Minggu, 06 Desember 2020

AKHLAK SEORANG HAMBA TERKAIT DENGAN IMANNYA

 

AKHLAK SEORANG HAMBA TERKAIT DENGAN IMANNYA

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Akhlak dan adab adalah termasuk bagian penting dan utama dalam syariat Islam. Bahkan salah satu sebab Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam adalah untuk menyempurnakan akhlak. Beliau bersabda :

إِنَّمَا بُعِثْتُ لِأُتَمِّمَ صَالِحَ الْأَخْلَاقِ

Sesungguhnya aku diutus untuk menyempurnakan akhlak yang baik. (H.R Imam Ahmad)

Ketahuilah bahwa  AllahTa’ala  memuji akhlak Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam. Allah Ta’ala berfirman :

لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِمَنْ كَانَ يَرْجُو اللَّهَ وَالْيَوْمَ الْآخِرَ وَذَكَرَ اللَّهَ كَثِيرًا

Sungguh telah ada pada (diri) Rasulullah itu SURI TELADAN  yang baik bagimu (yaitu) orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari Kiamat dan yang banyak mengingat Allah. (Q.S al Ahdzab 21).

Allah Ta’ala berfirman :

وَإِنَّكَ لَعَلَىٰ خُلُقٍ عَظِيمٍ

Dan sesungguhnya engkau (Muhammad) benar benar berbudi pekerti yang luhur. (Q.S al Qalam 4)

Lalu apa makna akhlak. Imam Ibnul Qayyim menjelaskan  tentang makna akhlak kepada manusia, yaitu mencakup tiga hal : (1) Berbuat baik kepada orang lain. (2) Menghindari sesuatu yang menyakiti atau yang tidak disukai orang lain. (3) Menahan diri jika disakiti atau diperlakukan tidak baik oleh orang lain. (Madaarijus Saalikin).

Sungguh, dalam syariat kita akhlak adalah TERKAIT DENGAN IMAN. Dengan kata lain  seseorang yang tidak menjaga akhlak bisa dianggap tak sempurna imannya. Perhatikanlah hadits berikut ini :

 مَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللهِ وَاليَوْمِ الآخِرِ فَلْيَقُلْ خَيْراً أَوْ لِيَصْمُتْ، وَمَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللهِ وَاليَوْمِ الآخِرِ فَلْيُكْرِمْ جَارَهُ، وَمَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللهِ وَاليَوْمِ الآخِرِ فَلْيُكْرِمْ ضَيْفَهُ.

Barangsiapa yang BERIMAN kepada Allah dan hari akhir, hendaklah dia mengucapkan perkataan yang baik atau diam. Dan barangsiapa yang BERIMAN  kepada Allah dan hari akhir, maka hendaklah dia menghormati tetangganya. Dan barangsiapa yang BERIMAN kepada Allah dan hari akhir, hendaklah dia menghormati tamunya. (H.R Imam Bukhari dan Imam Muslim, dari Abu Hurairah).

Bahwa berkata yang baik, memuliakan tetangga dan menghormati tamu sebagaimana disebutkan dalam hadits ini,  adalah termasuk bagi penting dari akhlak seorang hamba. Ketahuilah bahwa ketika seseorang memiliki iman yang kokoh maka akan mulia pula akhlaknya.

Oleh karena itu, hamba hamba Allah hendaklah berusaha mempelajari akhlak dan adab dalam Islam dan mengamalkannya. Dan juga sangat dianjurkan untuk selalu  memohon kepada Allah Ta’ala agar  dituntun mengamalkan  akhlak yang  baik. Diantara doa yang diajarkan Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam dan sangat baik kita amalkan adalah :

Pertama : Memohon diperbagus akhlak

اَللَّهُمَّ أَحْسَنْتَ خَلْقِي فَأَحْسِنْ خُلُقِي

 “Ya Allah, Engkau telah memperbagus penciptaanku, maka baguskanlah akhlakku. (H.R Imam Ahmad).

Kedua : Memohon ditujukkan akhlak yang baik.

اَللَّهُمَّ اهْدِنِي لِأَحْسَنِ الْأَخْلَاقِ لَا يَهْدِي لِأَحْسَنِهَا إِلَّا أَنْتَ، وَاصْرِفْ عَنِّي سَيِّئَهَا لَا يَصْرِفُ عَنِّي سَيِّئَهَا إِلَّا أَنْتَ

 “Ya Allah, tunjukkanlah aku kepada AKHLAK YANG BAIK, tidak ada yang dapat menunjukkan kepadanya kecuali Engkau. Dan palingkanlah dariku kejelekan akhlak, tidak ada yang dapat memalingkannya dariku kecuali Engkau. (H.R Imam Muslim).

Ketiga : Memohon berlindung dari akhlak yang buruk.

اللَّهُمَّ اهْدِنِي لِأَحْسَنِ الْأَعْمَالِ وَأَحْسَنِ الْأَخْلَاقِ لَا يَهْدِي لِأَحْسَنِهَا إِلَّا أَنْتَ، وَقِنِي سَيِّئَ الْأَعْمَالِ وَسَيِّئَ الْأَخْلَاق لَا يَقِي سَيِّئَهَا إِلَّا أَنْتَ

Ya Allah, berilah petunjuk kepadaku untuk berbuat sebaik-baik amalan, sebaik-baik akhlak, tidak ada yang bisa menunjuki untuk berbuat sebaik-baiknya kecuali Engkau. Dan lindungi kami dari buruknya amalan dan BURUKNYA AKHLAK, dan tidak ada yang melindungi dari keburukan kecuali Engkau. (H.R an Nasa’i).

Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam. (2.137)

 

 

 

 

 

 

 











 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

   

 

 

 

 

   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar