Kamis, 06 Juli 2023

IBLIS SELALU MENGHALANGI MANUSIA DARI JALAN YANG LURUS

 

IBLIS SELALU MENGHALANGI MANUSIA DARI JALAN YANG LURUS

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Sungguh  syaithan, bala tentara iblis adalah musuh yang nyata bagi hamba hamba  Allah.  Allah Ta’ala menjelaskan dalam  firman-nya :

ۚ إِنَّهُ لَكُمْ عَدُوٌّ مُبِينٌ

Sungguh dia (syaithan itu) musuh yang nyata bagimu. (Q. S al Baqarah 208).

Ketahuilah bahwa sebagai musuh iblis dan bala tentaranya yaitu syaithan  akan benar benar akan terus menggoda anak cucu Adam agar terhalang dan tersesat dari jalan  yang lurus. Hal ini disebutkan dalam firman Allah :

قَالَ فَبِمَآ أَغْوَيْتَنِى لَأَقْعُدَنَّ لَهُمْ صِرَٰطَكَ ٱلْمُسْتَقِيمَ

ثُمَّ لَءَاتِيَنَّهُم مِّنۢ بَيْنِ أَيْدِيهِمْ وَمِنْ خَلْفِهِمْ وَعَنْ أَيْمَٰنِهِمْ وَعَن شَمَآئِلِهِمْ ۖ وَلَا تَجِدُ أَكْثَرَهُمْ شَٰكِرِينَ

Iblis menjawab : karena Engkau (ya Allah) telah menghukum aku tersesat, aku  benar benar akan (menghalang halangi) mereka (manusia) dari jalan Engkau yang lurus. Kemudian aku akan mendatangi mereka dari  muka dan dari belakang mereka, dari kanan dan dari kiri mereka. Dan Engkau tidak akan mendapati kebanyakan mereka bersyukur. (Q.S al A’raf 16-17). 

Imam Ibnul Qayyim al Jauziah   berkata : Didalam ayat tersebut sangatlah jelas memberikan pengertian kepada kita betapa semangatnya Iblis untuk menghalangi manusia dari shirat al mustaqiim.

Selanjutnya Imam Ibnul Qayyim berkata : Dalam ayat ini disebutkan bahwa Iblis akan menempuh empat cara untuk memutus jalan (manusia menuju) yang haq ini. 

Langkah pertama : Iblis akan mendatangi manusia dari arah depan.

Berkata Imam Hasan al Bashri : Maksudnya adalah dari sisi akhiratnya yakni Iblis akan akan mengilhamkan kepada bani Adam agar bani Adam ragu dengan hari berbangkit, ragu dengan surga, ragu dengan neraka dan ragu dengan perkara perkara akhirat lainnya. Dan sulit kita gambarkan kerusakan yang akan terjadi kalau sampai misi (iblis) ini berhasil. 

Langkah kedua : Iblis akan mendatangi manusia dari arah belakang.

Berkata Ibnu Abbas : Maksudnya adalah bahwa Iblis akan jadikan bani Adam itu agar sangat mencintai dunia mereka.

Langkah ketiga : Iblis akan mendatangi manusia dari arah kanan.

Berkata Abdullah bin Mas’ud : Maksudnya adalah bahwa Iblis akan samarkan urusan agama mereka. Bani Adam dibuat ragu terhadap kebenaran, ragu terhadap al Qur-an, ragu terhadap kerasulan Nabi Muhammad dan lainnya. 

Langkah keempat : Iblis akan mendatangi manusia dari arah kiri.

Berkata Imam Hasan al Bashri : Maksudnya adalah Iblis akan dari sisi keburukan keburukannya. Iblis akan memerintah manusia untuk melakukan keburukan. Iblis akan menghias hiasi keburukan ini agar tampak indah dimata manusia sehingga manusia mencintai keburukan yang mereka lakukan. Bahkan Iblis membuat mereka bangga dengan keburukan tersebut. (Lihat Ighatsatul Lahfan)

Didalam Tafsir Ibnu Katsir disebutkan bahwa Ibnu Abbas berkata : Mengapa syaithan tidak menyatakan bahwa Aku akan mendatangi bani Adam dari atas mereka. Sebabnya adalah karena syaithan mengetahui bahwa Allah Ta'ala ada diatas mereka

Oleh karena itu hamba hamba Allah hendaklah selalu berlindung kepada Allah Ta'ala dari godaan iblis dan  syaithan bala tentaranya. Wallahu A'lam. (3.041)

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar