Selasa, 25 Juli 2023

SETELAH SALAM DIANJURKAN TETAP DITEMPAT SHALAT BEBERAPA SAAT

 

SETELAH SALAM DIANJURKAN TETAP DITEMPAT SHALAT BEBERAPA SAAT

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Setelah mengucapkan salam sebagai tanda selesai melakukan shalat, terutama shalat fardhu sangat dianjurkan untuk tetap berada ditempat shalat beberapa saat. Jangan tergesa gesa meninggalkan tempat shalat. Gunakan waktu yang sangat baik ini untuk membaca dzikir setelah shalat.

Pada shalat shubuh gunakan untuk menambah dengan bacaan dzikir pagi dan pada shalat ashar gunakan untuk menambah dengan bacaan dzikir petang dan juga baik digunakan untuk ibadah ibadah lainnya yang disyariatkan seperti membaca al Qur an.

Memang agak sering kita menyaksikan sebagian saudara kita ada yang terburu buru meninggalkan tempat shalat setelah salam. Ketahuilah bahwa  sungguh sangat banyak keutamaan yang akan diperoleh seorang hamba yang tetap tinggal ditempat shalat beberapa saat, diantaranya adalah :

Pertama : Mendapat ampunan dosa. Dari Abu Hurairah, dia berkata, Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam bersabda :

مَنْ سَبَّحَ اللَّهَ فِي دُبُرِ كُلِّ صَلَاةٍ ثَلَاثًا وَثَلَاثِينَ وَحَمِدَ اللَّهَ ثَلَاثًا وَثَلَاثِينَ وَكَبَّرَ اللَّهَ ثَلَاثًا وَثَلَاثِينَ فَتْلِكَ تِسْعَةٌ وَتِسْعُونَ وَقَالَ تَمَامَ الْمِائَةِ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ غُفِرَتْ خَطَايَاهُ وَإِنْ كَانَتْ مِثْلَ زَبَدِ الْبَحْرِ

Barangsiapa bertasbih (mengucapkan Subhanallah) di setiap akhir shalat sebanyak 33 kali, bertahmid (mengucapan Alhamdulillah) sebanyak 33 kali, bertakbir (mengucapkan Allahu Akbar) sebanyak 33 kali lalu sebagai penyempurna (bilangan) 100 ia mengucapkan : ‘Laa ilaha illallahu wahdahu la syarikalahu, lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘ala kulli syai’in qadir (tiada yang berhak disembah dengan haq selain Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya.

Bagi-Nya segala puji dan bagi-Nya kerajaan. Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu), maka Aku akan mengampuni dosa-dosanya sekalipun sebanyak BUIH DILAUTAN. (H.R Imam Muslim)

Kedua : Mendapat doa dari malaikat. Diriwayatkan dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu, ia berkata, Rasulullah  Salallahu 'alaihi Wasallam bersabda :

المَلائِكَةُ تُصَلِّي عَلَى أَحَدِكُمْ مَا دَامَ فِي مُصَلاَّهُ الَّذي صَلَّى فِيهِ مَا لمْ يُحْدِثْ، تَقُولُ: اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ، اللَّهُمَّ ارْحَمْهُ

Para malaikat terus mendoakan salah seorang di antara kalian selama dia berada di tempat shalatnya yang dia shalat di tempat itu, selama dia tidak berhadats. Para Malaikat berdoa dengan mengucapkan : Ya Allah ampunilah orang ini, Ya Allah rahmatilah dia. (H.R Imam Bukhari)

Di dalam hadis ini disebutkan bahwa jika seseorang selesai melaksanakan shalat, namun dia tidak beranjak dan justru menetapi majelis tempat shalat nya tersebut, lalu menyibukkan dirinya dengan berzikir, membaca Al-Qur’an, tidak mengganggu orang lain, tidak melakukan ghibah dan tidak berhadats, maka selama itu pula malaikat senantiasa mendoakannya dan mengulang ulangi doanya.

Ibnu Hajar rahimahullah berkata : Entah baginya tetap duduk di tempat dia shalat di dalam masjid atau berpindah. (Fathul Bari)

Oleh karena itu sungguh merugi orang orang terburu buru meninggalkan tempat shalat setelah salam. Mungkin mereka terburu buru karena ingin mengejar perkara dunia yang memang terkadang sangat menggiurkan bagi sebagian orang. Wallahu A'lam. (3.057)

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar