Sabtu, 26 September 2020

ALLAH TA'ALA MENOLONG HAMBA YANG MENOLONG AGAMA-NYA

 

ALLAH TA’ALA  MENOLONG HAMBA YANG MENOLONG AGAMA-NYA

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Hamba hamba Allah setiap saat SANGAT MEMBUTUHKAN pertolongan dan karunia Allah Ta’ala agar bisa menjalani kehidupan ini dengan selamat. Selamat di dunia dan di akhirat.

Ketahuilah bahwa CARA PALING UTAMA untuk mendapatkan pertolongan adalah dengan menolong agama-Nya.  Sungguh  Allah Ta’ala telah berjanji untuk menolong  hamba-Nya yang menolong agama Allah yaitu sebagaimana disebutkan dalam firman-Nya : 

وَلَيَنْصُرَنَّ اللَّهُ مَنْ يَنْصُرُهُ ۗ إِنَّ اللَّهَ لَقَوِيٌّ عَزِيزٌ

Sesungguhnya Allah PASTI MENOLONG orang yang menolong (agama)-Nya. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha kuat lagi Maha perkasa. (Q.S  al Hajj  40).

Syaikh as Sa’di berkata : “Sesungguhnya Allah pasti menolong orang yang menolong (agama) Nya)”, yaitu orang yang melakukan pembelaan terhadap agamanya dengan ikhlas kepada-Nya dalam melaksanakannya. Berjuang di jalan-Nya agar kalimatullah-lah yang paling tinggi.

Sesungguhnya tumpuan kalian yang kuat lagi perkasa dan tempat bergantung kalian ialah Dzat yang menciptakan kalian dan menciptakan apa yang telah kalian kerjakan. Maka tempuhlah langkah langkah yang diperintahkann-Nya untuk dilakukan. Kemudian mintalah kemenangan dari-Nya. Sudah mesti Dia akan menolong kalian. (Tafsir Taisir Karimir Rahman).

Ketahuilah bahwa Allah Ta’ala telah memerintahkan orang orang beriman untuk menjadi penolong-Nya yaitu sebagimana firman-Nya :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُونُوا أَنْصَارَ اللَّهِ

Wahai orang orang yang beriman jadilah kamu penolong Allah. (Q.S ash Shaf 14).

Apa makna penolong Allah ? Apakah Allah butuh pertolongan hamba-Nya. Bukankah Allah Mahakuasa. Tentang hal ini, Syaikh as Sa’di antara lain menjelaskan bahwa jadilah kamu penolong bagi (AGAMA) Allah  yaitu dengan perkataan dan perbuatan dengan gigih menegakkan agama Allah.

Termasuk menolong agama Allah adalah mempelajari kitab Allah dan Sunnah Rasul-Nya serta mengajarkannya, mendorong orang lain untuk   mempelajarinya serta mengajarkannya serta menyuruh kepada kebaikan dan mencegah kemungkaran. (Tafsir Karimir Rahman).

Oleh karena itu hamba hamba Allah haruslah bersemangat untuk menolong agama Allah, diantaranya adalah melakukan pembelaan terhadap agama-Nya dengan ikhlas dalam melaksanakannya. Dengan demikian maka Allah Ta’ala akan menurunkan pertolongan-Nya.

Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam. (2.087)    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar