Kamis, 03 Desember 2020

RIDHA ALLAH AKAN MENDATANGI ORANG YANG BERSYUKUR

 

RIDHA ALLAH AKAN MENDATANGI ORANG YANG BERSYUKUR

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Bersyukur kepada Allah Ta’ala atas segala nikmat-Nya adalah kewajiban setiap hamba. Dalam banyak ayat,  Allah Ta’ala memerintahkan hamba hamba-Nya untuk bersyukur kepada-Nya, diantaranya adalah firman-Nya :

كُلُوا۟ مِن رِّزْقِ رَبِّكُمْ وَٱشْكُرُوا۟ لَهُۥ ۚ

Makanlah olehmu rizki yang (dianugerahkan) Rabb-mu DAN BERSYUKURLAH KEPADA-NYA.  (Q.S Saba’ 15).

 

Allah Ta’ala berfirman :

فَاذْكُرُونِي أَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوا لِي وَلَا تَكْفُرُونِ

Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat pula kepadamu, dan BERSYUKURLAH KEPADA-KU dan janganlah kamu kufur terhadap (nikmat)-Ku. (Q.S al Baqarah 152).

Syaikh Abdurrahman Naashir as-Sa’di rahimahullah berkata : Yakni bersyukurlah kalian terhadap nikmat yang telah Allah berikan kepada kalian dan juga terhadap tercegahnya adzab dari kalian.

Di dalam syukur harus terkandung (1) Pengakuan dan kesadaran bahwa nikmat itu semata-mata dari Allah semata. (2) Dzikir dan pujian yang diucapkan melalui lisannya, serta (3) Ketaatan anggota badannya untuk semakin tunduk dan patuh dalam melaksanakan perintah-perintah-Nya dan menjauhi larangan-larangan-Nya. (Tafsir Taisir Karimir Rahman).

Ketahuilah bahwa salah satu jalan untuk mendapatkan ridha Allah adalah dengan selalu bersyukur kepada-Nya. Allah Ta'ala berfirman :

وَإِنْ تَشْكُرُوا يَرْضَهُ لَكُمْ ۗ

Dan jika kamu bersyukur DIA MERIDHAI kesyukuranmu itu. (Q.S az Zumar 7).

Syaikh as Sa’di berkata : (Dan jika kamu bersyukur) kepada Allah Ta’ala dengan cara meng-Esakan-Nya dan memurnikan agama (ketaatan) kepada-Nya “niscaya dia meridhai kesyukuanmu”  karena sifat rahmat-Nya kepada kalian dan kecintaan-Nya untuk melimpahkan karunia kepada kalian serta kalian mengerjakan tujuan kalian diciptakan. (Tafsir Taisir Karimir Rahman).

Sungguh berbahagialah orang orang yang mendapat ridha Allah karena banyak bersyukur kepada-Nya. Oleh sebab itu mohonlah kepada Allah Ta’ala agar menjadi hamba yang bersyukur, diantaranya  adalah :

Pertama : Doa yang dibaca Nabi Sulaiman.

رَبِّ أَوْزِعْنِي أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِي أَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلَى وَالِدَيَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَالِحاً تَرْضَاهُ وَأَدْخِلْنِي بِرَحْمَتِكَ فِي عِبَادِكَ الصَّالِحِينَ

Ya Rabb-ku, anugerahkanlah kepadaku ilham untuk terus mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku mengerjakan kebaikan yang Engkau ridhai, dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba hamba-Mu yang shalih. (Q.S an Naml 19).

Kedua : Doa yang diajarkan Rasulullah kepada Muadz bin Jabbal :

اللَّهُمَّ أَعِنِّي عَلَى ذِكْرِكَ وَشُكْرِكَ وَحُسْنِ عِبَادَتِكَ

Ya Allah aku mohon pertolongan agar aku selalu ingat kepada Engkau, agar aku selalu bersyukur kepada Engkau dan agar aku beribadah kepada Engkau dengan baik. (H.R Imam Ahmad dan Abu Dawud).

Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam. (2.134) 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar