Minggu, 17 Maret 2024

MENGIKUTI JALAN PARA SAHABAT MENDATANGKAN RIDHA ALLAH

 

MENGIKUTI JALAN PARA SAHABAT MENDATANGKAN RIDHA ALLAH

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Sungguh para sahabat yang terdiri dari kaum Muhajirin dan kaum Anshar adalah GENERASI TERBAIK UMAT INI. Kebersamaan mereka bersama Nabi dan membela Islam adalah bukti keutamaan dan  tidak bisa ditandingi oleh generasi manapun. Rasulullah Salallahu 'alaihi Wasallam  bersabda :  

خَيْرُ النَّاسِ قَرْنِي ثُمَّ الَّذِيْنَ يَلُوْنَهُمْ ثُمَّ الَّذِيْنَ يَلُوْنَهُمْ

Sebaik baik manusia adalah pada masaku, kemudian orang yang setelahnya dan yang setelahnya. (H.R Imam Bukhari).

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah berkata : Hadits hadits yang semakna dengan ini sangat banyak bahkan mencapai derajat mutawatir yaitu dalam (1) Menerangkan keutamaan sahabat (2) Pujian kepada mereka (3) Keutamaan generasi mereka dibandingkan yang setelahnya. Orang yang mencela sahabat berarti mencela al Qur an dan as Sunnah (Lihat Majmu’ Fatawa)

Allah Ta'ala menjelaskan tentang keutamaan para sahabat yaitu Muhajirin dan Anshar diantaranya adalah orang orang yang mendapat ridha Allah sebagaimana firman-Nya :

وَٱلسَّٰبِقُونَ ٱلْأَوَّلُونَ مِنَ ٱلْمُهَٰجِرِينَ وَٱلْأَنصَارِ وَٱلَّذِينَ ٱتَّبَعُوهُم بِإِحْسَٰنٍ رَّضِىَ ٱللَّهُ عَنْهُمْ وَرَضُوا۟ عَنْهُ وَأَعَدَّ لَهُمْ جَنَّٰتٍ تَجْرِى تَحْتَهَا ٱلْأَنْهَٰرُ خَٰلِدِينَ فِيهَآ أَبَدًا ۚ ذَٰلِكَ ٱلْفَوْزُ ٱلْعَظِيمُ

Dan orang orang yang terdahulu lagi yang pertama tama (masuk Islam) di antara orang orang Muhajirin dan Anshar dan orang orang YANG MENGIKUTI MEREKA DENGAN BAIK, ALLAH RIDHA kepada mereka dan mereka pun ridha kepada Allah.

Allah menyediakan bagi mereka surga surga yang mengalir di bawahnya sungai sungai sungai sungai. Mereka kekal di dalamnya selama lamanya. Itulah kemenangan yang agung. (Q.S at Taubah 100).

Dalam Kitab Tafsir al Muyassar disebutkan : Dan orang-orang yang mendahului orang-orang sejak pertama menuju keimanan kepada Allah dan rasulNya dari kalangan muhajirin yang berhijrah meninggalkan kaum mereka dan kerabat mereka, dan mereka berpindah menuju negeri Islam. Dan kaum Anshar yang menolong Rasulullah atas musuh-musuhnya dari orang-orang kafir, dan orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik dalam keyakinan, ucapan-ucapan mereka dan perbuatan-perbuatan dalam rangka mencari keridhaan Allah.

Mereka itulah orang-orang yang Allah meridhai mereka karena ketaatan mereka kepada Allah dan Rasul-Nya, dan mereka ridha kepada Allah karena Dia melimpahkan pada mereka pahala atas ketaatan mereka dan keimanan mereka, dan menyiapkan bagi mereka surga-surga yang mengalir di bawah istana-istana dan pohon-pohonnya sungai-sungai, mereka kekal di dalamya selamanya. Itulah keberuntungan yang besar. (Kitab Tafsir dari Kementrian Agama Saudi Arabia)

Oleh karena itu hamba hamba Allah teruslah berusaha mengikuti cara cara beragama para sahabat. Semoga ridha Allah mendatangi kita semua.

Wallahu A'lam. (3.261)  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar