Jumat, 11 Agustus 2023

SIAPKAN SESUATU YANG AKAN MENEMANI DI ALAM KUBUR

 

SIAPKAN SESUATU YANG AKAN MENEMANI DI ALAM KUBUR

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Setelah selesai menjalani kehidupan di dunia, maka  berikutnya manusia akan mengalami alam barzakh atau alam kubur. Di alam barzakh sudah pasti tidak ada keluarga atau sanak saudara yang menemani, kecuali ditemani amal shalih (teman yang hakiki) yang telah disiapkan ketika masih di dunia. Sungguh Rasulullah Salallahu 'alaihi Wasallam menjelaskan dalam sabda beliau :

Dari Anas bin Malik radhiyallahu anhu bahwa Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : 

أنس بن مالك – رضي الله عنه – أن النبي – صلى الله عليه وسلم – قال : يتْبعُ الميْتَ ثلاثَةٌ: أهلُهُ ومالُه وعمَلُه، فيرْجِع اثنانِ ويبْقَى واحِدٌ: يرجعُ أهلُهُ ومالُهُ، ويبقَى عملُهُ

Mayit itu diikuti oleh tiga golongan, akan kembali dua golongan dan satu golongan akan tetap menemaninya, dia akan diikuti oleh keluarganya, hartanya dan amalnya. Maka keluarga dan hartanya akan kembali pulang sementara amalnya akan tetap menemaninya (ke dalam kubur),  (H.R Imam Bukhari dan Imam Muslim).

Selain itu ketahuilah bahwa ketika mayit sudah berada di dalam kuburnya  Rasulullah Shallallahu ‘alahi Wasallam menjelaskan tentang alam kubur sebagaimana sabda beliau :

وَيَأْتِيهِ رَجُلٌ حَسَنُ الْوَجْهِ ، حَسَنُ الثِّيَابِ ، طَيِّبُ الرِّيحِ ، فَيَقُولُ : أَبْشِرْ بِالَّذِي يَسُرُّكَ ، هَذَا يَوْمُكَ الَّذِي كُنْتَ تُوعَدُ . فَيَقُولُ لَهُ : مَنْ أَنْتَ ؟ فَوَجْهُكَ الْوَجْهُ يَجِيءُ بِالْخَيْرِ . فَيَقُولُ : أَنَا عَمَلُكَ الصَّالِحُ . فَيَقُولُ : رَبِّ أَقِمْ السَّاعَةَ حَتَّى أَرْجِعَ إِلَى أَهْلِي وَمَالِي

Lalu datanglah kepadanya seorang laki laki yang wajahnya indah, pakaiannya bagus, dan sangat wangi. Ia berkata : Bergembiralah dengan sesuatu yang menyenangkanmu..! Ini adalah hari yang dijanjikan untukmu..”

Ia (mayat) berkata : Siapakah kamu..? wajahmu membawa kebaikan..” Ia menjawab : Aku adalah amalmu yang shaleh.. Ia (mayat) berkata : Ya Rabb, tegakkanlah hari Kiamat agar aku bisa kembali kepada keluarga dan hartaku. (H.R Imam Ahmad)

Tentang amal shalih yang menjadi teman di alam kubur ini, al Hafizh Ibnu Rajab al  Hambali rahimahullah berkata : Temanilah yang akan menemanimu.. demi Allah yang ber-istiwa di atas ‘Arasy, tidak akan ada yang menemanimu di kuburmu kecuali satu teman saja. Ia adalah amalmu yang shalih. Maka perbaikilah persahabatanmu dengannya. Ia akan menjadi sahabatmu terbaik di kuburmu. (Lathaiful Ma’arif).

Oleh karena itu hamba hamba Allah haruslah mempersiapkan bekal amal shalih yang akan menjadi teman di alam kubur kelak. Insya Allah bermanfaat bagi kita semua. Wallahu A'lam. (3.063)  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar