Selasa, 24 November 2020

HANYA ALLAH PEMILIK DAN PEMBERI BERKAH

 

HANYA ALLAH PEMILIK DAN PEMBERI BERKAH BAGI MAKHLUK

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Secara bahasa, berkah maknanya berkembang, bertumbuh dan juga bermakna kebahagiaan. Makna berkah yang lainnya adalah kebaikan yang banyak dan terus menerus berada dalam kebaikan. Imam an Nawawi berkata : Makna asal keberkahan adalah kebaikan yang banyak dan abadi (di dunia sampai ke akhirat, peny.). Syarah Shahih Muslim.

Sungguh HANYA ALLAH TA’ALA PEMILIK DAN PEMBERI BERKAH bagi makhluk-Nya. Diantara dalilnya adalah sebagaimana firman Allah :

وَلَوْ أَنَّ أَهْلَ الْقُرَىٰ آمَنُوا وَاتَّقَوْا لَفَتَحْنَا عَلَيْهِمْ بَرَكَاتٍ مِنَ السَّمَاءِ وَالْأَرْضِ وَلَٰكِنْ كَذَّبُوا فَأَخَذْنَاهُمْ بِمَا كَانُوا يَكْسِبُونَ

Dan sekiranya penduduk negeri BERIMAN DAN BERTAKWA, pasti Kami akan melimpahkan kepada mereka BERKAH dari langit dan bumi. Tetapi ternyata mereka mendustakan ayat Kami) maka Kami siksa mereka sesuai dengan apa yang telah mereka kerjakan. (ayat (Q.S al A’raf 96).

Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam bersabda :  

الْبَرَكَةُ مِنَ اللهِ

Berkah itu hanya dari Allah. (H.R Imam Bukhari)

Ketahuilah bahwa Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam sering berdoa memohon berkah dari Allah Ta’ala sebagaimana disebutkan dalam sabda beliau :

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِي ثَمَرِنَا وَبَارِكْ لَنَا فِي مَدِينَتِنَا وَبَارِكْ لَنَا فِي صَاعِنَا وَبَارِكْ لَنَا فِي مُدِّنَا

Ya Allah, berkahilah buah buahan kami, berkahilah kota (Madinah) kami, berkahilah kami dalam takaran kami dan berkahilah kami dalam mud kami. (H.R Imam Muslim).

Beliau juga berdoa memohon umat beliau diberkahi pada pagi hari :

اللَّهُمَّ بَارِكْ لأُمَّتِى فِى بُكُورِهَا

 

Yaa Allah, berkahilah pagi hari bagi umatku. (H.R Imam Muslim).

Kita mengetahui bahwa sebagian orang, mungkin karena ketiadaan ilmu yang lurus, ada yang berkata : Usaha saya maju karena saya minta berkah kepada kiyai Fulan. Ada pula yang berkata : Kunjungilah kuburan Mbah Fulan, minta kepadanya agar pernikahan kalian langgeng dan banyak rizki.  

Selain itu adapula yang JUGA KELIRU BERAT yaitu mencari atau meminta berkah di tempat tempat atau pada benda yang mereka anggap  keramat (?). Diantaranya mencari berkah pada orang yang mengaku dukun, pada batu akik, pada pohon tertentu, pada binatang bahkan pada kotoran kerbau. Na’udzubillah.

Sungguh sangatlah jelas dan PASTI BAHWA PEMILIK DAN PEMBERI BERKAH hanya Allah Ta’ala. Oleh sebab itu hamba hamba hendaklah mewajibkan dirinya untuk memohon berkah kepada Allah Ta’ala saja. Mintalah berkah  dalam menjalani hidup ini, minta berkah ilmu, minta berkah rizki dan berkah yang lainnya. Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam. (2.128) 

    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar