Selasa, 29 Agustus 2023

MUNAFIK MEMILIKI BANYAK SIFAT YANG SANGAT TERCELA

 

MUNAFIK MEMILIKI BANYAK SIFAT YANG SANGAT TERCELA

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Munafik adalah orang yang memiliki sifat nifak. Nifak artinya menampakkan yang baik dan menyembunyikan yang buruk. Mereka menampakkan ke-islaman tetapi menyembunyikan kekufuran.

Ibnu Juraij mengatakan : Orang munafik ialah orang yang omongannya menyelisihi tindak-tanduknya, batinnya menyelisihi lahiriahnya, tempat masuknya menyelisihi tempat keluarnya, dan kehadirannya menyelisihi ketidak-adaannya. (‘Umdah at-Tafsir I/78).

Demikian buruknya sifat tercela yang disandang dan diamalkan oleh orang orang munafik maka Allah Ta'ala sangat murka kepada mereka dan berjanji akan menempatkan mereka, orang orang munafik, pada neraka paling bawah.  Allah Ta'ala berfirman :

إِنَّ ٱلْمُنَٰفِقِينَ فِى ٱلدَّرْكِ ٱلْأَسْفَلِ مِنَ ٱلنَّارِ وَلَن تَجِدَ لَهُمْ نَصِيرًا

Sungguh orang munafik itu (ditempatkan) pada tingkatan yang paling bawah dari neraka. Dan kamu tidak akan mendapat seorang penolong pun bagi mereka. (Q.S an Nisa' 145).

Diantara sifat tercela yang paling tercela dari orang orang munafik adalah mereka menyuruh berbuat yang mungkar dan melarang berbuat yang makruf.

ٱلْمُنَٰفِقُونَ وَٱلْمُنَٰفِقَٰتُ بَعْضُهُم مِّنۢ بَعْضٍ ۚ يَأْمُرُونَ بِٱلْمُنكَرِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ ٱلْمَعْرُوفِ وَيَقْبِضُونَ أَيْدِيَهُمْ ۚ نَسُوا۟ ٱللَّهَ فَنَسِيَهُمْ ۗ إِنَّ ٱلْمُنَٰفِقِينَ هُمُ ٱلْفَٰسِقُونَ

Orang orang munafik laki laki dan perempuan satu dengan yang lain adalah (sama). Mereka menyuruh (berbuat) yang mungkar  dan mencegah (perbuatan) yang makruf. Dan mereka menggenggamkan tangannya (kikir).

Mereka telah melupakan kepada Allah maka Allah melupakan mereka (pula). Sesungguhnya orang orang munafik itulah orang orang yang fasik. (Q.S at Taubah 67).

Syaikh as Sa'di berkata :  “orang-orang yang munafik laki-laki dan perempuan, sebagian dengan sebagian yang lain”, karena mereka bersekutu dalam kemunafikan, maka merekapun saling mendukung. Ini adalah pemutus bagi orang yang beriman dari pengangkatan mereka menjadi teman.

Kemudian Allah menyebutkan sifat umum orang munafik yang tidak keluar darinya orang besar dan orang kecil dari kalangan mereka. Dia berfirman, “mereka menyuruh berbuat yang munkar.” Yaitu kekufuran, kefasikan, dan kemaksiatan. “Dan melarang berbuat yang ma’ruf”, yaitu iman, akhlak yang mulia, amal yang shalih dan adab-adab yang luhur.

Kefasikan dibatasi dari mereka lebih besar dari kefasikan selain mereka, buktinya adalah adzab mereka lebih berat dari adzab yang lainnya. Dan bahwa orang orang beriman sangat di sulitkan oleh mereka jika mereka hidup dikalangan orang-orang beriman dan untuk menghindari mereka yang sulit. (Tafsir Taisir Karimir Rahman).

Wallahu A'lam. (3.076).

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar