Selasa, 24 November 2020

MENGAJARKAN AL QUR AN DAPAT PREDIKAT GURU TERBAIK

 

MENGAJARKAN AL QUR AN DAPAT PREDIKAT GURU TERBAIK

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Jutaan orang berprofesi sebagai sebagai guru yaitu mengajarkan ilmu kepada orang lain baik formal maupun informal. Guru yang mengajar  itu memiliki banyak level mulai dari level pemula sampai level tinggi seperti yang diajarkan oleh guru besar atau professor.

Sungguh ilmu yang paling utama untuk diajarkan  adalah ilmu syariat dan tentu juga ilmu ilmu lainnya yang bermanfaat bagi kaum muslimin. Namun demikian ketahuilah bahwa  guru terbaik adalah YANG MENGAJARKAN ULUMUL QUR AN atau ILMU TENTANG  AL QUR AN.

Ilmu tentang al Qur an sungguh sangatlah luas. Tingkat awal, umumnya  guru  mengajarkan cara membaca al Qur an dengan benar sesuai kaidah kaidahnya. Selanjutnya  mengajarkan makna  dan penjelasan tentang ayat ayat al Qur an. Termasuk pula cara cara mengamalkannya.

Semua guru yang mengajarkan kebaikan dan ilmu yang bermanfaat bagi kaum muslimin tentu MESTI DAN HARUS kita hargai dan kita hormati jasa jasanya dalam mendidik manusia. Kita tidak bisa membayangkan bagaimana keadaan kita jika tidak mendapat ilmu dari guru guru kita. Namun demikian ketahuilah bahwa  Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam memberikan predikat terbaik kepada orang yang belajar dan YANG MENGAJARKAN AL QUR AN. Beliau bersabda :

Satu hadits dari Usman bin Affan, dia berkata,  Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam bersabda :

خيركم من تعلم القرآن وعلمه 

Sebaik baik kalian adalah yang belajar al Qur an dan MENGAJARKANNYA. (H.R Imam Bukhari).

 

Tentang hadits ini, Imam Ibnu Hajar Ashqalani  berkata : Tidak diragukan lagi bahwa orang yang bisa menggabungkan antara belajar dan mempelajari al Qur an adalah orang yang sempurna bagi dirinya dan bagi orang lain, yaitu orang yang mampu mengumpulkan yang manfaat  yang sedikit dan yang banyak.

Ketahuilah bahwa belajar dan mengajarkan al Qur an bukanlah sebatas belajar cara membacanya tetapi belajar dan mengajarkan makna maknanya. Imam Ibnul Qayyim rahimahullahu setelah membawakan hadits di atas, lalu beliau berkata  : Mempelajari al Qur an dan mengajarkannya mencakup : (1) Mempelajari dan mengajarkan huruf-hurufnya. (2) Mempelajari dan mengajarkan makna-maknanya.

Sungguh berbahagialah hamba hamba Allah yang  belajar al Qur an dan mendapat kesempatan mengajarkan al Qur an karena akan mendapat predikat manusia terbaik. Insya Allah ada manfaatnya. Wallahu A’lam. (2.127).    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar