Kamis, 21 Maret 2024

JANGAN JANGAN TAHUN INI ADALAH RAMADHAN TERAKHIR KITA

 

JANGAN JANGAN TAHUN INI ADALAH RAMADHAN TERAKHIR KITA

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Dengan kasih sayang-Nya Allah Ta'ala setiap tahun mendatangkan satu bulan yang penuh dengan kebaikan yang sangat banyak, diantaranya adalah :

Pertama : Bulan berkah, sebagaimana sabda Rasulullah Salallahu 'alaihi Wasallam :

قَدْ جَاءَكُمْ شَهْرُ رَمَضَانَ شَهْرٌ مُبَارَكٌ

Telah datang kepada kalian bulan yang penuh berkah…” (H.R Imam Ahmad).

Kedua : Bulan ampunan, sebagaimana sabda Rasulullah Salallahu 'alaihi Wasallam :

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Barangsiapa yang puasa Ramadhan karena iman dan mengharapkan pahala, akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu. (H.R Imam Bukhari  dan Imam Muslim, dari Abu Hurairah).

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Barangsiapa melakukan qiyam Ramadhan karena iman dan mencari pahala, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni. (HR. Bukhari no. 37 dan Muslim no. 759).

Ketiga : Ada satu malam yang lebih baik dari seribu bulan.

Sungguh di bulan Ramadhan ada kesempatan untuk mendapat ibadah satu malam bernilai ibadah seribu bulan.  Allah Ta'ala berfirman :  

وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ

لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ

Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu. Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan. (Q.S al Qadr 2-3). SUNGGUH MASIH SANGAT BANYAK KEUTAMAAN YANG ADA PADA BULAN RAMADHAN.

Selain tiga hal yang  disebutkan diatas SUNGGUH MASIH SANGAT BANYAK KEUTAMAAN YANG ADA PADA BULAN RAMADHAN. Jadi, SANGATLAH BERUNTUNG ORANG ORANG YANG DIPERTEMUKAN DENGAN BULAN RAMADHAN.

Nah, ketika mendapat kesempatan bertemu dengan Ramadhan maka hamba hamba Allah akan berusaha mengambil manfaat sebanyak banyaknya yaitu dengan MENGISI RAMADHAN DENGAN BERBAGAI AMAL SHALIH YANG DISYARIATKAN.

Kenapa ?, sungguh Ramadhan yang akan datang yaitu satu tahun lagi belum tentu kita dapatkan. KITA TIDAK TAHU JANGAN JANGAN JANGAN TAHUN INI ADALAH RAMADHAN TERAKHIR KITA karena kematian bisa datang kapan saja Allah Ta'ala berkehendak.  

Oleh karena itu hamba hamba Allah mestilah menjadi orang yang cerdas dan salah satu tanda orang cerdas adalah selalu MENGINGAT KEMATIAN. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda : 

أَفْضَلُ المُؤْمِنِينَ أَحْسَنُهُمْ خُلُقًا وَ أَكْيَسُهُمْ أَكْثَرُهُم لِلمَوتِ ذِكْرًا وَ أَحْسَنُهُم لَهُ اسْتِعْدَادًا أُولَئِكَ الأَكْيَاسُ

Orang mukmin yang paling utama adalah orang yang paling baik akhlaknya. Orang mukmin yang PALING CERDAS adalah orang yang paling banyak mengingat kematian dan paling bagus persiapannya untuk menghadapi kematian. Mereka semua adalah orang-orang cerdas. (H.R at Tirmidzi).

Ad Daqaq berkata : Barangsiapa yang banyak mengingat kematian, dia akan dimuliakan dengan tiga perkara, yaitu: (1) Bersegera dalam bertaubat, (2) Hati yang qanaah, (3) BERSEMANGAT UNTUK MELAKUKAN IBADAH. Barangsiapa yang lupa mengingat kematian, dia akan dihukum dengan tiga perkara, yaitu: (1) Menunda-nunda taubat, (2) Tidak ridha terhadap pemberian (takdir) Allah, (3) Malas beribadah. (At-Tadzkirah).

Wallahu A'lam. (3.264)

 

 



 

    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar