Sabtu, 16 Maret 2024

PERBANYAK BERDOA UNTUK KEDUA ORANG TUA

 

PERBANYAK BERDOA UNTUK KEDUA ORANG TUA

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Ketahuilah, sungguh sangatlah banyak keutamaan yang diperoleh seorang anak jika berbuat baik atau berbakti kepada kedua orang tuanya, diantaranya :

(1) Sungguh keutamaan paling terdepan berbuat baik kepada orang tua adalah untuk MEMENUHI PERINTAH  Allah Ta’ala dalam banyak firman-Nya, diantaranya adalah :

وَقَضَىٰ رَبُّكَ أَلَّا تَعۡبُدُوۤا۟ إِلَّاۤ إِیَّاهُ وَبِٱلۡوَ ٰلِدَیۡنِ إِحۡسَـٰنًاۚ

Dan Rabb-mu telah memerintahkan agar kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah BERBUAT BAIK KEPADA IBU BAPAK. (Q.S al Isra’ 23).

(2)  Bahwa berbakti kepada kedua orang tua adalah amal yang paling utama. Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam bersabda  ketika menjawab pertanyaan Ibnu Mas’ud :

سَأَلْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَيُّ الْعَمَلِ أَفْضَلُ؟ قَالَ : اَلصَّلاَةُ عَلَى وَقْتِهَا قَالَ : قُلْتُ ثُمَّ أَيُّ؟ قَالَ : بِرُّ الْوَالِدَيْنِ قَالَ : قُلْتُ : ثُمَّ أَيُّ؟ قَالَ : اَلْجِهَادُ فِي سَبِيلِ اللَّهِ 

Aku bertanya kepada Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam tentang amal-amal yang paling utama dan dicintai Allah ? Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab :  Shalat pada waktunya (dalam riwayat lain disebutkan shalat di awal waktunya), BERBAKTI KEPADA KEDUA ORANG TUA.   Jihad di jalan Allah. (H.R Imam Bukhari dan Imam Muslim).

Sungguh, semua anak memahami bahwa sangatlah banyak jalan dan cara untuk berbuat baik atau berbakti kepada orang tua. Satu diantaranya adalah PERBANYAK DAN TERUS MENERUS MENDOAKAN KEDUA ORANG TUA. Rasulullah salallahu ‘alaihi wasallam bersabda : 

إِذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثَةٍ مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ وَعِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ وَوَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

 

Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara (yaitu): sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan dan  DOA ANAK YANG SHALIH. (H.R Imam Muslim)

Diantara lafaz doa yang baik dan dianjrkan  untuk kedua orang tua adalah :

اَللّٰهُمَّ اغْفِرْلِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَاكَمَارَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا

Wahai Rabb-ku, ampunilah aku dan kedua orang tuaku dan sayangilah mereka sebagaimana mereka telah menyayangi aku diwaktu aku kecil.

Ketahuilah jika seseorang medoakan orang tuanya lima  atau sepuluh kali sekali sehari nampaknya terlalu sedikit karena bukankah orang tua merawat kita di waktu kecil 24 jam sehari semalam. Oleh karena itu dianjurkan BAYAK BANYAK BERDOA untuk orang tua baik ketika orang tua masih hidup maupun sudah wafat. Diantara lafaz doa yang baik untuk kedua orang tua adalah :

اَللّٰهُمَّ اغْفِرْلِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَاكَمَارَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا

Wahai Rabb-ku, ampunilah aku dan kedua orang tuaku dan sayangilah mereka sebagaimana mereka telah menyayangi aku diwaktu aku kecil.

Wallahu A'lam. (3.259)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar