Sabtu, 06 Mei 2023

BANYAK MEMOHON AMPUN SALAH SATU OBAT HATI GUNDAH

 

BANYAK MEMOHON AMPUN SALAH SATU OBAT HATI GUNDAH

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Terkadang seseorang  merasa hatinya gundah gulana, pikiran sumpek, terasa tak nyaman dalam menjalani kehidupan. Keadaan ini  terjadi diantaranya disebabkan  perbuatan buruk atau dosa yang dilakukan. Allah Ta’ala  menjelaskan hal ini dalam firman-Nya :

وَمَا أَصَابَكُمْ مِنْ مُصِيبَةٍ فَبِمَا كَسَبَتْ أَيْدِيكُمْ وَيَعْفُو عَنْ كَثِيرٍ    

Dan musibah apa saja yang menimpa kamu adalah karena perbuatan tanganmu sendiri dan Allah memaafkan banyak (dari kesalahan kesalahanmu). Q.S asy Syuura 30.

Ibnu Qayyim al Jauziyah rahimahullah mengatakan : Di antara akibat dari berbuat dosa adalah menghilangkan nikmat dan akibat dosa adalah mendatangkan bencana (musibah). Oleh karena itu, hilangnya suatu nikmat dari seorang hamba adalah karena dosa. Begitu pula datangnya berbagai musibah juga disebabkan oleh dosa. (Al Jawabul Kaafi).

Ibnu Rajab al Hambali rahimahullah mengatakan : Tidaklah disandarkan suatu kejelekan (kerusakan) melainkan pada dosa karena semua musibah, itu semua disebabkan karena dosa. (Latha’if Ma’arif).

Sungguh Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam mengingatkan bahwa dosa mengelisahkan hati, sebagaimana sabda beliau : 

 والإثْمُ : ما حَاكَ في نَفْسِكَ ، وكَرِهْتَ أنْ يَطَّلِعَ عليهِ النَّاسُ

Dosa adalah apa yang  mengelisahkan engkau di hati. Dan engkau tidak suka jika orang orang melihat engkau melakukannya. (H.R Imam Muslim).

Ustadz Dr. Firanda Andirja berkata : Ketika kita membaca dan mengkaji Kalamullah dan as Sunnah sesungguhnya kita akan mengetahui bahwa apa yang dilarang dalam Kitab Allah dan juga dilarang oleh Rasulullah dalam sabda sabda beliau maka itu jelas perbuatan dosa.

Namun terkadang  ada perkara  yang kita lakukan  tapi kita belum mengetahui dalilnya maka tatkala kita hendak melakukannya muncullah  kegelisahan dalam dada dan muncul ketidak tenangan dalam hati, ITULAH TANDA DOSA.

Karena dalam hadits ini Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam menyebutkan barometer dan indikator untuk mengenal dosa disebutkan dua tanda yaitu menjadikan dadamu gelisah dan engkau tidak suka untuk dilihat oleh orang lain. (Syarah Kitabul Jami’).

Jadi ketika  seseorang merasa hatinya gundah,  gelisah, tak nyaman maka salah satu cara terbaik baginya adalah BANYAK BANYAK MEMOHON AMPUN.

Ibnu Taimiyah rahimmahullah telah mengingatkan hal ini, beliau berkata : Siapa yang merasa dadanya tidak lapang, tidak mendapatkan kelezatan iman dan cahaya hidayah maka hendaklah DIA MEMPERBANYAK TAUBAT DAN ISTIGHFAR. (Majmu’ al Fatawa).

 Wallahu A'lam. (2.997).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar