Rabu, 27 Maret 2024

HAMBA ALLAH BAYAK MEMOHON AMPUN DI WAKTU SAHUR

 

HAMBA ALLAH BAYAK MEMOHON AMPUN DI WAKTU SAHUR

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Sungguh, salah satu kewajiban utama seorang hamba kepada Rabb-nya adalah banyak memohon ampun. Kenapa ?, karena kita sebagai hamba hamba Allah sering berbuat  berbuat dosa dan maksiat. Allah Ta'ala menjelaskan perkara ini  dalam satu hadits qudsi :

يَا عِبَادِى إِنَّكُمْ تُخْطِئُونَ بِاللَّيْلِ وَالنَّهَارِ 

Wahai para hamba-Ku, sesungguhnya kalian berbuat dosa di malam dan siang hari. (H.R Imam Muslim).

Oleh karena itu, kita hamba hamba Allah haruslah banyak memohon ampun kepada-Nya disetiap waktu. Namun demikian ada waktu waktu yang sangat baik dan utama untuk memohon ampun kepada Allah Ta'ala. Diantaranya adalah MEMOHON DI WAKTU SAHUR atau sepertiga malam terakhir. Rasulullah Salallahu 'alaihi Wasallam bersabda  :

يَنْزِلُ رَبُّنَا تَبَارَكَ وَتَعَالَى كُلَّ لَيْلَةٍ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا حِينَ يَبْقَى ثُلُثُ اللَّيْلِ الآخِرُ فَيَقُولُ مَنْ يَدْعُونِى فَأَسْتَجِيبَ لَهُ وَمَنْ يَسْأَلُنِى فَأُعْطِيَهُ وَمَنْ يَسْتَغْفِرُنِى فَأَغْفِرَ لَهُ

Rabb kita turun ke langit dunia pada setiap malam yaitu ketika sepertiga malam terakhir. Allah berfirman : Barangsiapa yang berdoa kepada-Ku, niscaya Aku kabulkan. Barangsiapa yang meminta kepada-Ku, niscaya Aku penuhi. Dan barangsiapa yang memohon ampun kepada-Ku, NISCAYA AKU AMPUNI. (H.R Imam  Bukhari dan Imam Muslim).

Al Imam Ibnu Hajar Ashqalani ketika menjelaskan hadits ini, berkata : Doa dan MEMOHON AMPUN di waktu sahur mudah dikabulkan Allah Ta'ala. (Fathul Bari).

Dan juga Allah Ta'ala berfirman :

وَالْمُسْتَغْفِرِينَ بِالْأَسْحَارِ

Dan orang-orang yang beristighar meminta ampunan di waktu sahur (QS. Ali Imran: 17)

Ibnu Katsir rahimahullah menjelaskan bahwa ayat ini menunjukkan keutamaan BAYAK MEMOHON AMPUN di waktu sahur (Tafsir al-Qur'an al 'Azhim).

Selain MEMOHON AMPUN DI WAKTU SAHUR sangatlah dianjurkan melengkapi waktu sahur dengan shalat malam atau shalat lail. Ketahulah bahwa  shalat lail adalah shalat yang paling utama setelah shalat fardhu. Rasulullah Salallahu ‘alaihi Salam bersabda : 

وَأفْضَلُ الصَّلاَةِ بَعْدَ الفَرِيضَةِ : صَلاَةُ اللَّيْلِ

Dan shalat yang paling utama setelah shalat yang fardhu adalah shalat ditengah malam. (H.R Imam Muslim dari Abu Hurairah).

Selain itu, ketahuilah bahwa Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam juga menjelaskan dalam sabda beliau bahwa shalat malam adalah KEBIASAAN ORANG ORANG SHALIH :  

  عَلَيٌكُمٌ بِقِيَامِ اللَّيٌلِ فَإِنَهُ  دَأَبُ الصَّالِحِيٌنَ قَبٌلِكُمٌ ، وَهُوَ قُرٌبَةٌ اِلَى رَبِّكُم ٌ ، ومُكَفِّرَةٌ لِلسَّيِّءَاتِ، مَنٌهَةٌ عَنٌ الإِثٌمِ

Hendaklah kalian melakukan shalat malam karena ia adalah kebiasaan orang orang shalih sebelum kalian, ia sebagai amal mendekatkan diri bagi kalian kepada Allah, penghapus kesalahan kesalahan dan menjauhkan dosa. (H.R  at Tirmidzi,  al Baihaqi dan al Hakim)

Wallahu A'lam. (3.267)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar