Jumat, 26 Mei 2023

HAMBA ALLAH SEMESTINYA MENJAGA HUBUNGAN BAIK SESAMA SAUDARA

 

HAMBA ALLAH  SEMESTINYA MENJAGA HUBUNGAN BAIK SESAMA SAUDARA

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Terkadang kita dapat kabar ada orang orang yang tidak berbaikan, tidak tegur sapa, saling membelakangi dengan saudaranya. Keadaan ini ada yang sudah berjalan sepekan, sebulan bahkan beberapa bulan. Biasanya keadaan ini terjadi hanya akibat kesalahan pahaman dalam urusan dunia lalu timbul kebencian diantara sesama.

Sungguh keadaan ini, jika dilihat dengan tuntunan syariat Islam SANGATLAH TIDAK BAIK dan tercela serta mendatangkan kerugian. Sungguh, Rasulullah Salallahu 'alaihi Wasallam telah mengingatkan dalam sabda beliau dari Abu Hurairah :

تُعْرَضُ أَعْمَالُ النَّاسِ فِي كُلِّ جُمُعَةٍ مَرَّتَيْنِ يَوْمَ اْلاثْنَيْنِ وَيَوْمَ الْخَمِيسِ فَيُغْفَرُ لِكُلِّ عَبْدٍ مُؤْمِنٍ إِلاَّ عَبْدًا بَيْنَهُ وَبَيْنَ أَخِيهِ شَحْنَاءُ.”

Amal-amal manusia diperiksa di hadapan Allah dalam setiap pekan  dua kali, yaitu pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang beriman terampuni dosanya, kecuali seorang hamba yang antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan... (H.R Imam Muslim).

Dan juga satu hadits dari Abu Ayyub, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

لَا يَحِلُّ لِمُسْلِمٍ أَنْ يَهْجُرَ أَخَاهُ فَوْقَ ثَلَاثِ لَيَالٍ يَلْتَقِيَانِ, فَيُعْرِضُ هَذَا, وَيُعْرِضُ هَذَا, وَخَيْرُهُمَا اَلَّذِي يَبْدَأُ بِالسَّلَامِ

Tidak halal bagi muslim memutuskan persahabatan dengan saudaranya lebih dari tiga malam. Mereka bertemu, lalu seseorang berpaling dan lainnya juga berpaling. Yang paling baik di antara keduanya adalah yang memulai mengucapkan salam. (H.R Imam Bukhari dan Imam Muslim).

Oleh karena itu, jika seseorang masih menyimpan kebencian sesama saudaranya, tidak bertegur sapa hendaklah bersegera berusaha  memperbaiki sebelum tiga malam berlalu. Tentang keutamaan memperbaiki hubungan ini dijelaskan oleh Rasulullah Salallahu 'alaihi Wasallam dalam satu hadits dari Abud Darda' :

أَلا أُحَدَّثُّكُمْ بِمَا هُوَ خَيْرٌ لَكُمْ مِنَ الصَّدَقَةِ وَصِّيامِ ؟. صَلاَحُ ذَاتِ البَيْنِ ، أَلَا وَإِنَّ الْبُغْضَةَ هِيَ الحالقة.

Maukah kalian aku beritahukan tentang sesuatu yang lebih baik untuk kalian daripada shadaqah dan puasa ?. Yaitu memperbaiki hubungan antar sesama. Ketahuilah bahwa kebencian adalah penggundulan (agama). H.R Ashbahani dalam Kitab at Targhiib).

Syaikh Dr. Muhammad Luqman as Salafi berkata : الحالقة maknanya adalah PENGHAPUS PAHALA. (Syarah al Adab al Mufrad)

Wallahu A'lam. (3.008).

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar