Senin, 28 Agustus 2023

PENGHUNI NERAKA DIBERI MAKANAN DAN PAKAIAN SEBAGAI TAMBAHAN ADZAB

 

PENGHUNI NERAKA DIBERI MAKANAN DAN PAKAIAN SEBAGAI TAMBAHAN ADZAB

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Sungguh, neraka adalah tempat yang paling buruk dan sangat menyengsarakan penghuninya. Mereka berada dalam api yang SANGAT PANAS yaitu tujuh puluh kali panasnya api dunia. Rasulullah Salallahu 'alaihi Wasallam menjelaskan perkara ini dalam sabda beliau :

 

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ نَارُكُمْ هَذِهِ الَّتِي تُوقِدُونَ جُزْءٌ وَاحِدٌ مِنْ سَبْعِينَ جُزْءًا مِنْ حَرِّ جَهَنَّمَ قَالُوا وَاللَّهِ إِنْ كَانَتْ لَكَافِيَةً يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ فَإِنَّهَا فُضِّلَتْ بِتِسْعَةٍ وَسِتِّينَ جُزْءًا كُلُّهُنَّ مِثْلُ حَرِّهَا. رواه الترميذى

Dari Abu Hurairah dari Nabi Salallahu 'alaihi Wasallam, beliau bersabda : Api kalian ini yang kalian gunakan untuk membakar adalah salah satu bagian dari tujuh puluh bagian panasnya api neraka. (H.R at Tirmidzi).

Selain itu ketahuilah bahwa ketika di dunia orang orang beriman mendapat makanan dan pakaian sebagai salah satu nikmat yang diberikan Allah Ta'ala kepada mereka. Lalu bagaimana dengan penduduk neraka ?. Ketahuilah bahwa mereka juga mendapat makanan dan pakaian tetapi BUKAN SEBAGAI NIKMAT TETAPI SEBAGAI TAMBAHAN ADZAB buat mereka. Na'udzubillah.

Pertama : Tentang makanan penduduk neraka.

Diantara penjelasan tentang makanan penghuni neraka adalah makanan yang paling buruk, sangat pahit rasanya  yaitu sejenis duri yang kering dan tidak bisa menghilangkan rasa lapar. Sementara itu minumannya adalah air yang sangat panas hingga membuat usus mereka terpotong potong. Sungguh, Allah Ta'ala menjelaskan dalam firman-Nya : 

تُسْقَىٰ مِنْ عَيْنٍ ءَانِيَةٍ  لَّيْسَ لَهُمْ طَعَامٌ إِلَّا مِن ضَرِيعٍ  لَّا يُسْمِنُ وَلَا يُغْنِى مِن جُوعٍ

 

(Mereka) diberi minum dari sumber mata air yang sangat panas. Tidak ada makanan bagi mereka selain pohon yang berduri. Yang tidak menggemukkan dan tidak (pula) menghilangkan lapar. (Q.S al Ghaasyiyah 5-7).

Kedua : Tentang pakaian penduduk neraka.

Sungguh salah satu (tambahan) adzab yang akan diterima oleh penduduk neraka adalah mereka diberi pakaian dari api neraka. Allah Ta'ala berfirman : 

فَٱلَّذِينَ كَفَرُوا۟ قُطِّعَتْ لَهُمْ ثِيَابٌ مِّن نَّارٍ يُصَبُّ مِن فَوْقِ رُءُوسِهِمُ ٱلْحَمِيمُ  يُصْهَرُ بِهِۦ مَا فِى بُطُونِهِمْ وَٱلْجُلُودُ

Maka bagi orang orang kafir akan dibuatkan pakaian pakaian dari api (neraka) untuk mereka.  Keatas kepala mereka akan disiramkan air yang mendidih. Dengan (air mendidih) itu akan dihancur luluhkan apa yang ada dalam perut dan kulit mereka. (Q.S al Hajj 19-20)

Sungguh, dengan keadaan yang demikian buruk dan menyengsarakan maka orang orang beriman AMAT SANGAT TAKUTNYA KEPADA NERAKA. Oleh karena itu mereka selalu berusaha keras menjaga iman dan amal shalih agar bisa selamat masuk surga.

Selain itu, setiap saat orang beriman sangatlah dianjurkan untuk selalu berdoa dengan doa yang diajarkan Allah Ta'ala dalam surat al Baqarah 201. Ketahuilah bahwa Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam sering sekali membaca doa ini, yakni yang disebut dalam surat al Baqarah 201 tersebut : 

عَنْ أَنَسٍ قَالَ كَانَ أَكْثَرُ دُعَاءِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ :  اللَّهُمَّ رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Dari Anas radhiyallahu anhu , ia berkata bahwa doa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam yang paling sering diucapkan beliau  adalah : Ya Allah, Ya Rabb kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan peliharalah kami dari siksa neraka. (H.R Imam Bukhari  dan Imam Muslim).

Insya Allah ada manfaatnya untuk kita semua. Wallahu A'lam. (3.075)

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar