Selasa, 19 September 2023

SATU TANDA ORANG BERILMU ADALAH TAKUT KEPADA ALLAH

 

SATU TANDA ORANG BERILMU ADALAH TAKUT KEPADA ALLAH

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Agama Islam yang mulia ini sangat menghargai ilmu bahkan mewajibkan umatnya untuk belajar ilmu. Rasulullah Salallahu 'alaihi Wasallam bersabda :

طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ

Menuntut ilmu itu wajib atas setiap Muslim (H.R Ibnu Majah, dari  Anas bin Malik, dishahihkan oleh Syaikh al Albani).

Ketahuilah bahwa  ilmu yang PALING UTAMA untuk dipelajari adalah ilmu syar'i. Syaikh Abdul Aziz bin Baaz menjelaskan bahwa : Ilmu syar’i adalah ilmu yang terkandung dalam al Qur an dan as Sunnah, yakni : (1) Ilmu tentang Allah dan Sifat-sifat-Nya. (2) Ilmu tentang hak Allah terhadap hamba-Nya. (3) Ilmu tentang segala hal yang disyari’atkan Allah kepada hamba-hamba-Nya. (4) Termasuk juga ilmu tentang jalan yang akan mengantarkan hamba kepada ilmu itu beserta segala rinciannya. (Dari Kitab al ‘Ilm wa Akhlaqu Ahliha).

Selain itu ketahuilah saudaraku bahwa INTI POKOK keutamaan belajar ilmu adalah mendatangkan rasa takut kepada Allah Ta’ala. Ketika seseorang tidak ada rasa takutnya kepada Allah Ta’ala maka binasa dan sengsaralah dirinya di dunia dan di akhirat kelak.

Ketahuilah bahwa perkara  paling utama agar timbul rasa takut kepada Allah Ta'ala,   adalah DENGAN BELAJAR ILMU  terutama sekali ilmu untuk mengenal Allah Ta’ala, nama dan sifat-Nya. Sungguh orang orang  yang berilmu adalah yang paling besar takut kepada-Nya karena dia mengetahui bahwa Allah Mahabesar dan Mahakuasa atas segala sesuatu.  Allah Ta’ala berfirman : 

إِنَّمَا يَخْشَى اللَّهَ مِنْ عِبَادِهِ الْعُلَمَاءُ ۗ إِنَّ اللَّهَ عَزِيزٌ غَفُورٌ 

Sesungguhnya  yang takut kepada Allah diantara hamba-Nya hanyalah orang orang yang berilmu (mengenal Allah). Sungguh Allah Mahaperkasa dan Maha Pengampun. (Q.S Faathir 28).

Imam Ibnul Qayyim berkata :  Semakin bertambah pengetahuan seorang hamba tentang Allah maka semakin bertambah pula rasa takut dan pengagungannya kepada-Nya. Kemudian pengetahuannya ini akan mewariskan perasaan malu, pengagungan, pemuliaan, merasa selalu diawasi, kecintaan, bertawakal, selalu kembali serta ridha dan tunduk kepada perintah-Nya. (Raudhatul Muhibbin).

Tentang surat Fathir ayat 28 tersebut diatas, Syaikh as Sa’di berkata : Maka setiap orang yang (berilmu) LEBIH MENGENAL ALLAH, dia akan menjadi lebih takut kepada-Nya. Dan takutnya kepada Allah Ta’ala menjadikannya menahan diri dari perbuatan maksiat dan selalu bersiap diri untuk perjumpaan dengan Rabb yang ditakutinya. Ini merupakan dalil TINGGINYA KEUTAMAAN ILMU. Sebab ilmu mengajak kepada takut kepada Allah Ta’ala.

Berkata Masruq rahimahullah : Cukuplah seseorang dikatakan berilmu  KETIKA DIA TAKUT KEPADA ALLAH TA'ALA, dan cukuplah seseorang dikatakan bodoh ketika dia ujub atau berbangga akan ilmunya. (Akhlaq al Ulama oleh al Ajurry)

Berkata Mujahid rahimahullah : Orang yang faqih adalah orang yang takut kepada Allah walaupun sedikit ilmunya. Dan orang yang bodoh adalah orang yang durhaka kepada Allah walaupun banyak ilmunya. (Al Bidayah wan Nihayah).

Wallahu A'lam. (3.088)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar