Minggu, 09 Juli 2023

ADA MANUSIA YANG MERUGIKAN DIRI MEREKA SENDIRI

 

ADA MANUSIA YANG MERUGIKAN DIRI MEREKA SENDIRI

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Orang yang berakal (sehat ?) senantiasa memikirkan dan berusaha bagaimana mendapatkan keuntungan bahkan kalau bisa mendapat keuntungan yang besar dan berlimpah. Tetapi ketahuilah wahai saudaraku !.  Ternyata ada pula manusia yang menjadikan dirinya rugi. Perkara ini dijelaskan Allah Ta'ala dalam firman-Nya :

قُلْ إِنَّ ٱلْخَٰسِرِينَ ٱلَّذِينَ خَسِرُوٓا۟ أَنفُسَهُمْ وَأَهْلِيهِمْ يَوْمَ ٱلْقِيَٰمَةِ ۗ أَلَا ذَٰلِكَ هُوَ ٱلْخُسْرَانُ ٱلْمُبِينُ

Katakanlah : Sesungguhnya orang orang yang rugi ialah orang yang merugikan dirinya diri mereka sendiri dan keluarganya pada hari Kiamat. Ingatlah !. Yang demikian itu adalah kerugian yang nyata. (Q.S az Zumar 15).

Syaikh as Sa'di berkata : "Katakanlah, sesungguhnya orang-orang yang rugi” yang sesungguhnya ialah “orang-orang yang merugikan diri mereka sendiri” di mana mereka mencegahnya mendapat pahala dan karena itu mereka berhak mendapat siksa yang sangat buruk dan keluarganya pada Hari Kiamat. Yakni, dicerai-beraikan di antara mereka, dan mereka sangat bersedih dan (mendapat) kerugian yang besar.

Ingatlah !. Yang demikian itu adalah kerugian yang nyata, yang tidak ada kerugian yang semisal dengannya, YAITU KERUGIAN  YANG TERUS MENERUS, tidak ada keuntungannya sesudahnya dan  bahkan TIDAK ADA KESELAMATAN PADANYA. (Tafsir Taisir Karimir Rahman).

Tentang surat az Zumar ayat 15 ini, Syaikh Muhammad bin Shalih al Utsaimin berkata : Dia merugikan dirinya sendiri, karena dia tidak bisa mengambil faedah sedikitpun dari umurnya, dan rugi pula keluarganya walaupun mereka orang yang beriman, mereka di surga, tetapi tidak bisa bersenang-senang dengan mereka di akhirat apabila mereka masuk di neraka. (Majmu’ Fatawa wa Rasail)

Oleh karena itu hamba hamba Allah hendaklah mengambil manfaat sebesar besarnya dari nikmat umur yang diberikan Allah Ta'ala yaitu dengan melakukan ketaatan dan menjauhkan diri dari segala sesuatu yang tidak diridhai Allah Ta'ala.

Sungguh Rasulullah Salallahu 'alaihi Wasallam telah mengingatkan kita semua, beliau bersabda :

نِعْمَتَانِ مَغْبُونٌ فِيهِمَا كَثِيرٌ مِنَ النَّاسِ ، الصِّحَّةُ وَالْفَرَاغُ

Ada dua kenikmatan yang banyak manusia tertipu, yaitu nikmat sehat dan waktu luang. (H.R Imam Bukhari).

 Wallahu A'lam. (3.045)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar