah Ta’ala yaitu sebagaimana firman-Nya :

فَكُلُوا مِمَّا رَزَقَكُمُ اللَّهُ حَلَالًا طَيِّبًا وَاشْكُرُوا نِعْمَتَ اللَّهِ إِنْ كُنْتُمْ إِيَّاهُ تَعْبُدُونَ

Maka makanlah yang halal lagi baik dari rizki yang telah diberikan Allah kepadamu. Dan syukurilah nikmat Allah, jika kamu hanya menyembah kepada-Nya. (Q.S an Nahal 114).

Selain itu juga hal penting yaitu menjaga  adab ketika makan dan minum serta memasang niat yang benar sehingga mendatangkan kebaikan. Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam bersabda :

إنَّمَا الأعمَال بالنِّيَّاتِ وإِنَّما لِكُلِّ امريءٍ ما نَوَى

Sesungguhnya setiap amalan tergantung pada niatnya. Setiap orang akan mendapatkan apa yang ia niatkan. (H.R Imam Bukhari dan Imam Muslim).

Nah, ketika makan dan minum dibarengi dengan niat untuk :

(1)  Memenuhi perintah Allah Ta’ala dan

(2) Memasang niat agar kuat mencari mencari ilmu yang bermanfaat, kuat mencari rizki yang halal serta kuat dalam beribadah seperti berjalan ke masjid untuk shalat, kuat untuk shalat malam untuk bermunajat kepada Allah dan bisa kuat pula mengunjungi saudara untuk mempererat silaturahim, dan

(3) Juga dengan memenuhi adab makan dan minum diantaranya adalah dengan tidak berdiri, menggunakan tangan kanan.  Membaca basmalah ketika mulai makan serta memuji Allah Ta’ala setelah selesai.

Sungguh semuanya ini ada kebaikannya dan mendatangkan pahala di sisi Allah.   
Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam. (2.076)

 

  

 

 

   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar