Senin, 25 September 2023

POKOK PANGKAL KESELAMATAN ADALAH IMAN DAN SHALIH

 

POKOK PANGKAL KESELAMATAN ADALAH IMAN DAN SHALIH

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Sungguh, hamba hamba Allah dimanapun berada dalam keadaan bagaimanapun, BENAR BENAR SANGAT MENGINGINKAN KESELAMATAN DIRINYA DI DUNIA DAN DI AKHIRAT KELAK. Oleh karena itu hamba hamba Allah setiap saat berdoa memohon kepada Allah Ta'ala agar diberi keselamatan dirinya. Diantara doa yang SANGAT SERING DIBACA adalah doa   yang diajarkan Allah Ta'ala dalam surat al Baqarah 201. Ketahuilah bahwa Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam sering sekali membaca doa ini : 

عَنْ أَنَسٍ قَالَ كَانَ أَكْثَرُ دُعَاءِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ :  اللَّهُمَّ رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Dari Anas radhiyallahu anhu , ia berkata bahwa doa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam yang paling sering diucapkan beliau  adalah : Ya Allah, Ya Rabb kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan peliharalah kami dari siksa neraka. (H.R Imam Bukhari  dan Imam Muslim).

Tetapi selain itu ketahuilah bahwa kebaikan atau keselamatan di dunia dan di akhirat akan diperoleh dengan AMAL SHALIH YANG DILANDASI IMAN. Allah Ta'ala berfirman :

مَنْ عَمِلَ صَٰلِحًا مِّن ذَكَرٍ أَوْ أُنثَىٰ وَهُوَ مُؤْمِنٌ فَلَنُحْيِيَنَّهُۥ حَيَوٰةً طَيِّبَةً ۖ وَلَنَجْزِيَنَّهُمْ أَجْرَهُم بِأَحْسَنِ مَا كَانُوا۟ يَعْمَلُونَ

Barangsiapa yang beramal saleh, laki laki atau perempuan sedangkan dia beriman, akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik. Dan sesungguhnya akan Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan. (Q.S an Nahal 97).

Imam Ibnu Katsir berkata : Inilah janji dari Allah Ta’ala bagi orang yang mengerjakan amal shalih, yaitu amal yang mengikuti al Qur an dan as Sunnah, baik laki laki maupun wanita yang hatinya beriman kepada Allah dan Rasul-Nya.

Amal yang diperintahkan itu telah disyariatkan dari sisi Allah, yaitu Dia akan memberinya kehidupan yang baik DI DUNIA  dan memberikan balasan DI AKHIRAT kelak dengan balasan yang lebih baik dari pada apa yang telah dikerjakannya. (Tafsir Ibnu Katsir).

Tentang surat Nahal 97 ini, Imam Ibnul Qayyim al Jauziyah berkata  : Allah Ta'ala menjamin ganjaran bagi orang BERIMAN DAN BERAMAL SHALIH berupa kehidupan yang baik di dunia serta ganjaran yang baik pada hari Kiamat. Mereka mendapat kehidupan yang paling baik di dua negeri tersebut. (Ad Daa' wad Dawaa')

Oleh karena itu hamba hamba Allah tetaplah bersungguh sungguh melakukan amal shalih yang dilandasi iman yang kokoh sampai ajal datang. Inilah jalan keselamatan dan kebaikan, BUKAN SAJA DI AKHIRAT TETAPI JUGA DI DUNIA.

Wallahu A'lam. (3.090)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar