Senin, 04 September 2023

HAMBA HAMBA ALLAH HARUS BERUSAHA UNTUK BISA BERSABAR

 

HAMBA HAMBA ALLAH HARUS BERUSAHA UNTUK BISA BERSABAR

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Salah satu sikap yang harus dipelihara oleh hamba hamba Allah dalam menjalani hidup didunia ini ADALAH SIFAT SABAR. Kenapa ?, karena hidup di dunia ini tidak terbebas dari berbagai ujian dan cobaan berupa musibah baik terhadap diri, keluarga, harta dan yang lainnya. Sungguh memiliki sifat sabar tidaklah mudah sebagaimana mudah mengucapkannya kecuali bagi orang orang mendapat petunjuk.

Jadi sabar itu adalah berat karena harus sungguh sungguh menahan diri dari dari sesuatu yang tidak menyenangkan. Ibnu Rajab al Hambali berkata : Ini sejalan dengan makna suatu kaidah yang besar yaitu al jaza-u min jinsil amal, balasan yang didapat seorang hamba adalah sesuai dengan jenis (berat) perbuatannya. (Jami’ul Ulum wal Hikam).

Namun demikian ketahuilah bahwa ketika seseorang berusaha sungguh sungguh untuk mendapatkannya maka Allah Ta'ala akan menjadikannya bisa bersabar. Rasulullah Salallahu 'alaihi Wasallam bersabda : 

وَمَنْ يَسْتَعْفِفْ يُعِفَّهُ اللَّهُ، وَمَنْ يَسْتَغْنِ يُغْنِهِ اللَّهُ، وَمَنْ يَتَصَبَّرْ يُصَبِّرْهُ اللَّهُ، وَمَا أُعْطِيَ أَحَدٌ عَطَاءً خَيْرًا وَأَوْسَعَ مِنْ الصَّبْرِ

Barangsiapa yang berusaha menjaga diri, maka Allah menjaganya, barangsiapa yang berusaha merasa cukup, maka Allah mencukupinya. Barangsiapa yang BERUSAHA BERSABAR, maka Allah Ta'ala  akan menjadikannya bisa bersabar dan tidak ada seorang pun yang dianugerahi sesuatu yang melebihi kesabaran. (H.R Imam Bukhari).

Dari zhahir hadits ini juga dapat diambil pelajaran bahwa ternyata bahwa berbagai anugerah karunia tidaklah melebihi karunia kesabaran.

Sungguh sangatlah banyak keutamaan yang diperoleh hamba hamba Allah yang bersabar terhadap setiap ujian dan cobaan, diantaranya adalah mendapat pahala tanpa batas.  Allah Ta'ala berfirman :

قُلۡ يٰعِبَادِ الَّذِيۡنَ اٰمَنُوا اتَّقُوۡا رَبَّكُمۡ‌ ؕ لِلَّذِيۡنَ اَحۡسَنُوۡا فِىۡ هٰذِهِ الدُّنۡيَا حَسَنَةٌ ‌ ؕ وَاَرۡضُ اللّٰهِ وَاسِعَةٌ ‌ ؕ اِنَّمَا يُوَفَّى الصّٰبِرُوۡنَ اَجۡرَهُمۡ بِغَيۡرِ حِسَابٍ

Katakanlah (Muhammad) : Wahai hamba-hamba-Ku yang beriman !. Bertakwalah kepada Rabbmu. Bagi orang-orang yang berbuat baik di dunia ini akan memperoleh kebaikan. Dan bumi Allah itu luas. Hanya orang-orang yang bersabarlah yang DISEMPURNAKAN PAHALANYA TANPA BATAS. (Q.S az Zumar 10).

Syaikh Utsaimin berkata : Adapun kesabaran, pahalanya berlipat ganda tidak terbatas. Ini menunjukkan bahwa ganjarannya sangat besar sekali hingga tak mungkin bagi seorang insan untuk membayangkan pahalanya karena tidak bisa dihitung dengan bilangan. 

Bahkan juga, pahala sabar termasuk pahala yang maklum diisi Allah tanpa bisa dibatasi. Tidak pula dapat disamakan dengan mengatakan satu kebaikan dilipat gandakan sepuluh kali sampai tujuh ratus kali lipat.  Kesabaran itu pahalanya tanpa batas. (Syarah Riyadush Shalihin)

Oleh karena itu hamba hamba Allah hendaklah tetap berusaha untuk bersabar ketika didera oleh berbagai keadaan yang tidak menyenangkan. Selain itu mohonlah pertolongan kepada Allah Ta'ala agar mampu bersabar dengan sebenar benarnya. Diantara doa yang diajarkan Allah Ta'ala untuk memohon diberi kesabaran adalah sebagaimana disebutkan dalam surat al Baqarah ayat 250 :

رَبَّنَا أَفْرِغْ عَلَيْنَا صَبْرًا وَثَبِّتْ أَقْدَامَنَا وَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ

Rabbanaa afrigh alainaa shabra wa tsabbit aqdaamanaa wanshurnaa alal qaumil kaafiriin

Ya Rabb  kami, limpahkanlah kesabaran atas diri kami, dan kokohkanlah pendirian kami dan tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir.

Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A'lam. (3.081)

 


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar