Minggu, 19 November 2017

SURAT YUSUF DAN MARYAM DIBACA KETIKA HAMIL ??



SURAT YUSUF DAN MARYAM DIBACA KETIKA HAMIL ??

Oleh : Azwir B. Chaniago

Surat dalam al Qur an ada 114. Semuanya pastilah memiliki keutamaan, keistimewaan dan kemuliaan karena al Qur an adalah Kalamullah atau firman Allah Ta’ala. Bahkan sangat banyak surat ataupun ayat  dalam al Qur an yang dijelaskan Rasulullah keistimewaaan dan keutamaannya secara khusus.

Beberapa diantaranya adalah :

Pertama : Surat al Mulk, surat ke 67.
Surat al Mulk   yang terdiri dari 30 ayat. Beliau bersabda : Satu surat dalam al-Qur’an (yang terdiri dari) tiga puluh ayat (pada hari kiamat) akan memberi syafa’at (dengan izin Allah Ta’ala) bagi orang yang selalu membacanya (dengan merenungkan artinya) sehingga Allah mengampuni (dosa-dosa)nya, (yaitu surat al-Mulk): “Maha Suci Allah Yang di tangan-Nyalah segala kerajaan/kekuasaan, dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu”. Dalam riwayat lain: “…sehingga dia dikeluarkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga” (H.R Abu Dawud,  at-Tirmidzi, Ibnu Majah dan yang selainnya, dihasankan oleh Syaikh al Albani, dari Abu Hurairah)

Hadits ini semakna pula dengan hadits  dari Anas bin Malik radhiyallahuanhu bahwa Rasulullah Shallallahualaihi wasallam bersabda : “Satu surat dalam al-Qur’an yang hanya (terdiri dari) tiga puluh ayat akan membela orang yang selalu membacanya (di hadapan Allah Ta’ala) sehingga dia dimasukkan ke dalam surga, yaitu surat : Tabaarakal ladzi biyadihil mulk, wa huwa ‘alaa kulli syai-in  qadiir”. (H.R ath-Thabrani, dihasankan oleh Syaikh al Albani). 

Kedua : Surat al Baqarah, surat ke 2.
Syaithan tidak akan mau berada dalam rumah yang dibacakan surat al Baqarah. Diriwayatkan dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah Salallahu ‘alaihi wa Sallam bersabda : Janganlah kalian jadikan rumah rumah kalian sebagai kuburan. Sesungguhnya syaithan itu akan lari dari rumah yang di dalamnya dibacakan surat al Baqarah. (H.R Imam Muslim).

Ketiga : Surat al Ikhlas, surat ke 112.
Termasuk juga surat al Ikhlas yang memiliki keutamaan tersendiri sebagaimana dijelaskan Rasulullah Salallahu ‘alaihi wasallam.

Dari Mu’adz bin Anas, Rasulullah bersabda : “Man qara-a (Qul huwallahu ahad) hatta yakhtimahaa ‘asyra marraatin banallahu lahu qashran fil jannah”  Barangsiapa yang membaca qul  huwallahu ahad sampai selesai sebanyak sepuluh kali maka Allah akan membangunkan baginya istana di surga. 

Umar berkata : Kalau begitu kita memperbanyak istana wahai Rasulullah ?. Beliau menjawab : Allah lebih banyak (memberi balasan) dan lebih baik. (H.R Imam Ahmad, dihasankan oleh Syaikh al Albani).

Lalu ternyata disebagian masyarakat kita ada yang memelihara semacam kepercayaan dan dijadikan kebiasaan serta dianjurkan yaitu untuk membaca surat Yusuf dan surat Maryam ketika seseorang  sedang hamil. Bahkan ada yang mengatakan  bahwa ketika ibu ibu sedang hamil  dianjurkan membaca kedua surat ini sehingga ketika anaknya lahir adalah laki laki  nanti akan ganteng seperti Nabi Yusuf dan jika perempuan akan cantik seperti Maryam ibunda Nabi Isa.

Ketahuilah bahwa tentang hal ini tak ada dalil atau sandaran  syariat. Barangkali ini bermula dari perasaan dan kebiasaan saja sehingga tak patut untuk diamalkan. Bahkan tidak ada kabar bahwa ketika seorang punya anak yang ganteng atau cantik adalah karena waktu hamil ibunya banyak membaca surat Yusuf dan surat Maryam.

Memang sangat ditekankan kepada semua orang yang beriman untuk senantiasa membaca al Qur an pada setiap kesempatan dan keadaannya termasuk pada saat hamil. Dalam hal ini yang dibaca bukan  surat Yusuf dan surat Maryam saja. Adapun tujuan membaca al Qur an  terutama sekali agar bisa mengambil petunjuk dari al Qur an dan juga sebagai ibadah serta mendekatkan diri dan mencari ridha-Nya. 

Oleh karena itu tidaklah baik jika seseorang melakukan suatu amal yang tak ada sandarannya dari syariat.  Wallahu A’lam. (1.167)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar