Senin, 15 Mei 2023

MANUSIA BERMUKA DUA DAPAT DUA LIDAH DARI API NERAKA

 

MANUSIA BERMUKA DUA DAPAT DUA LIDAH DARI API NERAKA

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Sikap bermuka dua sangat jelas tampak pada orang orang munafik  umumnya. Sungguh Allah Ta'ala menjelaskan tentang salah satu sikap munafik yaitu sebagaimana firman-Nya :

وَإِذَا لَقُوا الَّذِينَ آمَنُوا قَالُوا آمَنَّا وَإِذَا خَلَوْا إِلَىٰ شَيَاطِينِهِمْ قَالُوا إِنَّا مَعَكُمْ إِنَّمَا نَحْنُ مُسْتَهْزِئُونَ

Dan apabila mereka berjumpa dengan orang yang beriman mereka berkata : Kami telah beriman. Tetapi apabila mereka kembali kepada syaithan syaithan (para pemimpin) mereka, mereka berkata : Sesungguhnya kami bersama kamu, kami hanya berolok olok. (Q.S al Baqarah 14).

Manusia munafik dan yang selainnya, dengan sikap bermuka dua ini ada banyak berkeliaran di masyarakat kita dewasa ini. Pada umumnya mereka bermuka dua demi mengejar harta dan kesenangan dunia yang semu dan sangat sementara dan akhirnya mendapat kebinasaan

Ketahuilah bahwa diantara SIKAP BERMUKA DUA adalah sangat buruk yaitu sebagaimana dijelaskan Rasulullah Salallahu 'alaihi Wasallam dalam sabda beliau :  

 عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّهُ سَمِعَ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ إِنَّ شَرَّ النَّاسِ ذُو الْوَجْهَيْنِ الَّذِي يَأْتِي هَؤُلَاءِ بِوَجْهٍ وَهَؤُلَاءِ بِوَجْهٍ

Abu Hurairah mengatakan mendengar Salallahu 'alaihi Wasallam  bersabda : Seburuk buruk (sikap)  manusia adalah orang yang bermuka dua.  Dia datang menemui orang orang dengan satu muka dan datang menemui yang lain dengan satu muka yang lain. (H.R Imam Muslim).

Syaikh Dr. Muhammad Luqman as Salafi berkata : Bermuka dua adalah orang yang datang kepada suatu kelompok orang dengan membaa sesuatu yang menyenangkan mereka lalu memperlihatkan bahwa dia bagian dari mereka dan berseberangan dengan lawan mereka.

Syaikh memberikan penjelasan tentang kandungan hadits diatas yaitu : Di dalamnya terdapat PENGHARAMAN BERPURA DAN TIPU DAYA, yaitu orang yang mendatangi suatu kaum dengan satu muka dan mendatangi yang lain dengan muka yang lain pula. (Syarah al Adab al Mufrad).

Sungguh Rasulullah Salallahu 'alaihi Wasallam mengingatkan ancaman berupa adzab  yang berat bagi orang orang yang bermuka dua. Satu hadis dari ‘Ammar bin Yasir menyebutkan bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda :

مَنْ كان لهُ وجْهانِ في الدنيا كان لهُ يومَ القيامةِ لِسانانِ من نارٍ

Barangsiapa yang memiliki dua wajah di dunia maka pada hari Kiamat kelak akan mempunyai dua lidah dari api neraka.  (H.R Abu Daud, dishahihkan oleh Syaikh al Albani).

Al Alqami berkata : Artinya adalah bahwa karena orang itu datang kepada mereka dengan satu mukadan kepada mereka yang lain dengan muka yang lain pula dengan maksud untuk merusak maka Allah Ta'ala akan menjadikan baginya dua lisan dari api neraka, sebagaimana ketika di dunia dia mempunyai dua lisan masing masing untuk satu kelompok. ('Aun al Ma'bud, sebagaimana dinukil dalam kitab Syarah al Adab al Mufrad).

Wallahu A'lam. (3.003)   

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar