Jumat, 08 September 2023

MEMBINA AKHLAK DAN KARAKTER DENGAN AL QUR AN

 

MEMBINA AKHLAK DAN  KARAKTER DENGAN AL QUR AN

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Sungguh Allah Ta'ala telah menurunkan al Qur an sebagai PETUNJUK DAN RAHMAT BAGI MANUSIA KEPADA JALAN YANG LURUS. Allah Ta'ala berfirman :

وَلَقَدْ جِئْنَٰهُم بِكِتَٰبٍ فَصَّلْنَٰهُ عَلَىٰ عِلْمٍ هُدًى وَرَحْمَةً لِّقَوْمٍ يُؤْمِنُونَ

Sungguh, Kami telah mendatangkan Kitab (al Qur an) kepada mereka, yang Kami jelaskan atas dasar pengetahuan SEBAGAI PETUNJUK DAN RAHMAT bagi orang orang yang beriman.  (Q.S al A'raf 52).

Syaikh Abdurrahman bin Nashir as Sa'di berkata : Yakni dengan al Qur an orang orang beriman : (1) Mendapat hidayah atau petunjuk untuk menjauh dari kesesatan. (2)  Penjelasan tentang yang haq dan yang bathil. Dengan itu pula orang orang beriman mendapatkan rahmat yaitu kebahagian di dunia dan diakhirat. (Kitab Tafsir Taisir Karimir Rahman) 

Sungguh, tidak ada satu petunjuk untuk keselamatan manusia di dunia dan di akhirat  yang terluput dari al Qur an termasuk petunjuk UNTUK MEMBINA AKHLAK DAN MEMBENTUK KARAKTER SEORANG HAMBA.

Lalu bagaimana kaitan akhlak dan karakter. Menurut para pakar karakter adalah sesuatu yang ada pada diri seseorang  yaitu berupa sifat sifat kejiwaan terutama berkaitan dengan akhlak atau budi pekerti YANG MEMBEDAKAN SESEORANG DENGAN YANG LAIN.

Oleh karena itu, hamba hamba Allah  sangat dianjurkan untuk terus mempelajari al Qur an karena KARAKTER DAN AKHLAK TERBAIK SESEORANG MESTILAH BERSANDAR KEPADA AL QUR AN, diantaranya :   

Pertama : Orang  yang menyeru kepada kebenaran. Allah Ta'ala berfirman :

وَمِمَّنْ خَلَقْنَآ أُمَّةٌ يَهْدُونَ بِٱلْحَقِّ وَبِهِۦ يَعْدِلُونَ

Dan diantara orang yang telah Kami ciptakan ada manusia yang memberi petunjuk dengan dasar kebenaran dan dengan petunjuk itu (pula) mereka berlaku adil (Q.S al A'raf 181).

Kedua : Orang  yang mencintai Allah dan Allah pun mencintai mereka. Allah Ta'ala berfirman :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا مَنْ يَرْتَدَّ مِنْكُمْ عَنْ دِينِهِ فَسَوْفَ يَأْتِي اللَّهُ بِقَوْمٍ يُحِبُّهُمْ وَيُحِبُّونَهُ 

Wahai orang-orang yang beriman !.  Barangsiapa di antara kamu yang murtad dari agamanya, maka kelak Allah akan mendatangkan suatu kaum yang Allah mencintai mereka dan merekapun mencintai-Nya. (Q.S  al Maidah 54).

Ketiga : Orang orang yang saling melindungi dan saling mengingatkan satu sama lain serta taat menjalankan ajaran agama. Allah Ta'ala berfirman :

وَالْمُؤْمِنُونَ وَالْمُؤْمِنَاتُ بَعْضُهُمْ أَوْلِيَاءُ بَعْضٍ ۚ يَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَيُقِيمُونَ الصَّلَاةَ وَيُؤْتُونَ الزَّكَاةَ وَيُطِيعُونَ اللَّهَ وَرَسُولَهُ ۚ 

Dan orang-orang yang beriman, lelaki dan perempuan, sebahagian mereka menjadi penolong bagi sebahagian yang lain. Mereka menyuruh (mengerjakan) yang ma’ruf, mencegah dari yang munkar, mendirikan shalat, menunaikan zakat dan mereka taat pada Allah dan Rasul-Nya. (Q.S at Taubah 71).

Keempat : Orang orang  yang memenuhi janjinya kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Allah Ta'ala berfirman :

الَّذِينَ يُوفُونَ بِعَهْدِ اللَّهِ وَلَا يَنْقُضُونَ الْمِيثَاقَ

(Yaitu) orang-orang yang memenuhi  janji (kepada) Allah dan tidak merusak perjanjian. (Q.S ar Ra’du  20).

Itulah sebagian karakter atau akhlak orang orang beriman yang disandarkan kepada petunjuk Allah Ta'ala dan Rasul-Nya. Karakter dan akhlak  itulah yang akan menyelamatkan diri setiap hamba di dunia dan di akhirat serta memiliki mental juang dan jihad dalam membela agama Islam. Wallahu A'lam. (3.083)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar