Jumat, 07 Juli 2023

PERTOLONGAN ALLAH MENDATANGI ORANG YANG MENOLONG AGAMA-NYA

 

PERTOLONGAN ALLAH MENDATANGI ORANG YANG MENOLONG AGAMA-NYA

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Sesungguhnya, orang orang beriman diperintahkan Allah Ta'ala untuk menjadi penolong (agama) Allah yaitu sebagaimana firman-Nya :

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ كُونُوٓا۟ أَنصَارَ ٱللَّهِ كَمَا قَالَ عِيسَى ٱبْنُ مَرْيَمَ لِلْحَوَارِيِّۦنَ مَنْ أَنصَارِىٓ إِلَى ٱللَّهِ ۖ قَالَ ٱلْحَوَارِيُّونَ نَحْنُ أَنصَارُ ٱللَّهِ ۖ فَـَٔامَنَت طَّآئِفَةٌ مِّنۢ بَنِىٓ إِسْرَٰٓءِيلَ وَكَفَرَت طَّآئِفَةٌ ۖ فَأَيَّدْنَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ عَلَىٰ عَدُوِّهِمْ فَأَصْبَحُوا۟ ظَٰهِرِينَ

Wahai orang orang yang beriman !. Jadilah kamu penolong penolong (agama) Allah sebagaimana Isa putra Maryam telah berkata kepada pengikut pengikutnya yang setia  : Siapakah yang akan menjadi penolong penolongku  (untuk menegakkan agama) Allah ?.

Pengikut pengikutnya yang setia itu berkata : Kamilah penolong penolong (agama) Allah. Lalu segolongan dari Bani Israil beriman dan segolongan (yang lain) kafir. Lalu Kami berikan kekuatan kepada orang orang yang beriman, terhadap musuh musuh mereka sehingga mereka menjadi orang orang yang menang. (Q.S ash Shaf 14).

Syaikh as Sa'di berkata : Menjadi penolong (agama) Allah, yaitu dengan PERKATAAN DAN PERBUATAN. (1) Menegakkan agama Allah serta gigih dalam menyebarkannya pada orang lain. Dan memerangi mereka yang menentang dan menolaknya dengan raga dan harta. (2) Memerangi orang orang yang menolong kebathilan  yang dikira sebagai ilmu dan menolak kebenaran dengan cara meruntuhkan hujjahnya dan waspada terhadapnya. (3) Termasuk menolong agama Allah adalah dengan mempelajari kitab Allah dan Sunnah Rasul-Nya serta mengajarkannya dan dan mendorong orang lain untuk mempelajari kitab Allah dan Sunnah Rasul-Nya  serta mengajarkannya. dan (4) Memerintahkan kebaikan dan mencegah kemungkaran. (Tafsir Taisir Karimir Rahman)

Sungguh manusia makhluk yang lemah maka sangatlah membutuhkan pertolongan Allah Ta'ala di setiap saat dan setiap keadaan. Nah, ketika hamba hamba Allah menolong (agama) Allah sebagaimana yang diperintahkan maka para hamba itu akan didatangi oleh berbagai pertolongan-Nya. Allah Ta’ala berfirman : 

  وَلَيَنْصُرَنَّ اللَّهُ مَنْ يَنْصُرُهُ ۗ إِنَّ اللَّهَ لَقَوِيٌّ عَزِيزٌ

Sesungguhnya Allah pasti menolong orang yang menolong (agama)-Nya. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha kuat lagi Maha perkasa. (Q.S  al Hajj  40).

Syaikh as Sa’di berkata : (Sesungguhnya Allah pasti menolong orang yang menolong (agama) Nya), yaitu orang yang melakukan pembelaan terhadap agamanya dengan ikhlas kepada-Nya dalam melaksanakannya. Berjuang di jalan-Nya agar kalimatullah-lah yang paling tinggi. Kemudian mintalah kemenangan dari-Nya. Sudah mesti Dia akan menolong kalian. (Tafsir Taisir Karimir Rahman).

Bahkan  Allah berjanji akan meneguhkan kedudukan orang yang beriman yang senantiasa berusaha menolong (agama) Allah. Allah berfirman : 

  يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِنْ تَنْصُرُوا اللَّهَ يَنْصُرْكُمْ وَيُثَبِّتْ أَقْدَامَكُمْ

Wahai orang orang yang beriman !. Jika kamu menolong (agama) Allah niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu.   (Q.S Muhammad 7). 

Syaikh as Sa’di berkata : Ini merupakan janji dari Allah Ta’ala Yang Mahamulia dan Mahabenar janjinya. (Caranya atau syaratnya yaitu), siapapun yang menolong-Nya dengan perkataan dan perbuatan maka akan diberi  pertolongan  serta diberi kemudahan untuk mendapatkan kemenangan seperti keteguhan hati dan (kebaikan) yang lainnya. (Tafsir Taisir Karimir Rahman)

Wallahu A'lam. (3.043).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar