Selasa, 26 Maret 2024

KEMAMPUAN MEMBACA AL QUR AN ADALAH NIKMAT YANG BESAR

 

KEMAMPUAN MEMBACA AL QUR AN ADALAH NIKMAT YANG BESAR

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

 Sungguh, bergembiralah hamba hmaba Allah yang diberi-Nya satu NIKMAT SANGAT BESAR KEMAMPUAN MEMBACA AL QUR AN  berbahasa Arab. Allah Ta'ala  menurunkan al Qur an dalam Bahasa Arab, sebagaimana firman-Nya :

إِنَّآ أَنزَلْنَٰهُ قُرْءَٰنًا عَرَبِيًّا لَّعَلَّكُمْ تَعْقِلُونَ

Sesungguhnya Kami menurunkan berupa al Qur an berbahasa Arab, agar kamu mengerti. (Q.S Yusuf 2).

Ketahuilah bahwa Allah Ta'ala memberi hidayah kepada siapa yang dikehendaki-Nya untuk belajar membaca al Qur an dari nol yaitu dari huruf hijaiyah. Mulai dari huruf alif, ba, ta dan seterusnya. Akhirnya berkat pertolongan Allah Ta'ala dengan melalui usaha yang sungguh sungguh dapatlah NIKMAT YANG SANGAT BESAR yaitu bisa membaca al Qur an dengan baik bahkan sangat baik. Makharijul huruf sempurna dan tajwidnya juga bagus.

Saudaraku, penyusun tulisan ini mohon izin sekali lagi untuk mengingatkan bahwa kemampuan seorang hamba membaca al Qur an dengan baik dan lancar ataupun masih terbata bata adalah NIKMAT YANG SANGAT BESAR yang dianugerahkan-Nya kepada hamba hamba yang dikehendaki-Nya.

Berbicara tentang nikmat ketahuilah bahwa SIFAT PALING UTAMA DARI SATU NIKMAT, besar ataupun kecil mestilah disyukuri termasuk syukur melalui perbuatan. Salah satu bentuk bersyukur dengan perbuatan terhadap nikmat kemampuan membaca al Qur an adalah dengan senantiasa membacanya, berusaha memahami maknanya, MENGAMALKANNYA.

Dan juga juga mengajarkannya. Sungguh orang yang belajar dan mengajarkan al Qur an adalah manusia terbaik. Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam bersabda :

خيركم من تعلم القرآن وعلمه 

Sebaik baik kalian adalah yang belajar al Qur an dan mengajarkannya (H.R Imam Bukhari, dari Utsman bin Affan).

Oleh karena itu hamba hamba Allah menjadi kewajiban kita   mensyukuri nikmat yang diberikan Allah Ta'ala atas anugerahnya DIBERI KEMAMPUAN UNTUK MEMBACA AL QUR AN meskipun bahasa ibu kita bukan Bahasa Arab.

Wallahu A'lam. (3.266)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar