Senin, 08 Mei 2023

DOA MUDAH DIIJABAH PADA SEPERTIGA MALAM TERAKHIR

 

DOA MUDAH DIIJABAH PADA SEPERTIGA MALAM TERAKHIR

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Orang orang beriman sangatlah dianjurkan untuk berdoa memohon segala sesuatu kebaikan kepada Allah Ta'ala. Bahkan Allah Ta'ala menyuruh kita untuk berdoa memohon kepada-Nya, yaitu sebagaimana firman-Nya : 

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ ۚ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ

Dan Rabb-mu berfirman : Berdoalah kepada-Ku niscaya akan Aku perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang orang yang sombong tidak mau menyembah-Ku akan masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina dina. (Q.S al Ghafir 60).

Ketahuilah bahwa Allah Ta'ala memberikan banyak petunjuk kepada orang orang beriman tentang WAKTU WAKTU BERDOA YANG MUDAH DIIJABAH. Satu diantaranya adalah pada SEPERTIGA MALAM TERAKHIR. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menjelaskan hal ini dalam sabda beliau :

يَنْزِلُ رَبُّنَا تَبَارَكَ وَتَعَالَى كُلَّ لَيْلَةٍ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا حِينَ يَبْقَى ثُلُثُ اللَّيْلِ الآخِرُ فَيَقُولُ مَنْ يَدْعُونِى فَأَسْتَجِيبَ لَهُ وَمَنْ يَسْأَلُنِى فَأُعْطِيَهُ وَمَنْ يَسْتَغْفِرُنِى فَأَغْفِرَ لَهُ

Rabb kita turun ke langit dunia pada setiap malam yaitu ketika sepertiga malam terakhir. Allah berfirman : Barangsiapa yang berdoa kepada-Ku, niscaya Aku kabulkan. Barangsiapa yang meminta kepada-Ku, niscaya Aku penuhi. Dan barangsiapa yang memohon ampun kepada-Ku, niscaya Aku ampuni. (H.R Imam Bukhari dan Imam Muslim).

Juga dianjurkan dan SANGAT BERMANFAAT  jika pada sepertiga malam terakhir itu dilengkapi pula dengan shalat lail atau shalat tahajud. Imam Ibnu Rajab al Hambali berkata :  Waktu tahajud di malam hari adalah sebaik-baik waktu pelaksanaan shalat sunnah. Ketika itu hamba semakin dekat dengan Rabb-nya. Waktu tersebut adalah saat dibukakannya pintu langit dan diijabahnya  doa. Saat itu adalah waktu untuk mengemukakan berbagai macam kebutuhan  dan permohonan kepada Allah Ta’ala. (Lathaif al Ma'arif).

Selain itu ada satu hadits tentang dikabulkan doa pada waktu tertentu di malam hari yaitu  dari Jabir bin ‘Abdillah Radhiyallahu anhu ia berkata, aku mendengar Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

إِنَّ فِي اللَّيْلِ لَسَاعَـةً، لاَ يُوَافِقُهَا رَجُـلٌ مُسْلِمٌ يَسْأَلُ اللهَ خَيْرًا مِنْ أَمْرِ الدُّنْيَا وَاْلآخِرَةِ إِلاَّ أَعْطَاهُ إِيَّاهُ، وَذَلِكَ كُلَّ لَيْلَةٍ.

Sesungguhnya di malam hari terdapat waktu tertentu, yang bila seorang muslim memohon kepada Allah dari kebaikan dunia dan akhirat pada waktu itu, maka Allah pasti akan memberikan kepadanya, dan hal tersebut ada di setiap malam. (H.R Imam Muslim).

Oleh karena itu, hamba hamba Allah teruslah berusaha mengambil kesempatan pada sepertiga malam terakhir untuk berdoa dan memohon ampun inilah saatnya PERMOHONAN SEORANG HAMBA MUDAH DIIJABAH.

Wallahu A'lam. (2.999)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar