Senin, 07 Agustus 2023

EMPAT KALIMAT DZIKIR PENGHALANG DARI API NERAKA

 

EMPAT KALIMAT DZIKIR PENGHALANG DARI API NERAKA

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Berdzikir yaitu mengingat Allah adalah salah satu kewajiban paling utama dari seorang hamba. Sungguh ketika seseorang lupa mengingat Allah maka kesengsaraan atau keburukan akan mendatanginya. Allah Ta'ala berfirman :

وَلَا تَكُونُوا كَالَّذِينَ نَسُوا اللَّهَ فَأَنْسَاهُمْ أَنْفُسَهُمْ ۚ أُولَٰئِكَ هُمُ الْفَاسِقُونَ

Dan janganlah kamu seperti orang orang yang lupa kepada Allah, sehingga Allah MENJADIKAN MEREKA LUPA KEPADA DIRI MEREKA SENDIRI. Mereka itulah orang orang yang fasik (Q.S al Hasyr 19).

Imam Ibnu Katsir berkata : Janganlah kalian lupa untuk (mengingat) berdzikir kepada Allah sehingga Allah pun akan menjadikan kalian lupa berbuat untuk kepentingan kalian sendiri yang bermanfaat bagi kalian di akhirat kelak, karena sesungguhnya balasan itu sesuai dengan amal perbuatan. (Tafsir Ibnu Katsir).

Sungguh sangatlah banyak kalimat kalimat thaiyibah yang dianjurkan untuk dibaca oleh hamba hamba Allah sebagai jalan  untuk selalu mengingat Allah Ta'ala. Diantaranya membaca Subhanallah, Walhamdulillah, Laa ilaahailallah, Allahu Akbar. Ketahuilah bahwa membaca  empat kalimat ini memiliki banyak keutamaan, diantaranya adalah :

(1) Ini adalah empat kalimat   yang akan menjadi perisai dari api neraka bagi orang orang beriman yang senantiasa membacanya yaitu  sebagaimana disabdakan Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam :

 خُذُوْا جُنَّتَكُمْ قُلْنَا يَا رَسُوْلَ اللهِ مِنْ عَدُوٍّ قَدْ حَضَرَ قَالَ : لاَ جُنَّتُكُمْ مِنَ النَّارِ قُوْلُوْا سُبْحَانَ اللهِ وَ الْحَمْدُ للهِ وَ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَ اللهُ أَكْبَرُ فَإِنَّهَا يَأْتِيْنَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ مُنَجِّيَاتٌ وَ مُقَدِّمَاتٌ وَ هُنَّ الْبَاقِيَاتُ الصَّالِحَاتُ

Ambillah perisai kalian !. Kami (para sahabat) bertanya : Wahai Rasulullah, apakah perisai untuk menghadapi musuh yang telah datang ?.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : Tidak, akan tetapi perisai kalian dari api neraka. Ucapkanlah oleh kalian : Subhanallahi wal hamdulillah wa laa ilaaha illallahu wallahu akbar.

Karena sesungguhnya kalimat-kalimat itu akan datang pada hari kiamat sebagai penyelamat dan penuntun, dan itulah amalan-amalan yang kekal lagi shalih. (H.R al Hakim dari Abu Hurairah, dishahihkan oleh Syaikh al Albani).  

(2) Selain itu, Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam juga menjelaskan bahwa empat kalimat  ini adalah termasuk diantara KALIMAT YANG DICINTAI ALLAH TA’ALA, yaitu sebagaimana sabda beliau :

عن سمرة بن جندب قال قال رسول الله -صلى الله عليه وسلم- أحب الكلام إلى الله أربع سبحان الله والحمد لله ولا إله إلا الله والله أكبر. لاَ يَضُرُّكَ بَأَيِّهِنَّ بَدَأْتَ

Dari Samurah bin Jundub, ia mengatakan bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda : Ada empat kalimat yang dicintai  Allah Taala yaitu  (1) Subhanallah.  (2) Alhamdulillah.  (3) Laa ilaaha illallah dan (4) Allahu Akbar. Tidak berdosa bagimu dengan mana saja kamu memulai (H.R Imam Muslim)

Dalam hal ini kita bisa mengambil faedah bahwa empat kalimat ini : (1) Ringan diucapkan lisan  bagi orang orang yang mendapat petunjuk, karena lafazhnya tidak panjang, sedikit hurufnya. (2) Mudah dihafal. (3) Berat ditimbangan, karena disediakan pahala dan kebaikan yang banyak. (4)  DICINTAI AR RAHMAN. Dan dengan mengucapkannya  mendatangkan  kecintaan Allah Ta’ala.

Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A'lam. (3.061)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar